Yuk Mulai Tes Kepribadian

Tes kepribadian ini akan mengungkap tipe kepribadianmu yang paling dominan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan mengetahui siapa diri kita sebenarnya, bagaimana cara kita bertindak, dan menyesuaikan diri dengan orang lain.

Mengapa kita perlu mengenali tipe kepribadian? Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya.

Pada tes kepribadian ini tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 4 macam, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Setiap orang memiliki proporsi tipe kepribadian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Nah, dengan memahami keunikan tipe kepribadian tersebut, maka kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri kita, serta bagaimana kita mengambil keputusan dalam bertindak.

Tes ini telah membantu banyak orang untuk mengetahui tipe kepribadian mereka, dan membentuk karakternya menjadi lebih baik lagi. Bagaimana dengan kamu?

Kini kamu bisa mengikuti tes kepribadian ini secara GRATIS!! Pilihlah 1 jawaban pada setiap pernyataan di tes kepribadian ini yang kamu anggap paling mewakili dirimu. Jawablah dengan jujur!!

Yuk Mulai Tes!

0%

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diriku

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diriku

Pernyataan Ini Serupa Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mencerminkan Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Pernyataan Ini Mencerminkan Diriku

Peryataan Ini Serupa Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diriku

Tes Kepribadian Online
Aku Seorang Koleris

Tipe kepribadian ini dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Mereka cenderung bersifat tegas, mandiri, ambisius, dan tidak suka basa-basi. Orang dengan tipe kepribadian koleris mempunyai energi yang sangat besar dan memiliki keinginan yang kuat. Energi ini membuat mereka mempunyai semangat yang tinggi, dinamis, pantang menyerah, dan tidak takut akan kegagalan.

Orang koleris memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan berani mengambil risiko. Mereka bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka cenderung mementingkan diri sendiri dan tidak suka diperintah orang lain. Individu ini bersifat argumentatif atau suka membantah, dan seringkali bosan dengan rutinitas,

Koleris mewakili tipe kepribadian yang aktif, cekatan, dan sangat independen. Mereka digambarkan sebagai penuntut, egosentris, berkemauan keras, ambisius, agresif, dan perintis. Tipe kepribadian ini sangat menyukai aktivitas dan tantangan untuk memotivasi diri mereka.

Semangat, dorongan, dan keyakinan adalah hal yang paling penting bagi mereka. Sekalipun mendapat kegagalan, orang koleris akan senantiasa terus berusaha dengan semangat yang mereka punya. Orang koleris tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat. Mereka secara alami dapat melihat jawaban yang praktis terhadap suatu masalah.

Orang koleris merupakan tipe yang dominan dan mencolok dalam suatu kelompok kerja. Mereka biasanya menduduki tempat-tempat penting dalam suatu kelompok. Mengerjakan beberapa hal sekaligus adalah hal yang biasa bagi mereka.

Kamu bisa membaca selengkapnya tentang tipe kepribadianmu di Tipe Kepribadian Koleris.
Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Sanguinis

Tipe kepribadian ini suka bercanda, senang berteman, cenderung emosional, dan pandai mempengaruhi orang lain melalui bicara dan aktivitasnya. Orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat terbuka, dan cenderung optimis. Mereka bersemangat mengenai hampir segala hal, dan sangat peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir.

Orang sanguinis suka menghibur orang lain dan bersifat sosial. Dalam penyelesaian masalah atau mengerjakan sesuatu, mereka banyak mengandalkan keterampilan sosial. Mereka bersifat interpersonal, senang berpartisipasi dalam kelompok, dan suka bekerja sama. Keterbukaan sikapnya membuat orang lain memandang dirinya sebagai pribadi yang gampang bergaul dan ramah. Biasanya pribadi seperti ini memiliki banyak teman.

Sanguinis mewakili tipe kepribadian yang populer, ceria dan heboh. Mereka digambarkan sebagai orang yang meyakinkan, antusias, persuasif, ekspresif, mudah percaya, dan optimis. Mereka adalah orang yang penuh inspirasi. Bagi mereka hidup adalah suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka punya cara untuk melihat sisi positif emosinya.

Mereka bersemangat mengenai hampir segala hal, dan sangat peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir, sayangnya, kadangkala mereka kurang memiliki ketegasan sehingga mereka sering diperalat oleh orang lain.

Orang sanguinis dapat mempengaruhi sesorang dengan cara yang menyenangkan. Mereka adalah pembicara yang hebat, dan dapat membuat orang lain percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang yang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan atau organisasi.

Kamu bisa membaca selengkapnya tentang tipe kepribadianmu di Tipe Kepribadian Sanguinis.
Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Plegmatis

Tipe kepribadian ini menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi. Mereka suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, dan mereka dapat diandalkan.

Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.

Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka digambarkan sebagi orang yang tenang, berhati-hati, konsisten, berkeras hati, gigih, dan sabar. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

Mereka menjalani kehidupan dengan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi plegmatis ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat menghargai ketulusan.

Orang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman.

Kamu bisa membaca selengkapnya tentang tipe kepribadianmu di Tipe Kepribadian Plegmatis.
Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Melankolis

Tipe kepribadian ini patuh pada peraturan dan struktur. Mereka suka melakukan pekerjaan yang berkualitas dan melakukannya dengan benar. Orang melankolis sangat idealis. Mereka ingin menjadi yang terbaik, dan berusaha mendapatkan yang terbaik. Orang melankolis sangat kuat dalam memegang prinsip, dan mengejar goal yang ingin mereka capai.

Orang melankolis adalah orang yang teliti, sangat tertarik pada presisi dan akurasi. Mereka menyukai segalanya serba teratur dan jelas. Mereka adalah orang yang berhati-hati, tepat, rapi, sistematis, diplomatis, akurat, bijaksana, dan cenderung suka curiga.

Melankolis mewakili tipe kepribadian yang rapi, detail, sangat analitis dan cenderung sensitif. Ciri-ciri yang sangat tampak adalah hidup yang sangat teratur dan suka kerapian. Mereka juga sangat menyukai data dan fakta. Orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. Mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik daripada tipe kepribadian yang lain.

Mereka tidak suka membuat kesalahan dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. Pribadi melankolis biasanya sangat berbakat, mereka sangat cerdas, dan selalu berpikir untuk mencari ide yang lebih baik. Mereka sangat fokus terhadap fakta, selalu menginginkan adanya bukti.

Orang melankolis sangat menghargai peraturan, dan tidak suka melanggar peraturan. Dalam beraktivitas pun mereka juga menggunakan sistematis dan aturan-aturan agar semuanya terkelola dengan baik. Mereka sangat kuat dalam memegang prinsip. Mereka biasanya lebih mementingkan tugas yang harus mereka kerjakan dari pada diri mereka sendiri.

Kamu bisa membaca selengkapnya tentang tipe kepribadianmu di Tipe Kepribadian Melankolis.
Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!

Share your Results:

Tidak ada tes kepribadian yang bisa memberikan hasil benar-benar sempurna. Tetapi sedikitnya tes kepribadian ini dapat mengungkap tipe kepribadianmu yang sebenarnya.

So, kamu termasuk tipe kepribadian yang mana? Tuliskan tipe kepribadianmu di kolom komentar, atau SHARE hasil tesnya di Facebook kamu ya!

Yuk Sharing Tentang Kepribadianmu Disini!


Leave a Comment


766 thoughts on “Tes Kepribadian”

  1. Tipe kepribadian ini dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Mereka cenderung bersifat tegas, mandiri, ambisius, dan tidak suka basa-basi. Orang dengan tipe kepribadian koleris mempunyai energi yang sangat besar dan memiliki keinginan yang kuat.

    Reply
  2. Saya plegmatis dan 90% tulisan ini benar buat saya. Apalagi di bagian tidak suka kejutan, karena dari dulu meemang tidak suka.

    Reply
  3. Saya suka menghibur orang lain, memberikan semangat kepada orang lain, saya tidak suka dibentak, suka bercerita, suka memasak dan tidak membantah perintah orang tua.

    Reply
  4. Tipe keperibadian saya saling terbuka, selalu memberi semangat kepada orang lain, pantang menyerah, suka membantu orang kesusahan, lebih suka bekerja sendiri, keras kepala, tidak suka dibilang dengan nada tinggi, mandiri, sopan, lebih suka ketentraman, tidak mudah percaya dengan orang lain, dan selalu optimis.

    Reply
  5. Sepertinya melankolis. Tidak suka dengan orang yang suka camer, lebih suka baca buku yang mengundang untuk berpikir kerítés, mudah terbuka, suka dengan kerapian serta ferfeksionis, dan sering merencanakan ide yang kurang realistis.

    Reply
  6. Aku hanya belajar menjadi sosok yang dewasa. Sabar dalam keadaan apapun, walaupun aku tidak mampu.

    Reply
  7. Kepribadian saya orangnya tidak suka dibilang dengan nada tingi, rajin kalau tidak disuruh, dan lebih suka bekerja sendiri.

    Reply
  8. Saya memang tipe sanguinis plegmatis, disini saya terbaca sebagai sanguinis. Memang cocok dengan beberapa karakter saya kurang lebihnya.

    Reply
  9. Saya sebenarnya plegmatis sesuai sama zodiak saya libra, tapi pas di tes hasilnya sanguinis dan di tes kedua hasilnya plegmatis.

    Reply
    • Setiap orang umumnya memiliki perpaduan dari 2 tipe kepribadian, dari hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kamu memiliki kombinasi dari tipe kepribadian melankolis-koleris.

      Reply
  10. Saya orang yang suka bersosialisasi, sekali disakiti tidak pernah mau peduli, kemauan saya keras, lebih suka membeli yang saya butuhkan bukan yang saya inginkan, care dengan orang yang baik sama saya, dan bersikap bodo amat sama yang udah sakitin saya, penyayang, teliti, rapi dan perfeksionis.

    Reply
  11. Mudah beradaptasi, suka menghibur kalau sudah akrab, tidak ceroboh, suka menjelajah, mandiri, sopan dan santun, tidak suka bertengkar, lebih suka ketentraman, tidak mudah percaya dengan orang lain, selalu menyemangati teman.

