Pada dasarnya tipe kepribadian koleris adalah sebuah kepribadian yang dinamis, aktif, berkemauan kuat, mempunyai sifat keras dan tegas. Orang dengan tipe kepribadian koleris adalah pribadi yang berfokus pada tujuan, dan dalam hubungan sosial mereka umumnya berpikir praktis dan sangat blak-blakan.

Dalam berpakaian orang koleris tidak mementingkan model pakaian tetapi lebih mementingkan fungsi dari pakaian itu. Ketika duduk, orang koleris biasanya duduknya sangat tegak, begitu pula ketika berjalan, tegak dengan kepala terangkat ke atas.

Orang koleris jarang atau hampir tidak pernah menangis. Mereka tidak senang menunjukan perhatian atau sikap hangat pada orang lain. Orang dengan tipe kepribadian koleris tidak menunjukkan kehangatan dan empati secara terbuka. Mereka lebih senang melakukan atau menghasilkan sesuatu untuk menunjukkan hal itu.

Orang dengan tipe kepribadian koleris sangat praktis dan tidak suka basa-basi. Mereka to the point, tidak mau sekedar berbicara mengenai sesuatu, mereka lebih suka melakukan sesuatu. Ketika orang lain tidak bisa menetapkan pikiran, orang koleris dapat memutuskan dengan seketika. Mereka berpikir dengan cepat dalam memecahkan masalah, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.

Mereka ingin segala sesuatunya dilakukan saat itu juga, tidak bertele-tele, tetapi pada titik ekstremnya orang koleris bisa menjadi terlalu dominan, terlalu mengatur, terlalu mengontrol sehingga membuat orang lain tidak tahan. Mereka dapat bertindak kejam dan sarkastik. Orang dengan tipe kepribadian koleris bisa menghancurkan orang lain hanya dengan kata-kata yang mereka ucapkan.

Orang koleris seakan memiliki sekring yang pendek dan mudah meledak. Mereka bisa menjadi sangat marah hanya karena hal sepele saja. Tetapi mereka dapat dengan segera lupa akan kemarahan mereka, tidak ingat lagi akan hal yang membuat mereka marah. Sementara orang disekelilingnya masih bingung dengan kemarahannya.

Itulah sebabnya orang dengan tipe kepribadian koleris terkadang sulit menjadi teman yang baik dan sulit bersosialisasi. Mereka lebih memilih sendirian dan kesepian daripada ditemani orang-orang yang berpikiran dangkal. Orang dengan tipe kepribadian koleris sangat menyukai menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan minat yang serupa.

Orang dengan tipe kepribadian koleris cenderung menuntut orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Tidak hanya menuntut, orang koleris juga seringkali bersikukuh dengan apapun yang mereka yakini, dan mereka akan memperjuangkan keyakinan tersebut secara keras dan tegas.

You have Successfully Subscribed!

Share This