Pada dasarnya tipe kepribadian koleris adalah sebuah kepribadian yang dinamis, aktif, berkemauan kuat, mempunyai sifat keras dan tegas. Orang dengan tipe kepribadian koleris adalah pribadi yang berfokus pada tujuan, dan dalam hubungan sosial mereka umumnya berpikir praktis dan sangat blak-blakan.

Dalam berpakaian orang koleris tidak mementingkan model pakaian tetapi lebih mementingkan fungsi dari pakaian itu. Ketika duduk, orang koleris biasanya duduknya sangat tegak, begitu pula ketika berjalan, tegak dengan kepala terangkat ke atas.

Orang koleris jarang atau hampir tidak pernah menangis. Mereka tidak senang menunjukan perhatian atau sikap hangat pada orang lain. Orang dengan tipe kepribadian koleris tidak menunjukkan kehangatan dan empati secara terbuka. Mereka lebih senang melakukan atau menghasilkan sesuatu untuk menunjukkan hal itu.

Orang dengan tipe kepribadian koleris sangat praktis dan tidak suka basa-basi. Mereka to the point, tidak mau sekedar berbicara mengenai sesuatu, mereka lebih suka melakukan sesuatu. Ketika orang lain tidak bisa menetapkan pikiran, orang koleris dapat memutuskan dengan seketika. Mereka berpikir dengan cepat dalam memecahkan masalah, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.

Mereka ingin segala sesuatunya dilakukan saat itu juga, tidak bertele-tele, tetapi pada titik ekstremnya orang koleris bisa menjadi terlalu dominan, terlalu mengatur, terlalu mengontrol sehingga membuat orang lain tidak tahan. Mereka dapat bertindak kejam dan sarkastik. Orang dengan tipe kepribadian koleris bisa menghancurkan orang lain hanya dengan kata-kata yang mereka ucapkan.

Orang koleris seakan memiliki sekring yang pendek dan mudah meledak. Mereka bisa menjadi sangat marah hanya karena hal sepele saja. Tetapi mereka dapat dengan segera lupa akan kemarahan mereka, tidak ingat lagi akan hal yang membuat mereka marah. Sementara orang disekelilingnya masih bingung dengan kemarahannya.

Itulah sebabnya orang dengan tipe kepribadian koleris terkadang sulit menjadi teman yang baik dan sulit bersosialisasi. Mereka lebih memilih sendirian dan kesepian daripada ditemani orang-orang yang berpikiran dangkal. Orang dengan tipe kepribadian koleris sangat menyukai menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan minat yang serupa.

Orang dengan tipe kepribadian koleris cenderung menuntut orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Tidak hanya menuntut, orang koleris juga seringkali bersikukuh dengan apapun yang mereka yakini, dan mereka akan memperjuangkan keyakinan tersebut secara keras dan tegas.

Salah satu sifat yang cukup mendasar dari orang dengan tipe kepribadian koleris adalah berbakat untuk menjadi seorang pemimpin. Ketika diberikan tugas sebagai pemimpin, mereka akan sangat senang karena merasa tertantang dengan tanggung jawab yang dilimpahkan pada mereka.

Mereka adalah orang yang sangat suka untuk melaksanakan suatu tugas besar. Mereka sangat suka mendapat peran sebagai pemimpin dan memegang wewenang. Mereka senang memerintah, penuh pertimbangan, dan selalu menilai sesuatu menurut logika. Mereka dilahirkan sebagai seorang pemimpin.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian koleris juga mempunyai energi yang besar dan memiliki keinginan yang kuat. Energi ini membuat mereka mempunyai semangat yang tinggi, dinamis, pantang menyerah dan tidak takut akan kegagalan. Kecenderungan mereka adalah yakin, mandiri, dan tidak suka diperintah orang lain.

Semangat, dorongan, dan keyakinan adalah hal yang paling penting bagi mereka. Sekalipun mendapat kegagalan, orang dengan tipe kepribadian koleris akan senantiasa terus berusaha dengan semangat yang mereka punya. Tidak heran orang dengan tipe kepribadian koleris selalu percaya pada diri sendiri akan kesuksesan yang suatu saat pasti akan berhasil dicapai.

Orang dengan tipe kepribadian koleris sangat menyukai tantangan untuk memotivasi diri mereka. Tidak hanya itu, mereka juga selalu ingin tampil di depan. Jika diberikan tugas mereka selalu siap menyelesaikannya dengan tepat, mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya, dan mengoreksi apa saja yang tidak benar.

Sebagai pribadi yang sangat menyukai tantangan, orang dengan tipe kepribadian koleris sangat tidak suka membuang waktu, mereka tidak suka melakukan kegiatan atau hal-hal yang tidak berarti. Bagi orang dengan tipe kepribadian koleris melakukan hal yang tidak berguna adalah sebuah kebodohan.

Salah satu sifat dari tipe kepribadian koleris adalah apapun keinginannya tidak boleh dihalangi atau dihentikan oleh siapapun. Mereka tidak suka apabila ada orang lain yang menghalangi langkah mereka. Ketika ada yang menghalangi, maka secara tidak langsung orang tersebut akan dianggap sebagai musuh mereka.

Orang dengan tipe kepribadian koleris juga tidak suka dikritik, dan sebaliknya mereka sangat suka mengkritik orang lain. Inti sebuah perdebatan bagi mereka adalah kemenangan, bukan kebenaran. Jadi jangan pernah mengkritik opini mereka. Jika tidak setuju, cukup kemukakan opini tanpa harus mematahkan argumentasi mereka.

Seringkali sikap asertif mereka membuat orang lain merasa tidak aman, dan kemampuan mereka memimpin bisa membuatnya tampak sok berkuasa. Meskipun demikian, orang koleris tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat. Mereka secara alami dapat melihat jawaban yang praktis terhadap suatu masalah.

Orang koleris tidak bisa diam. Berdiam diri bagi mereka adalah suatu tindakan bodoh yang sangat menyia-nyiakan waktu. Mereka selalu mencari kegiatan, suatu pekerjaan, atau proyek untuk dikerjakan. Hal ini membuat orang koleris mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus, dan itu adalah hal yang biasa bagi mereka.

Ketika melakukan suatu pekerjaan, orang dengan tipe kepribadian koleris selalu berorientasi pada target yang harus dicapai. Orang koleris lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Bagi mereka yang terpenting adalah hasil akhir.

Orang koleris tidak peduli bagaimana caranya, yang penting target mereka bisa tercapai. Mereka perlu berada di lingkungan yang penuh dengan tantangan dan keterlibatan untuk dapat mengasah kemampuannya hingga maksimal.

Orang koleris selalu ingin segala sesuatunya dilakukan dengan sangat cepat sehingga bisa jadi dia akan lupa beberapa detail penting yang harus dilakukan. Jika orang koleris sadar bahwa mereka telah berbuat kesalahan yang sangat merugikan, maka mereka akan dengan cepat mengubah pikiran mereka. Keinginan untuk menjadi nomor satu adalah hal yang penting bagi mereka.

Nah, itu adalah beberapa hal yang mendeskripsikan orang dengan tipe kepribadian koleris. Jumlah mereka dalam masyarakat hanya berkisar 10% dari total populasi. Apalah kamu termasuk salah satunya? Ingin tahu tipe kepribadianmu? Coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

You have Successfully Subscribed!