    Reply
    • Tipe kepribadian plegmatis menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi. Mereka suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, dan mereka dapat diandalkan.

      Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.

      Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka digambarkan sebagi orang yang tenang, berhati-hati, konsisten, berkeras hati, gigih, dan sabar. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

      Mereka menjalani kehidupan dengan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi plegmatis ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat menghargai ketulusan.

      Orang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman.

      Kamu bisa membaca selengkapnya tentang tipe kepribadianmu di Tipe Kepribadian Plegmatis.

      Reply
  12. Benar sekali, saya tipe melankolis.
    Terima kasih banyak, saya bisa mengenali diri sendiri lebih dalam.
    Sungguh terima kasih banyak!

    Reply
  13. Saya adalah orang yang paling mengharagai waktu dan bertanggung jawab, dan saya sangat mencintai dan menyayangi keluarga. Kekurangan saya yang paling menonjol adalah saya sering sekali rendah diri, bersikap minder. Tidak salah juga saya mempunyai sikap minder atau kurang percaya diri karena latar belakang saya sebagai orang yang miskin.

    Reply
  14. Saya sangat berkompenten di bidang pekerjaan karena lebih percaya diri, mudah bersosialisasi dengan orang lain dan mampu berkomunikasi dengan baik.

    Reply
  15. Pribadi saya pantang menyerah, tidak takut kegagalan, berani mengambil resiko, dan selalu berjuang dengan sendirinya.

    Reply
  16. Tipe kepribadian ini menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, tidak suka perubahan mendadak, dan tidak banyak menuntut.

    Reply
  17. Kurang percaya diri, moodnya berubah ubah tidak stabil, suka marah dalam hati kalau lihat keadaan yang kumuh dan kotor, pantang menyerah, semangat terus.

    Reply
  18. Kurang percaya diri, emosi tidak terkontrol, tidak berani mengungkapkan pendapat sendiri, senang dengan hal-hal yang baru dan menantang.

    Reply
  19. Mudah cemas, risih saat di keramaian, tidak mampu membuka obrolan pada lawan bicara, kurang percaya diri, emosi kurang terkontrol (sedih, marah, sakit hati), tidak berani mengungkapkan pendapat karena kurang percaya diri.

    Reply
  20. Aku seorang plegmatis.

    Tipe kepribadian ini menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi. Mereka suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, dan mereka dapat diandalkan.

    Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.

    Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka digambarkan sebagi orang yang tenang, berhati-hati, konsisten, berkeras hati, gigih, dan sabar. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

    Mereka menjalani kehidupan dengan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi plegmatis ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat menghargai ketulusan.

    Orang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman.

    Reply
  21. Hai namaku intan aku umur 21 tahun. Aku anaknya ramah, welcome sama orang tetapi kadang pemalu. Moodnya suka berubah ubah, dan kadang cengeng.

    Reply
  22. Saya itu sangat tertutup, pendiam, pemalu dan kadang suka kurang percaya diri. Tetapi selalu bisa membuat orang menjadi senang lagi ketika bersedih.

    Reply
  23. Aku Seorang Koleris

    Tipe kepribadian ini dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Mereka cenderung bersifat tegas, mandiri, ambisius, dan tidak suka basa-basi. Orang dengan tipe kepribadian koleris mempunyai energi yang sangat besar dan memiliki keinginan yang kuat. Energi ini membuat mereka mempunyai semangat yang tinggi, dinamis, pantang menyerah, dan tidak takut akan kegagalan.

    Orang koleris memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan berani mengambil risiko. Mereka bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka cenderung mementingkan diri sendiri dan tidak suka diperintah orang lain. Individu ini bersifat argumentatif atau suka membantah, dan seringkali bosan dengan rutinitas,

    Koleris mewakili tipe kepribadian yang aktif, cekatan, dan sangat independen. Mereka digambarkan sebagai penuntut, egosentris, berkemauan keras, ambisius, agresif, dan perintis. Tipe kepribadian ini sangat menyukai aktivitas dan tantangan untuk memotivasi diri mereka.

    Semangat, dorongan, dan keyakinan adalah hal yang paling penting bagi mereka. Sekalipun mendapat kegagalan, orang koleris akan senantiasa terus berusaha dengan semangat yang mereka punya. Orang koleris tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat. Mereka secara alami dapat melihat jawaban yang praktis terhadap suatu masalah.

    Orang koleris merupakan tipe yang dominan dan mencolok dalam suatu kelompok kerja. Mereka biasanya menduduki tempat-tempat penting dalam suatu kelompok. Mengerjakan beberapa hal sekaligus adalah hal yang biasa bagi mereka.

    Reply
  24. Sangat mengena dan tepat sekali hasil tes ini, karena saya sendiri baru menyadari bahwa saya adalah tipe melankolis, mengingat terkadang saya sangat sensitif, agak pendiam, dan suka rapi.

    Terlebih saya sebenarnya sangat penurut dengan aturan karena terapan dan didikan sejak kecil, sehingga berdampak hingga saya dewasa. Makanya ketika menghadapi situasi keadaan lingkungan / kebiasaan / gaya hidup seseorang yang berbeda, saya seringkali merasa tidak nyaman.

    Meskipun pendiam tetapi sebenarnya saya senang bergaul dan tidak akan merasa betah apabila tidak bertemu dengan teman-teman. Walaupun kadang saya tidak mudah untuk cepat membaur atau bergaul akrab dengan orang yang baru saya kenal. Tergantung dengan situasi keadaan pada saat itu, terkadang saya bisa cepat akrab tetapi terkadang juga akan kaku.

    Saya juga senang untuk bisa berbicara di depan umum atau orang banyak. Meskipun pada awalnya saya adalah orang yang takut tampil dan suka gugup, tetapi setelah melewati berbagai proses akhirnya dengan sendirinya saya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan.

    Reply
  25. Alhamdulillah hasil tesnya 95% sama dengan kepribadian ku setiap hari. Yang suka menerima apa adanya, toleransi, gigih dan sabar jika masalah yang aku hadapi masih bisa di atasi, meskipun sedikit agak keras kepala, dan terlalu santai orangnya tapi pas saat mendesak langsung kejar target.

    Reply
  26. Hai kak, aku mau nanya. Aku itu orangnya pemalu banget saat ditempat baru dan bertemu orang baru. Saat suasananya seperti itu, aku akan cenderung sangat pendiam, kalau diajak ngomong yah aku jawab dan kalau tidak diajak ngomong yah aku diam. Tetapi aku berbeda jika bertemu orang yang sudah aku kenal, pada saat itu aku menjadi seorang yang cerewet dan lain-lain. Lalu aku juga seorang yang sensitif terhadap hal kecil sampai ke hal yang besar, kesensitifan aku kadang membuat aku menderita seperti marah dan nangis yang berhari-hari sampai mengganggu keseharianku. Apakah tipe kepribadianku ini kak? Terima kasih untuk jawabannya.

    Reply
    • Berdasarkan dari gambaran cerita kamu tersebut, sepertinya kamu adalah seorang melankolis. Tetapi untuk mengetahui lebih pastinya, kamu bisa langsung mencoba tes kepribadian di website ini.

      Reply
    • Dalam menjalin hubungan, orang melankolis akan sangat mudah bergaul dengan orang plegmatis dan koleris. Ini dikarenakan orang plegmatis adalah pribadi yang cocok untuk menampung segala keluh kesah orang melankolis yang mungkin frustasi dengan problema kehidupannya, dimana mereka seringkali dituntut untuk selalu sempurna oleh dirinya sendiri.

      Sedangkan bersama orang koleris, mereka akan mendapatkan tugas yang disukai, berbicara teknis dalam melaksanakan tugas, dan hal-hal detil dalam bekerja. Orang melankolis dan koleris akan sangat cocok, karena mereka berdua adalah tipe kepribadian yang task oriented.

      Reply
  27. Wah plagmatis, biasanya bukannya ada 2 kombinasi ya? Misalkan yang lebih dominan mana, jadinya plagmatis-melankolis gitu. Benar ga sih?

    Reply
    • Iya benar, setiap orang umumnya memiliki perpaduan dari 2 tipe kepribadian, seperti koleris-sanguinis, sanguinis-plegmatis, plegmatis-melankolis, dan melankolis-koleris. Hanya saja tes kepribadian ini mengungkap tipe kepribadian kamu yang paling dominan dalam kehidupan sehari-hari.

      Reply
  28. Saya sering kali kurang berpendapat terhadap orang lain, saya membantah namun saya memberikan kesempatan orang tersebut untuk berbicara. Jika pendapat saya tidak dihiraukan saya pun tidak masalah. Namun seringkali pendapat saya selalu berbeda dengan yang lain.

    Reply
  29. Berkemauan keras, suka bercanda, suka bergaul, mandiri, suka membantah, tidak suka diatur, pendiam, mudah bergaul, senang dengan rutinitas, senang bergaul, senang bersosialisasi, senang membantu, disiplin tinggi, simpatik, optimis, menyenangkan, mau berbagi, mengerjakan dengan perintah, berani mengambil resiko, mudah beradaptasi, sabar dan toleransi.

    Reply
  30. Saya sangat suka dengan adanya tes kepribadian ini, karena disini saya dapat berkata jujur dan mengetahui sikap sebenarnya yang dimiliki oleh saya.

    Reply
  31. Saya sangat suka dengan adanya tes kepribadian ini, karena disini saya dapat berkata jujur dan mengetahui sikap sebenarnya yang dimiliki oleh saya.

    Reply
  32. Saya sangat suka dengan adanya tes kepribadian ini, karena disini saya dapat berkata jujur dan mengetahui sikap sebenarnya yang dimiliki oleh saya.

    Reply
  33. Kerenn, bagus banget tes ini. Saya orangnya sangat pemalu kalau disuruh beli kemana aja atau disuruh maju kedepan saya malu sekali entah kenapa tapi memang seperti itu. Saya orangnya jujur, pemalu, dan sukaa menyendiri. Sangat suka sekali berbagi, walaupun tidak seberapa itu sudahh niatan hati.

    Reply
  34. Saya seorang melankolis, tidak heran jika saya seringkali merasa risih saat teman satu tim melakukan pekerjaan dengan asal-asalan dan berkesan sembarangan.

    Reply
  35. Koleris mewakili tipe kepribadian yang aktif, cekatan, dan sangat independen. Mereka digambarkan sebagai penuntut, egosentris, berkemauan keras, ambisius, agresif, dan perintis. Tipe kepribadian ini sangat menyukai aktivitas dan tantangan untuk memotivasi diri mereka.

    Reply
  36. Saya selalu ingin mencoba hal baru, dan masih kurang konsisten untuk menjalankan salah satu bidang yang saya sedang geluti saat ini.

    Reply
  37. Mudah bergaul, sabar, gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, ringan tangan (mau membantu teman), dan tidak gampang menyerah.

    Reply
  38. Saya terbiasa bisa membawa diri ke masyarakat, terkadang saya lebih cenderung ke people pleaser. Saya selalu mengorbankan apa yang saya mau untuk keluarga dan anak-anak. Saya mencintai ibu bapak dan keluarga besar. Saya antusias akan hal baru, dan saya membenci orang yang berbohong.

    Reply
  39. Saya kadang merasa berubah-ubah antusias, kadang senang ini. Terus saja mengerjakannya. Kadang sedang merasa gundah terus berjuang untuk melawan gundah itu.

    Reply
  40. Aku adalah orang yang cenderung pendiam. Aku lebih memilih mendengarkan saat orang-orang disekitar berbicara. Keramaian adalah tempat yang membuat kepalaku pening. Aku suka hujan, suaranya menimbulkan kesan sunyi dan sepi. Buku adalah satu-satunya temanku.

    Jadi, apa hakikat teman itu? Apa mereka yang mengajakku pergi ke club malam? Berkata kasar? Dan suka menindas? Lalu apalagi perilaku buruk yang akan mereka tanam dalam diriku. Sepertinya bukan itu yang ku maksud teman. Jika benar bahwa teman memiliki sifat seperti itu, mereka bukan teman. Berikan cara padaku agar bisa memiliki teman yang baik.

    Reply
  41. Kepribadian saya lebih terbuka dengan teman-teman daripada dengan orangtua. Karena takut dengan perkataan orangtua yang akan menyakiti hati saya.

    Reply
  42. Tipe kepribadian ini menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi. Mereka suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, dan mereka dapat diandalkan.

    Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.

    Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka digambarkan sebagi orang yang tenang, berhati-hati, konsisten, berkeras hati, gigih, dan sabar. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

    Mereka menjalani kehidupan dengan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi plegmatis ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat menghargai ketulusan.

    Orang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman.

    Reply
  43. Kepribadian saya mudah bergaul dengan orang baru tetapi kalau orang lama kadang malah susah, humble, pandai bicara dan mempengaruhi oraing lain. Tipe petualang banget, pendendam, suka bercanda, dan bawa perasaan.

    Reply
  44. Saya tidak bisa berada di satu tempat dengan lama-lama. Saya ingin melakukan banyak hal dan berinteraksi dengan orang banyak, saya menyukai kegiatan sosial.

    Reply
  45. Kepribadian saya terbuka di lingkungan yang baru, cenderung mengamati prilaku orang-orang yang ada di sekitar, dan ini akan berlangsung lama sampai saya merasa pas dan nyaman. Saya adalah orang yang ingin semuanya tampak sempurna dan orang di sekitar harus mengikuti kata saya, memang agak bossy. Saya suka ketegasan dan kurang suka bersosial yang berlebihan, cenderung lebih menikmati suasa rumah.

    Reply
  46. Saya orangnya sabar, mudah bergaul, senang bercanda, suka bersosialisasi, pantang menyerah, mudah diatur, mudah beradaptasi, dan optimis.

    Reply
  47. Saya adalah orang yang anti sosial, pendiam, bersifat dingin, sering marah, tidak suka jika orang lain berbicara seenak jidatnya. Saya selalu malas dalam segala hal, merasa diri sendiri tidak berguna, tidak suka melihat orang lain mencaci maki dan merendahkan orang lemah. Saya juga selalu cemas, stres, dan tidak berdaya jika saya mengalami masalah yang membuat saya tertekan.

    Reply
  48. Mudah bergaul, optimis, pembrani, penuh ide, peduli, suka humor, dan tidak suka berdiskusi tentang hal yang tidak penting.

    Reply
  49. Kepribadian saya mudah bergaul dengan siapapun yang baru dikenal, humble, ingin belajar di bidang yang saya sukai sampai benar-benar mahir, dan kadang mudah bosan jika berada di lingkungan yang monoton.

    Reply
  50. Saya pantang menyerah, pemberani, dan suka mengambil resiko. Saya tidak suka main aman. Blak-blakan dan cenderung bossy. Saya lebih suka diam di tengah orang banyak, atau kalau bisa menyingkir dari keramaian.

    Reply
  51. Saya orang yang suka bercanda, berpikiran positif, suka menolong, suka berpetualang, suka memimpin, berkemauan keras, lebih suka tindakan dari pada teori, aktif, bersemangat, penuh toleransi, dan senang berbagi.

    Reply
  52. Sebenarnya saya ini orangnya pendiam, mudah bergaul, lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan sendirian dan jujur. Tetapi saya bingung dengan saya sendiri. Saya merasa tidak mengenal siapa saya.

    Reply
  53. Aku mengalir saja apa adanya, kerja bukan buat kaya yang penting cukup, gampang dekat sama orang lain. Kalau sudah kenal mirip bunglon sesuai suasana. Di satu komunitas dikenal sebagai si pendiam, tetapi di komunitas yang lain orang yang suka ngobrol. Gampang menenangkan orang, mengambil kendali jika benar-benar dibutuhkan. Tidak suka menonjol walaupun sangat bisa diandalkan, mengambil tanggung jawab karena tidak ada lagi yang mampu. Aku orangnya slow tetapi tidak mellow. Bertindak jika benar-benar sudah terdesak.

    Reply
  54. Saya orang yang suka kepo dan penasaran, ingin tahu kehidupan orang lain. Saya takut kehilangan orang yang saya sayangi dan over thingking. Saya tidak suka dibandingkan apalagi dengan orang yang saya benci.

    Reply
  55. Lebih suka menyendiri, jujur, tidak suka hal yang ribet, tidak melanggar aturan, lebih fokus, dan suka menyelesaikan sendiri.

    Reply
  56. Aku adalah orang yang baik tegas, adil, jujur, pantang menyerah, berbakat, pandai, mudah bergaul, dan juga punya intuisi.

    Reply
  57. Sebenarnya saya itu orangnya lebih senang sama orang-orang yang sepemikiran dan tipe yang tidak bisa marah, tetapi kalau saya marah bawaannya nanti pasti ketawa juga.

    Reply
  58. Sebenarnya saya orangnya lebih baik diam daripada berbicara banyak, tetapi ketika diajak ngobrol biasanya saya yang lebih banyak bicara.

    Reply
  59. Saya orangnya suka bergaul dan mudah beradaptasi. Jika saya bertemu orang yang belum saya kenal saya agak pemalu, tetapi jika sudah kenal tidak tahu malu. Saya menempatkan pertemanan di posisi yang atas (tetapi bukan teratas).

    Reply
  60. Hasil dari tes saya seorang plegmatis. Mungkin saya sering bermimik wajah tanpa emosi dan cendrung bingung dengan perubahan yang mendadak. Tetapi saya senang menolong.

    Reply
  61. Saya orang yang simpatik, tidak suka disuruh, karena lebih suka inisiatif sendiri, namun kurang kesadaran diri. Jika mengerjakan tugas bisa lalai, namun bila sudah berambisi saya akan tuntaskan.

    Reply
  62. Saya merasa tidak enak ketika ada pendapat yang berbeda dengan saya. Saya ingin orang lain bisa melakukan seperti apa yang saya lakukan.

    Reply
  63. Karena tekanan hati aku dari lahir udah tinggi, jadi kaya gampang merasakan apa yang orang lain rasakan, baik senang atau sedih.

    Reply
  64. Saya tipe orang yang sulit memilih antara 2 pilihan karena saya selalu memiliki banyak pertimbangan antara kedua pilihan tersebut, sehingga saya selalu memilih jalan tengah. Disini saya kurang merasa tegas, selain itu saya selalu optimis untuk mendapatkan segala hal yang saya inginkan baik dalam waktu yang cepat maupun lambat.

    Saya percaya diri bahwa saya bisa dan mempu memenuhi segala hal yang saya inginkan. Saya tidak dapat hidup sendiri, karena selalu membutuhkan orang-orang yang mampu mensupport dan memotivasi. Saya suka berteman dengan orang orang yang memiliki wawasan luas.

    Reply
  65. Saya orang yang sangat tidak suka jika orang lain terlalu ikut campur dalam hidup saya, terutama hal hal yang bersifat pribadi. Menurut saya hidup ini cuma sekali dan saya tidak mau diatur oleh orang lain, karena saya yakin setiap apapun yang terjadi dalam hidup saya itulah yang terbaik menurut Allah.

    Reply
  66. Saya orang yang menyimpan hampir semua perasaan sendiri dan jarang menceritakan tentang kehidupan saya ke orang lain bahkan keluarga, tetapi saya senang mendengarkan cerita orang lain yang dapat saya jadikan motivasi untuk diri sendiri.

    Reply
  67. Penilaian kepribadian seseorang itu berbeda-beda jadi belum tentu apa yang kita lihat benar dan apa yang kita dengar sesuai dengan fakta. Semuanya butuh waktu dan proses.

    Reply
  68. Saya berpikir bahwa setiap penilaian orang berbeda-beda tetapi saya mencoba untuk menerima kritik dan saran mereka, meski terkadang kalimat yang dilontarkan begitu menyakitkan tetapi selalu saya buat normal seperti tak ada apa-apa.

    Karena saya tahu bahwa setiap tindakan dan perbuatan yang saya lakukan bukan untuk menunjukkan bahwa saya sempurna dimata mereka, tetapi saya hanya ingin berusaha menjelaskan bahwa “penilaian tidak bisa didapatkan dengan mendengarkan tetapi harus melihat dengan sendirinya”.

    Saya hanyalah seorang sederhana, yang berusaha membuat orang yang ada disekelilingku bahagia dan tersenyum karena diriku.

    Reply
  69. Saya berppikir jika orang lain saja bisa dan mampu melakukannya, maka saya pun harus bisa. Saya bisa karena terbiasa. Jika saya tidak bisa berarti saya belum terbiasa dan harus dibiasakan.

    Reply
  70. Saya merasa tidak berguna ketika suatu hal tidak bisa saya capai, sampai kepikiran terus, dan biasanya sekalinya saya sedih banget sampai dipikirin terus.

    Reply
  71. Saya orang yang senang berbicara tentang banyak hal kepada orang yang dapat membuat saya merasa tenang dan terkendali. Tetapi sangat sulit bagi saya untuk membuka diri. Seringkali saya menyakiti orang lain karena sesuatu tidak sesuai dengan nilai-nilai yang saya pegang. Disatu sisi saya tidak bisa berterus terang, tetapi disisi lain saya sangat ingin mengubah sesuatu yang jelas kurang tepat.

    Pada akhirnya saya memilih diam, sebab jika saya paksakan untuk menyampaikan belum tentu semua orang bisa menerima, dan saya juga belum tentu bisa menyampaikan maksud saya dengan benar. Karena disalah pahami adalah hal yang sangat menakutkan bagi saya.

    Reply
  72. Saya suka bercanda, sangat berambisi besar tetapi tidak ada yang mendukung. Saya senang petualangan, senang berbagi, dan suka kebersamaan. Apakah di saat saya berambisi besar itu salah? Karena saya merasa lingkungan saya tidak ada yang mendukung itu, jadi saya berasa salah.

    Reply
  73. Saya pemalu, mau berbagi, sabar dan toleransi. Pantang menyerah, pemberi semangat, persuasif, senang membantu, simpatik, murah hati, penuh inspirasi, senang dengan rutinitas, mengerjakan sesuai perintah, dan mudah dimanfaatkan.

    Reply
  74. Kadang mempunyai kesulitan mempelajari ilmu matematis dan kesulitan tersebut datang secara tiba-tiba, serta timbul kecemasan yang muncul tiba-tiba pada waktu tertentu, sulit dalam bersosialisasi.

    Reply
  75. Aku kurang pendiam bila bersama orang dekatku, tetapi aku pendiam kalau orang itu tidak kusukai walaupun itu anggota keluargaku. Aku tidak terlalu bisa bersosialisasi, aku juga terkadang takut mengambil keputusan.

    Reply
  76. Aku tipe orang yang cuek, tidak mudah bergaul, bermain dengan dunia dan imajinasi sendiri serta tidak suka berbasa basi.

    Reply
  77. Saya orang yang berkemauan kuat, mandiri, tetapi juga sensitif. Saya bisa diandalkan, suka dengan petualang dan introvert. Tidak suka bergaul dengan orang banyak.

    Reply
  78. Tidak ada tes kepribadian yang bisa memberikan hasil benar-benar sempurna. Tetapi sedikitnya tes kepribadian ini dapat mengungkap tipe kepribadianmu yang sebenarnya.

    Reply
  79. Saya itu, seorang yang mudah sekali emosi, tersinggung, memiliki hati yang sensitif, mudah tersakiti, sering berimajinasi, mudah menangis, kurang percaya diri, sulit melupakan sesuatu.

    Reply
  80. Saya orang yang mandiri, tidak sabaran, disiplin, suka curiga, tetapi bertanggung jawab dan tidak pernah memperhatikan penampilan.

    Reply
  81. Saya pikir saya adalah orang yang menyenangkan, suka saja melihat orang lain merasa senang dan aman ketika bersama saya. Namun kadang saya cukup lelah dan berpikir kenapa orang lain tidak melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan.

    Saya sering cemas dengan perkataan atau anggapan buruk orang lain kepada saya, mudah tersinggung dan sulit mengontrol emosi. Saya suka bersama beberapa orang dan pergi hangout bersama, tetapi ketika saya kembali ke rumah dan sendirian saya merasa sedih dan kesepian, bisa satu waktu tiba-tiba menangis tanpa sebab dan langsung kembali tenang dalam beberapa jam.

    Reply
  82. Tidak terlalu suka sosialisasi, tidak begitu suka dengan tempat keramaian, tetapi ramah, baik, suka menolong, mudah beradaptasi, dan suka dimanfaatkan orang karena terlalu baik.

    Reply
  83. Tidak suka manusia. Tidak suka sosial, tetapi cukup mudah untuk ramah terhadap orang. Hanya saja menghindari itu semua. Tidak ingin terlalu dekat dengan siapa pun. Benci sebuah hubungan bahkan jika hanya teman.

    Reply
  84. Saya perfeksionis, terkadang suka menjudge orang lain melalui kesan pertama> Saya orang yang rapih dan teratur tidak suka berantakan, terkadang spontan dalam bertindak tetapi saya seorang yang mudah tersentuh dan simpati.

    Reply
  85. Suka berpikir kalau orang lain berpikir negatif tentang saya. Lebih suka menyendiri dikamar dan tidak suka diganggu orang lain. Hanya bisa terbuka dengan sedikit teman dekat. Diluar sering bercanda, tertawa, melawak, dan berani. Tetapi saat didalam perasan lebih sensitif, sering ingin menangis, mengeluh, hanya tertawa atau tersenyum saat melakukan hobi, jarang mengobrol dengan orang rumah.

    Sangat pemalu saat pertama kali bertemu dengan orang atau teman baru, baru bisa leluasa berbicara dan tertawa saat mempunyai teman yang benar-benar dekat. Dan itu baru ada kurang dari 15 orang selama 19 tahun hidup. Saat libur tidak suka ada yang mengganggu, WhatsApp dan LINE merupakan aplikasi yang paling dihindari saat libur. Hanya membuka YouTube, Instagram, dan aplikasi yang mengandung unsur hobi didalamnya.

    Reply
  86. Saya suka memimpin daripada dipimpin, saya sangat menjunjung tinggi keadilan, saya sebenarnya memperhatikan segalanya dengan diam, dan saya tidak suka berbasa basi.

    Reply
  87. Tes ini secara tidak langsung mencerminkan kepribadian saya, dimana yang selama ini tidak saya sadari. Sangat membantu untuk mengetahui keperbadian yang saya miliki.

    Reply
  88. Mengapa saya tidak pernah lulus test psikologi setiap melamar pekerjaan. Apa yang sebenarnya tentang prilaku saya ini sehingga perusahaan tidak mau mempekerjakan saya.

    Reply
  89. Hasil tes menunjukkan saya tipe Plegmatis. Namun kalau melihat uraiannya hanya sebagian tipe plegmatis yang ada dalam diri saya, dan saya merasa sebagian ciri-ciri tipe koleris cocok dengan kepribadian saya. Apa bisa seseorang memiliki kombinasi tipe kepribadian yang bertolak belakang?

    Reply
    • Seseorang bisa saja memiliki kombinasi tipe kepribadian Koleris Plegmatis, meskipun kombinasi dari tipe kepribadian seperti ini jarang sekali ditemukan.

      Reply
  90. Aku kadang suka tidak tega dengan orang lain, sehingga urusan pribadiku jadi terkesampingkan. Akibatnya mundur dari planning yang sudah direncanakan. Bagimana ya caranya mendisiplinkan diri tanpa tergoda oleh kepentingan orang lain?

    Reply
    • Sebenarnya ada 5 cara sederhana untuk melatih disiplin pada diri sendiri.

      1. Mulai Dari Hal Kecil
      Kedisiplinan bukanlah sesuatu yang bisa didapat secara instan. Karena itu, untuk bisa meningkatkan disiplin diri harus dimulai dari hal sederhana. Kedisiplinan kita pasti akan meningkat secara otomatis ketika sering dilatih. Lakukan hal ini dalam banyak aspek di kehidupan kita agar bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.

      2. Bergaul Dengan Orang Disiplin
      Pilih teman dengan bijak. Luangkan waktu untuk berada di sekitar orang-orang yang disiplin, sehingga kita bisa belajar bagaimana menjadi pribadi yang memiliki disiplin diri. Tirulah rutinitas harian mereka. Adopsi mentalitas dan kebiasaan yang sama dengan mereka.

      3. Tetapkan Target Yang Jelas
      Kita harus mempunyai target yang jelas dalam hidup ini. Karena dengan mengetahuhi seberapa besar kemajuan kita, maka kita dapat mengukur seberapa jauh langkah yang telah kita buat, dan seberapa efektif cara yang telah kita tempuh. Dengan demikian kita bisa bisa melatih diri untuk mencapai target tepat waktu.

      4. Berani Berkata Tidak
      Godaan pasti akan selalu kita temui dalam kehidupan kita. Karena itu kita harus dapat memilah, mana yang harus dilakukan dan mana yang ingin dilakukan. Bedakan, antara “harus” dan “ingin” dilakukan. Lakukan hal ini dalam semua aspek kehidupan kita. Karena saat kita dapat mengontrol mana yang harus dilakukan dan mana yang bisa ditunda, maka secara perlahan kita sudah menjadi lebih disiplin.

      5. Buatlah Jurnal.
      Dengan memiliki jurnal harian kita bisa mencatat kegiatan apa saja yang sudah kita lakukan setiap hari. Sehingga kita bisa melacak waktu-waktu yang telah kita lalui. Apakah kita menghabiskannya untuk hal-hal yang berguna atau tidak.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  91. Aku seorang yang berkemauan tinggi. Aku suka dengan kebehasilan apa yang aku capai dengan sangat hati-hati. Aku tidak mudah terpengaruh apa yang dikatakan orang. Aku tidak suka semua hal terasa berantakan, dari pada seperti itu aku lebih memilih untuk mendisiplinkan diriku sendiri.

    Reply
  92. Sebenarnya aku adalah perempuan yang sederhana, pendiam namun suka takut kalau ada ribut sedikit. Sehingga aku suka menanam kepribadian suka melawan apalagi kadang susah dinasehati padahal tujuannya itu bagus. Karena aku suka pemikiran aku sendiri dan tipikal agak susah untuk mengalah, tetapi bukan berarti mau menang sendiri. Disisi lain aku suka mendengarkan cerita dua sisi, tidak sepihak saja, jadi aku suka memutuskan mana yang menurutku benar.

    Reply
  93. Saya orangnya humble, suka bergaul, tidak suka yang ribet, dan yang penting bisa diajak berbincang apa saja.

    Reply
  94. Saya orangnya mudah dimanfaatkan tetapi saya akan menjadi diri saya sendiri, karena diberi semangat oleh mama saya dan pantang menyerah dalam segala hal apapun.

    Reply
  95. Saya orangnya kritikus, tidak suka dengan hal yang membuat saya tidak nyaman. Saya juga suka menolong, dalam hal action saya suka berusaha dengan kemampuan, dan saya tau batas kemampuan diri saya sendiri.

    Reply
  96. Saya sulit meminta bantuan. Banyak teman-teman saya yang bisa dengan mudahnya saling membantu sampai ke hal terkecil sekalipun. Saya punya prinsip, jika masih bisa saya lakukan, akan saya lakukan sendiri. Saya sadar, bahwa itu termasuk sombong, walaupun sesungguhnya maksud saya agar orang lain tidak kerepotan.

    Reply
  97. Aku orangnya agak sensitif, tetapi suka bercanda dan melucu yang bikin orang suka tertawa. Tetapi aku juga gampang mengeluarkan air mata kalau ada sesuatu yang bikin hati aku trenyuh.

    Reply
  98. Aku suka membantu orang lain, terus juga dibilang terlalu baik gitu. Aku tuh orangnya moody tetapi di sisi lain simpati. Jadi kalau marah sama teman biasanya cuma beberapa menit doang, padahal keliatannya kayak marah banget. Aku orangnya malas dan suka rebahan, hobiku menyanyi, membaca buku novel, dengerin musik, pokoknya yang berhubugnan dengan musik aku suka banget deh.

    Aku orangnya tidak enakan, kayak kalau mau kritik orang tuh kayak cuma hatinya doang yang ngedumel, mulutnya diem aja. Itu kira-kira bagaimana ya kak?

    Reply
    • Bisa dikatakan kepribadianmu adalah kombinasi dari tipe kepribadian melankolis-plegmatis, sehingga sering terjebak dengan dilema pribadi “iya” di mulut dan “tidak” di hati. Kombinasi dari tipe kepribadian melankolis-plegmatis ini termasuk dalam golongan introvert, yaitu kepribadian yang lebih fokus terhadap apa yang ada dalam dirinya sendiri daripada hal lain yang ada diluar dirinya.

      Reply
    • Kebijaksanaan harus dilatih oleh diri kita sendiri. Untuk melatih kebijaksanaan, kita harus membersihkan hati dan pikiran terlebih dahulu.

      Pikiran kita bagaikan sebuah cermin. Jika cermin tersebut senantiasa dibersihkan, maka akan bebas dari debu dan kotoran.

      Dengan cermin yang bersih, segala sesuatu akan terpantul dengan jelas. Dengan pikiran yang bersih, kita dapat membedakan yang benar dan yang salah.

      Reply
  99. Bagaimana caranya membuat setiap tipe kepribadian nyaman dengan kita? Saya ingin memahami setiap tipe. Apa yang dia suka dan benci, bagaimana cara menanggapi mereka ketika marah, dan lain sebagainya.

    Reply
    • Sebelum membuat kepribadian bisa nyaman, kita harus mengenal tipe kepribadian kita terlebih dahulu. Kamu bisa membaca tentang masing-masing tipe kepribadian di website ini, karena akan terlalu panjang jika dijelaskan semuanya disini.

      Reply
  100. Banyak yang bilang terutama teman deket saya, katanya saya itu orangnya cuek dan datar, kepribadian seperti itu termasuk hal yang positif atau negatif?

    Reply
    • Sebenarnya sikap cuek dan datar adalah bagian dari tipe kepribadian, sehingga tidak dapat dikatakan termasuk hal yang positif atau negatif. Semua itu tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Setiap orang tidak bisa memilih kepribadiannya, karena kepribadian adalah hadiah dari sang pencipta saat kita dilahirkan.

      Setiap orang yang memiliki kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap aspek kehidupan sosial dan pribadi masing-masing. Saat kita belajar untuk mengatasi dan memperbaiki kekekurangan dalam diri kita, maka akan memunculkan kebiasaan positif baru yang disebut dengan karakter. Misalnya, seorang dengan tipe kepribadian koleris tetapi sangat santun dalam bicara dan menyampaikan pendapat.

      Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli, dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar, hari demi hari dengan melalui suatu proses yang tidak instan. Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari.

      Reply
  101. Saya sering dihadapkan pada situasi harus berbicara didepan umum, namun saya kesulitan berbicara di depan umum, sehingga sering mencari alasan agar tidak pernah tampil berbicara.

    Reply
    • Saya kalau di depan banyak orang suka merasa gugup. Kalau bicara padahal dalam hati saya bisa, tetapi realita tidak sesuai ekspetasi dan saya juga pernah dibilang pemalu.

      Reply
  102. Hasilnya saya tipe kepribadian melankolis. Bagaimana menyelaraskan hubungan saya melankolis dengan suami koleris dan 2 anak perempuan yang keduanya sanguinis?

    Terima kasih untuk ilmunya.

    Reply
    • Jika kamu seorang melankolis, maka kamu adalah pribadi yang rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada spontanitas. Kamu suka berpegang teguh pada ide atau produk yang telah terbukti berhasil, berorientasi pada fakta, data, dan angka. Kamu lebih menggunakan alasan dari pada emosi.

      Ketika berkomunikasi dengan suami koleris, segera ceritakan pokok permasalahan (to the point), jangan membuat suami bosan dengan angka dan fakta. Langsung berikan ide pokoknya, dan tunjukkan keyakinan atas apa yang sedang kamu kerjakan atau lakukan. Tunjukkan hasil, tujuan, dan prestasi.

      Ketika berkomunikasi dengan anak sanguinis, berikan mereka sedikit lebih banyak kesempatan untuk berbicara. Tertawalah jika cerita mereka itu lucu, dan tunjukkan antusiasme. Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta. Bila memungkinkan, berikan mereka pengalaman dan kesenangan dengan mencoba sendiri nasehat atau saran yang kamu berikan pada mereka.

      Reply
    • Orang plegmatis sangat cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, karena mereka adalah tipe kepribadian yang people oriented. Pekerjaan yang cocok untuk orang plegmatis diantaranya adalah perawat, psikolog, diplomat, dokter, guru, konselor dan lain-lain.

      Reply
  103. Based on pendapat teman-teman. Aku seorang yang humble dan friendly. Suka moody juga dan senang banget kalau bisa nolong atau direpotin orang, apalagi sama orang yang dicinta.

    Reply
    • Orang plegmatis dapat dipercaya, apabila mereka sudah berjanji untuk menyimpan suatu rahasia, maka akan menyimpan rahasia itu dan tidak akan pernah menceritakannya kepada orang lain. Pada dasarnya mereka adalah seorang pendengar yang baik dan dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia.

      Reply
    • Tipe kepribadian sanguinis koleris termasuk golongan ekstrovert, yaitu tipe kepribadian yang terbuka kepada orang. Tipe kepribadian ini biasanya sangat antusias terhadap hal baru dan suka sekali bergaul dengan banyak orang. Mereka umumnya sangat senang melakukan aktivitas sosial, berinteraksi dengan banyak orang, tetapi di sisi lain mereka juga dilahirkan dengan bakat sebagai seorang pemimpin. Kerena itu pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ini adalah pekerjaan yang bersifat memimpin sekaligus berinteraksi dengan banyak orang, seperti tour guide, kepala sekolah, atau sebagai leader di perusahaan asuransi.

      Reply
  104. Saya orang yang pendiam dan tidak suka keramaian, saya benci itu tetapi di sisi lain saya peduli terhadap orang lain.

    Reply
    • Saya orangnya pendiam, tetapi mudah bergaul. Saya tidak suka keramaian, dan mudah memaafkan orang yang telah berbuat salah.

      Reply
  105. Aku kalau ada orang yang baru aku kenal kadang suka ngomong seperlunya saja sama dia. Kalau lagi bercanda sama teman tiba-tiba suka mikir buat diam, ga banyak omong lagi. Kalau ada cerita yang menurut aku bagus, aku jadi orang yang suka baca, tetapi kalau ga ada ya aku diam. Kadang aku suka nulis juga, curhat sama buku. Aku suka tempat tempat yang sunyi sepi ga terlalu banyak orang, kira-kira aku tipe orang yang kaya bagaimana ya.

    Reply
  106. Terima kasih atas bantuannya, sekarang saya jadi lebih memahami kepribadian saya sendiri. Ternyata saya seorang plegmatis, tetapi kira-kira pekerjaan apa yang sangat cocok untuk saya?

    Reply
    • Orang plegmatis sangat cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, karena mereka adalah tipe kepribadian yang people oriented. Pekerjaan yang cocok untuk orang plegmatis diantaranya adalah perawat, psikolog, diplomat, dokter, guru, konselor dan lain-lain.

      Reply
  107. Aku adalah orang yang memiliki 2 sisi, terkadang aku sangat pendiam terutama di tempat umum dan kepada orang yang tidak aku kenal. Tetapi jika bersama teman atau sahabat aku adalah orang yang humoris akan terkadang aku bersikap dingin sesuai moodku. Aku adalah orang yang kritis dan genius, aku tidak menyukai bully atau hinaan.

    Reply
    • Orang plegmatis sangat cocok untuk bekerja di bagian HRD, karena mereka adalah pribadi yang tenang, penyabar, cinta damai, dan bisa dipercaya untuk memegang rahasia. Orang plegmatis juga merupakan seorang pendengar yang baik dan sosok yang bisa diandalkan, sehingga mereka sangat cocok dengan pekerjaan-pekerjaan di bagian HRD.

      Reply
  108. Saya tipe kepribadian melankolis dan introvert, pekerjaan yang cocok untuk saya di bagian apa ya?

    Reply
    • Orang melankolis adalah tipe kepribadian yang berorientasi pada tugas (task oriented). Mereka adalah orang yang ahli dalam perencanaan dan analisis. Selain itu orang melankolis juga sangat suka dengan grafik, angka, data, dan fakta, serta hal-hal yang detail. Pekerjaan yang cocok untuk orang melankolis adalah akuntan, analis, programmer, penulis dan seniman.

      Reply
    • Setiap orang memiliki 4 tipe kepribadian dalam dirinya, hanya saja masing-masing kepribadian tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda. Artinya dalam diri kita semua ada unsur koleris, sanguinis, plegmatis, dan melankolis. Dari perbedaan kadar tersebut, muncullah beberapa kombinasi dari 2 tipe kepribadian yang paling dominan, diantaranya koleris-sanguinis, sanguinis-plegmatis, plegmatis-melankolis, dan melankolis-koleris.

      Reply
    • Secara alami orang sanguinis adalah orang yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, senang berbicara, dan bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Hal ini membuat orang sanguinis cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain (people oriented), seperti presenter, sales, selebriti, motivator, dan jurnalis. Mereka adalah tipe kepribadian yang suka mengungkapkan ide dan perasaannya.

      Reply
  109. Kak mau nanya beberapa waktu lalu aku pernah melakukan tes stifin dan hasilnya aku itu ekstrovert (lebih tepatnya thinking extrovert). Tetapi kenapa ya setiap aku coba tes kepribadian semacam ini aku selalu masuk ke dalam kategori introvert? Disini aku termasuk melankolis, kalau dari komentar yang ada termasuk introvert.

    Reply
    • Pada dasarnya setiap orang memiliki 4 tipe kepribadian dalam dirinya, hanya saja masing-masing kepribadian tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda. Artinya dalam diri kita semua ada unsur koleris, sanguinis, plegmatis, dan melankolis.

      Dari perbedaan kadar tersebut, muncullah beberapa kombinasi dari 2 tipe kepribadian yang paling dominan, diantaranya koleris-sanguinis, sanguinis-plegmatis, plegmatis-melankolis, dan melankolis-koleris. Karena itu kecil sekali kemungkinan kita dapat menemukan seseorang yang sepenuhnya dominan dengan 1 tipe kepribadian saja, seperti koleris sejati atau melankolis sejati.

      Untuk tipe kepribadian yang termasuk golongan ekstrovert adalah koleris dan sanguinis, sedangkan tipe kepribadian yang termasuk golongan introvert adalah plegmatis dan melankolis. Apabila dilihat dari hasil tes tersebut bisa dikatakan bahwa kamu termasuk dalam golongan ambivert, karena memiliki kecenderungan menjadi ekstrovert dan juga introvert.

      Untuk tahu lebih dalam tentang kepribadian ambivert, kamu bisa membacanya di artikel Kamu Seorang Ambivert? Yuk Cari Tahu Disini.

      Kepribadian ambivert ini biasanya bisa ditemukan dari kombinasi tipe kepribadian koleris-melankolis atau sanguinis-plegmatis. Apabila dari hasil tes menunjukkan tipe kepribadianmu melankolis tetapi masih memiliki sifat-sfat seorang ektrovert, maka besar kemungkinan bahwa tipe kepribadianmu yang dominan adalah kombinasi dari tipe kepribadian melankolis-koleris.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  110. Bagaimana gaya belajar bagi orang plegmatis? Motivasi apa yang cocok bagi orang plegmatis? Dan bagaimana agar tidak terlalu posesif?

    Reply
    • Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Selain itu, orang plegmatis juga terkesan sangat pasif dalam belajar, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Orang plegmatis mudah bergaul (easygoing). Mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap (steady). Motivasi yang cocok bagi orang plegmatis adalah gaya hidup yang stabil, menyenangkan orang lain, merasa dihargai, dan berbagai hal yang sifatnya rutinitas.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Kebutuhan mendasar seorang sanguinis adalah pengakuan dan penghargaan (recognition). Orang sanguinis paling takut apabila mereka kehilangan teman atau popularitas. Akibatnya, mereka rawan terhadap godaan dan cobaan. Orang sanguinis akan melakukan hal yang mungkin bertentangan dengan nilai yang mereka pegang demi tidak kehilangan teman dan popularitas. Hal-hal seperti inilah yang dapat memicu gejala depresi pada orang sanguinis.

      Syarat utama untuk sembuh dari depresi adalah dengan mengubah pandangan dan pola pikir kita. Salah satunya bisa dimulai dengan beberapa hal berikut:

      • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran.
      • Mengenali masalah yang menyebabkan depresi.
      • Mana yang bisa diselesaikan dan masalah mana yang harus kita jalani dalam hidup.
      • Menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
      • Menetapkan tujuan hidup yang akan meningkatkan kualitas hidup.

      Sebenarnya depresi adalah hal wajar yang dapat terjadi pada semua orang. Namun apabila lingkaran depresi tersebut sudah membelit cukup lama, kami sarankan menghubungi psikoterapis adalah pilihan yang terbaik. Karena psikoterapis dapat membantu mengatasi gangguan depresi dengan pendekatan psikologi.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  111. Tes yang bagus. Saya sudah beberapa kali tes, dan hasilnya memang sanguinis yang menonjol. Hasil tes ini juga sama dengan tes ditempat lain. Nah, sanguinis cocok dengan pekerjaan banyak bertemu orang kalau saya lihat dari hasil tes. Saya mau tanya, apakah seorang sanguinis bisa mendalami pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kejelian tinggi? Semisal programmer, consultant, atau designer yang dibutuhkan ketelitian dan seni?

    Terima kasih.

    Reply
    • Sebenarnya untuk bisa tidaknya mendalami suatu pekerjaan kembali lagi kepada passion kita. Apakah pekerjaan tersebut sudah sejalan dengan passion kita? Bekerja sesuai dengan passion memang merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Tetapi sayangnya banyak juga orang yang bingung antara harus memilih karier atau passion.

      Orang sanguinis memang identik dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan orang lain (people oriented). Tetapi bukan berarti tidak bisa mendalami pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian dan kejelian tinggi. Hanya saja setiap kepribadian membutuhkan lingkungan ideal yang berbeda-beda untuk dapat berkembang secara maksimal.

      Lingkungan ideal ini nantinya dapat membantu menempatkan seseorang pada tempat dan situasi yang tepat, sehingga banyak aspek dalam kehidupannya dapat berkembang maksimal. Lingkungan ideal bagi orang sanguinis adalah tempat dimana ada orang untuk diajak bicara, ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, mendapat pengakuan / penghargaan atas hasil kerjanya yang baik, dan terbebas dari tugas yang bersifat berulang dan banyak hal detail.

      Ibarat alat musik akan berfungsi secara maksimal di studio bukan di perpustakaan.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Dalam belajar orang plegmatis terkesan sangat pasif, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Orang koleris terkenal sangat praktis. Mereka langsung to the point, tidak suka basa-basi. Orang koleris tidak mau sekedar berbicara mengenai sesuatu, mereka lebih suka melakukan sesuatu. Orang koleris memandang orang lain yang berusaha menghalangi mereka sebagai musuh. Karena itu ada beberapa tips untuk menghindari perdebatan saat berkomunikasi dengan tipe kepribadian koleris.

      • Langsung ke pokok masalah.
      • Singkat dan spesifik.
      • Berpikir dengan pola menjawab pertanyaan “APA?”
      • Berpikir dengan orientasi hasil.
      • Memecahkan masalah.
      • Bersikap logis dan masuk akal.
      • Cari permasalahan untuk diselesaikan.
      • Setuju dengan fakta objektif, bukan dengan subyek manusia.
      • Dukung ucapan kita dengan penuh kredibilitas dan postur tubuh.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Secara alami orang sanguinis adalah orang yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, senang berbicara, dan bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Hal ini membuat orang sanguinis cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, seperti presenter, sales, selebriti, motivator, dan jurnalis. Mereka adalah tipe kepribadian yang suka mengungkapkan ide dan perasaannya.

      Kebutuhan mendasar seorang sanguinis adalah pengakuan dan penghargaan (recognition). Orang sanguinis paling takut apabila mereka kehilangan teman atau popularitas. Mereka sangat suka menjadi bagian dari suatu kelompok, dan selalu ingin terlibat dalam kegiatan sosial atau bersenang-senang. Orang sanguinis memandang hubungan sebagai sesuatu hal yang sangat penting.

      Untuk bisa mencapai hasil maksimal dalam aspek kehidupannya, orang sanguinis membutuhkan kondisi dimana ada orang untuk diajak bicara, ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, mendapat pengakuan / penghargaan atas hasil kerjanya yang baik, dan terbebas dari tugas yang bersifat berulang dan banyak hal detail.

      Dalam kondisi ideal seperti ini barulah seorang sanguinis dapat berkembang secara maksimal dalam pekerjaan atau karirnya.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Potensi diri adalah kemampuan atau kelebihan dalam diri seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dikembangkan. Potensi diri ini melekat pada setiap orang, namun sayangnya tidak semua orang mampu untuk menggali dan mengembangkannya. Menggali kemampuan diri sendiri memang tidak mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggali potensi diri:

      • Menggali potensi diri bisa dimulai dengan mencari tahu apa yang menjadi passion kita, ketahui apa yang kita sukai, dan maksimalkan potensi kita pada bidang tersebut.
      • Setelah mengetahui passion kita, berikutnya adalah mencari tahu apa impian kita, dan sebisa mungkin untuk fokus pada impian tersebut.
      • Jangan takut untuk mencoba hal baru, karena dari sana mungkin saja kita dapat menemukan potensi kekuatan kita yang sesungguhnya.
      • Miliki motivasi yang kuat, karena motivasi tersebut nantinya akan membangkitkan semangat dalam menciptakan karya terbaik kita.
      • Tentukan goal yang spesifik, dengan demikian kita dapat mengembangkan potensi ke arah yang jelas dan mengetahui apa tujuan kita dalam hidup ini.
      • Buka dan perluas wawasan kita dengan terus belajar pengetahuan baru di sekitar kita, karena itu dapat membawa manfaat positif bagi kita, seperti memicu kreativitas dan lain-lain.
      • Jangan takut gagal, karena cara kita menyikapi kegagalan akan menentukan seberapa suksesnya diri kita, dan jangan biarkan kegagalan menghalangi kita dalam mengembangkan potensi diri.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Salah satu cara untuk menghargai hidup dapat dimulai dengan berpikir positif. Berhentilah mencari kekurangan dalam diri kita, karena hal itu dapat melemahkan diri kita sendiri. Mulailah untuk berfokus pada sifat-sifat positif yang kita miliki, dan jangan membandingkan diri kita dengan seseorang yang lebih baik. Tetapi berpikirlah tentang kelebihan kita yang tidak dimiliki oleh orang lain.

      Renungkan hal ini setidaknya lima menit dalam sehari. Karena dengan perenungan ini kita dapat melatih pikiran untuk lebih menghargai hidup kita saat ini.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  112. Dalam waktu dekat ini saya akan mengikuti pelatihan dan diakhiri dengan post test. Saya ingin hasil yang terbaik. Gaya belajar bagaimana sebaiknya yang harus saya lakukan dengan tipe kepribadian plegmatis ini? Setiap mengikuti pelatihan, saya selalu merasa hasilnya biasa saja.

    Reply
    • Orang plegmatis biasanya dikenal dengan pembawaannya yang tenang. Mereka suka akan rutinitas dan tidak akan pernah bosan dengan hal-hal seperti itu. Orang plegmatis senang mengerjakan satu hal pada suatu waktu tertentu. Tidak bisa banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Mereka senang melakukan pekerjaan yang monoton dan tanpa banyak variasi. Mereka lebih senang mengerjakan sesuatu dengan metode yang baku dan telah teruji.

      Dalam hal belajar, orang plegmatis membutuhkan banyak motivasi dan dorongan semangat. Ini karena mereka mudah down dan tidak suka mencoba hal-hal yang baru. Bagi orang plegmatis, mempelajari hal-hal baru dapat membuat mereka tersiksa dan tertekan. Tetapi dengan dorongan semangat, mereka akan semakin percaya diri dan termotivasi dalam belajar.

      Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Selain itu, orang plegmatis juga terkesan sangat pasif dalam belajar, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  113. Bagaimana gaya belajar tipe kepribadian melankolis, serta bagaimana sebaiknya sikap yang harus dimiliki tipe melankolis saat dihadapkan pada suatu masalah? Karena biasanya tipe melankolis ini lebih pada ke perasa saat dihadapkan pada suatu masalah.

    Reply
    • Salah satu sifat bawaan orang melankolis adalah sering murung dan berubah-ubah temperamennya (moody). Mereka lebih sering bereaksi terhadap lingkungan daripada memberi respon. Jika mereka menemui tantangan, hambatan atau cobaan maka mereka cenderung untuk cepat bereaksi dengan negatif.

      Mereka tidak bisa memberikan respon yang baik (tidak senang hati) apabila mereka dikatakan telah membuat suatu kesalahan atau mereka salah. Orang melankolis memiliki hasrat yang besar untuk selalu benar. Ini adalah suatu beban yang sangat berat untuk selalu dibawa, tetapi orang melankolis mau membawa beban ini.

      Dalam hal belajar, orang melankolis suka sekali dengan hal yang detail, seperti data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detail dan lengkap informasi yang mereka terima, mereka akan semakin suka. Dalam proses belajar biasanya orang melankolis akan sangat banyak bertanya, hal ini karena disebabkan dorongan untuk bisa mendapat lebih banyak informasi.

      Belajar bukanlah hal yang sulit bagi orang melankolis. Kebutuhan mendasar orang melankolis adalah jawaban yang bermutu (quality answer). Jika tidak bermutu mereka tidak akan menganggapnya sebagai sebuah jawaban. Mereka bisa belajar berjam-jam tanpa lelah, dan cenderung lupa waktu. Orang melankolis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang benar!
      • Jawab pertanyaan saya dengan informasi yang bermutu.
      • Berikan saya fakta, data, dan angka.
      • Ijinkan saya mengerjakan sedikit lebih banyak.
      • Jelaskan apa yang diharapkan dari saya.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Pada dasarnya tipe kepribadian koleris adalah orang-orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Ciri-ciri utama yang melekat pada orang koleris adalah dinamis, berjiwa pemimpin, suka akan perubahan, dan pembuat keputusan yang baik. Mereka adalah tipe kepribadian yang task oriented, mau bekerja keras untuk mencapai target, dan memiliki visi-misi yang jelas.

      Orang koleris merupakan pribadi yang berani menghadapi tantangan dan masalah, serta seorang problem solver yang praktis dan cepat. Sifatnya yang visioner dan pekerja keras membuat orang koleris tidak mengenal kata gagal dalam kamus hidupnya, yang ada hanyalah coba dan coba lagi hingga berhasil. Mereka tidak akan menyerah sebelum mendapatkan apa yang diinginkan.

      Selain itu orang koleris juga memiliki rasa percaya diri dan produktivitas kerja yang tinggi. Hal itu yang membuat mereka berpegang teguh pada keputusan yang diambil, dan juga berani mengambil risiko saat mengambil keputusan. Bisa dikatakan tipe kepribadian koleris mempunyai semua ciri-ciri atau sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

      Sebenarnya tidak ada lagi yang perlu dipersiapkan, karena menjadi seorang pemimpin adalah sifat alamiah dari orang koleris.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  114. Mengatasi kelemahan-kelemahan seorang sanguinis harus bagaimana? Sedangkan saya adalah seorang Kepala Sekolah TK, dan kepribadian saya yang dominan kedua adalah koleris. Mohon bantuannya untuk meminimalkan kepribadian pertama saya yang dominan sanguinis ini, sebagai seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan.

    Reply
    • Sebelumnya anda mungkin perlu menjelaskan lebih spesifik tentang kelemahan-kelemahan sanguinis yang anda maksud. Tetapi berdasarkan cerita yang anda sampaikan, dapat dilihat bahwa tipe kepribadian anda adalah kombinasi dari kepribadian sanguinis-koleris. Kepribadian sanguinis yang ceria, penuh semangat, mudah bergaul, dan people oriented, serta kepribadian koleris yang tegas, percaya diri, berjiwa memimpin, dan task oriented.

      Kombinasi tipe kepribadian ini termasuk dalam kelompok kepribadian ekstrovert, yaitu tipe kepribadian yang terbuka kepada orang. Orang ekstrovert biasanya sangat antusias terhadap hal baru dan suka sekali bergaul dengan banyak orang. Mereka umumnya sangat senang melakukan aktivitas sosial, berinteraksi dengan banyak orang, dan saling bertukar informasi. Selain itu orang ekstrovert juga dikenal sebagai pribadi yang komunikatif dan supel.

      Bisa dikatakan kombinasi kepribadian tersebut sudah sangat cocok dengan profesi anda saat ini sebagai Kepala Sekolah TK, tidak ada lagi sisi kepribadian yang perlu diminimalkan dalam diri anda.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Sebenarnya orang sanguinis kurang tepat apabila ditempatkan dalam posisi HRD. Hal ini disebabkan karena tipe kepribadian sanguinis emosinya cenderung tidak stabil, tidak disiplin, dan pola perilaku mereka sangat impulsif. Mereka mengalami kesulitan untuk mendengarkan orang lain, tetapi tidak mengalami kesulitan untuk berbicara. Bisa dikatakan orang sanguinis adalah pendengar yang yang buruk.

      Untuk posisi HRD akan lebih cocok apabila diisi dengan orang plegmatis, karena mereka adalah pribadi yang tenang, penyabar, cinta damai, dan bisa dipercaya untuk memegang rahasia. Orang plegmatis juga merupakan seorang pendengar yang baik dan sosok yang bisa diandalkan, sehingga mereka sangat cocok dengan pekerjaan-pekerjaan di HRD.

      Orang sanguinis adalah tipe kepribadian yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, ceria, heboh, dan senang berbicara. Pendek kata, tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian, dan bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Orang sanguinis adalah tipe kepribadian yang terbuka dan people oriented (cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain).

      Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, orang sanguinis akan lebih cocok untuk ditempatkan pada posisi Public Relations (PR), karena tanggung jawab seorang PR adalah menjaga reputasi perusahaan di depan masyarakat.

      Selain itu orang sanguinis juga cocok untuk ditempatkan pada posisi marketing atau sales. Karena orang sanguinis cenderung optimis dan influencing. Mereka dapat mempengaruhi orang lain dengan cara mereka yang menyenangkan, sehingga cocok untuk mempromosikan produk atau jasa kepada calon konsumen.

      Orang sanguinis adalah pembicara yang hebat dan dapat membuat orang percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang yang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan atau organisasi.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Secara alamiah biasanya orang melankolis sudah dikaruniai dengan bakat kecerdasan sejak lahir. Tidak heran, mereka bisa menjadi seorang jenius, bahkan ilmuwan atau orang-orang berbakat lainnya. Mereka suka sekali belajar dan menganalisa sesuatu, serta memikirkan hal-hal yang rumit. Bisa dibilang orang melankolis memang mempunyai otak yang di atas rata-rata.

      Belajar bukanlah hal yang sulit bagi orang melankolis. Mereka suka sekali dengan hal yang detail, seperti data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detail dan lengkap informasi yang mereka terima, mereka akan semakin suka. Dalam proses belajar biasanya orang melankolis akan sangat banyak bertanya, hal ini karena disebabkan dorongan untuk bisa mendapat lebih banyak informasi.

      Kebutuhan mendasar orang melankolis adalah jawaban yang bermutu (quality answer). Jika tidak bermutu mereka tidak akan menganggapnya sebagai sebuah jawaban. Mereka bisa belajar berjam-jam tanpa lelah, dan cenderung lupa waktu. Orang melankolis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang benar!
      • Jawab pertanyaan saya dengan informasi yang bermutu.
      • Berikan saya fakta, data, dan angka.
      • Ijinkan saya mengerjakan sedikit lebih banyak.
      • Jelaskan apa yang diharapkan dari saya.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Orang plegmatis kadang kala kurang bersemangat atau kurang motivasi. Hal ini karena orang plegmatis termasuk dalam kelompok tipe kepribadian yang introvert. Orang plegmatis sifatnya tertutup, cinta damai, dan menyukai sesuatu yang harmonis. Kebutuhan mendasar dari seorang plegmatis adalah penghargaan (appreciation). Mereka perlu untuk merasa dibutuhkan.

      Mereka lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Ini bukan karena mereka malas, tetapi mereka lebih suka untuk tidak mengerjakan apapun daripada mengerjakan sesuatu dan ternyata salah. Orang plegmatis paling nyaman apabila mereka bekerja sebagai individu yang pemalu, lembut, stabil, mantap, manis, sentimental, merendah dan menerima.

      Untuk dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih ceria, kita harus memahami apa yang menjadi kunci motivasi dari tipe kepribadian tersebut, dan untungnya setiap kepribadian memiliki kunci motivasi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah kunci motivasi untuk tipe kepribadian plegmatis:

      • Suka dengan gaya hidup yang stabil
      • Suka menyenangkan orang lain
      • Suka orang yang menikmati hidup
      • Suka merasa dihargai
      • Suka dengan rutinitas
      • Suka diberitahu apa yang harus dikerjakan
      • Menikmati menyelesaikan tugas
      • Bahagia bila melihat orang lain bahagia

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  115. Halo min. Aku mau nanya. Apakah kepribadian kita memang bisa berubah karena pengalaman masa lalu? Misalnya dulu ketika kecil kita punya kepribadian sanguin ketika dewasa berubah menjadi melankolis atau bahkan koleris?

    Reply
    • Pada dasarnya tipe kepribadian seseorang cenderung menetap dan tidak bisa berubah. Sangat sulit untuk mengubah kepribadian yang sudah menjadi bagian dari identitas seseorang, apalagi kepribadian tersebut sudah melekat dan bertahan selama bertahun-tahun. Setiap manusia tidak bisa memilih kepribadiannya, karena kepribadian tersebut adalah hadiah dari sang pencipta saat manusia dilahirkan.

      Meskipun sangat sulit, tetapi tidak menutup kemungkinan kepribadian seseorang untuk berubah. Hal ini biasanya terjadi apabila seseorang mengalami suatu peristiwa atau perubahan drastis dalam hidupnya, sehingga membuat orang tersebut menginginkan perubahan di dalam hidupnya. Butuh suatu usaha atau momen yang benar-benar kuat agar seseorang bisa mengalami perubahan kepribadian.

      Karena semakin kuat suatu momen atau kejadian, maka akan semakin tertanam dan memotivasi seseorang untuk merubah kepribadiannya, atau minimal merubah sikap dan perilakunya.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  116. Jurusan dan pekerjaan seperti apa yang cocok untuk kepribadian tipe plegmatis? Dan kepribadian mana yang cocok untuk menjadi pasangan plegmatis?

    Reply
    • Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan yang telah diberikan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka bisa tahan duduk berjam-jam melakukan sesuatu yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari, minggu ke minggu, bahkan bulan ke bulan. Suatu yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh tipe kepribadian lain.

      Orang plegmatis bisa dipercaya untuk memegang rahasia, mudah diatur, sangat toleran, dan cinta damai, sehingga orang plegmatis cocok untuk menjadi penengah. Mereka sangat terorganisir hidupnya, konservatif, dan cakap di bidang-bidang administratif atau birokratif.

      Selain itu, orang plegmatis adalah pendengar yang baik, sopan, dan punya aturan yang baik dalam bersosialisasi. Mereka memiliki sifat peduli dan simpatik yang tinggi kepada orang lain yang kesulitan. Karena itulah orang plegmatis paling cocok dengan pekerjaan yang berorientasi pada orang (people oriented), seperti perawat, programer, perbankan, psikolog, diplomat, dokter, guru.

      Kepribadian yang cocok untuk menjadi pasangan plegmatis adalah tipe kepribadian koleris. Meskipun kedua tipe kepribadian ini memiliki sifat yang berkebalikan dan tempramen yang berbeda, tetapi hal itu justru berpotensi untuk saling melengkapi satu sama lain.

      Hanya orang plegmatis yang dapat mengimbangi sifat kepemimpinan koleris yang suka memerintah ini itu. Karena sifat alamiah plegmatis memang lebih suka menjadi seorang pendukung, dan tidak pernah terobsesi untuk memegang kontrol atau menjadi pemimpin.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  117. Bagaimana cara paling tepat untuk berkomunikasi dengan orang melankolis (saya) saat dalam fase depresi ingin bunuh diri. Kata-kata apa yang paling jitu bisa membuat saya berhenti berpikir dan berusaha bunuh diri saat saya sudah tidak bisa mempertimbangkan dampak baik dan buruk dari keputusan saya?

    Reply
    • Pada dasarnya orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung mudah tertekan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mereka selalu menetapkan standar yang tinggi dan cenderung untuk melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Sifat perfeksionis inilah yang membuat orang melankolis sangat mudah menyalahkan dirinya sendiri (self blaming), apabila sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan.

      Selain itu orang melankolis adalah pribadi yang tertutup sehingga susah untuk bergaul dan bersosialisasi, mereka tidak sembarangan dalam membina hubungan dengan orang lain. Sifat tertutup inilah yang membuat orang melankolis sulit untuk mengutarakan rasa kecewa terhadap lingkungannya. Baik itu kepada teman, keluarga, atau siapa pun. Akibatnya, orang melankolis sering mengambil keputusan berdasarkan prasangka. Hal inilah yang membuatnya sering dihinggapi perasaan depresi.

      Syarat utama untuk sembuh dari depresi adalah dengan mengubah pandangan dan pola pikir kita. Salah satunya bisa dimulai dengan beberapa hal berikut:

      • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran.
      • Mengenali masalah yang menyebabkan depresi.
      • Mana yang bisa diselesaikan dan masalah mana yang harus kita jalani dalam hidup.
      • Menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
      • Menetapkan tujuan hidup yang akan meningkatkan kualitas hidup.

      Sebenarnya depresi adalah hal wajar yang dapat terjadi pada semua orang. Namun apabila depresi tersebut berlanjut hingga fase ingin bunuh diri, itu tandanya bahwa depresi itu sudah membelit cukup lama. Untuk itu kami sarankan menghubungi psikoterapis adalah pilihan yang terbaik. Karena psikoterapis dapat membantu mengatasi gangguan depresi dengan pendekatan psikologi.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Sebenarnya orang koleris memang kurang cocok untuk bekerja di bidang keuangan atau finance. Hal ini dikarenakan orang koleris pada dasarnya tidak suka dengan hal-hal yang bersifat rutinitas, lambat, dan berulang-ulang. Mereka juga mudah bosan dengan hal-hal yang bersifat detail atau monoton.

      Kebutuhan mendasar seorang koleris adalah tantangan, pilihan, dan pengendalian. Karena itu orang koleris lebih cocok dalam pekerjaan yang berhubungan dengan kepemimpinan, seperti supervisor, koordinator lapangan, menjadi ketua dalam sebuah tim, atau direktur sebuah perusahaan.

      Dalam lingkungan kerja, orang koleris membutuhkan suatu kondisi yang dinamis atau banyak perubahan. Mereka senang dengan banyak kegiatan atau tantangan yang berbeda, punya kebebasan untuk menentukan prioritas, dapat mengatur diri sendiri atau orang lain, punya kesempatan untuk maju, dan bisa terlihat hebat.

      Dengan kondisi ideal seperti ini barulah seorang koleris dapat berkembang dalam pekerjaan atau karirnya. Ibarat alat musik tentu akan berfungsi lebih maksimal di studio, bukan di perpustakaan.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Tipe kepribadian yang paling cocok untuk bekerja dalam bidang keungan atau finance adalah tipe kepribadian melankolis. Karena orang melankolis adalah tipe kepribadian yang berorientasi pada tugas (task oriented). Mereka sangat suka dengan grafik, angka, data, dan fakta.

      Orang melankolis suka sekali akan hal yang detail. Mereka adalah orang yang ahli dalam perencanaan dan analisis. Mereka hidup dengan sangat teratur, suka kerapian, dan secara akademis biasanya orang melankolis tergolong sebagai pribadi yang cerdas dan pandai.

      Orang melankolis tidak suka membuat kesalahan. Mereka melakukan perencanaan dan mengikuti rencana itu. Mereka sangat berhati-hati sekali dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. Orang melankolis suka menghitung (calculating). Mereka cenderung berpikir dengan metode hal yang mendasar. Mereka akan menghitung untung rugi dengan ketelitian yang sangat tinggi.

      Orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. Mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik dari pada tipe kepribadian lainnya. Orang melankolis melihat sesuatu secara setahap demi setahap. Mereka dapat mengerjakan sesuatu hal jauh lebih tekun dibandingkan tipe kepribadian yang lain.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Jika kamu seorang koleris, maka kamu adalah orang yang memiliki keinginan kuat, cenderung berpikiran keras, yakin, dan percaya diri. Secara alami orang koleris dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin atau leader. Kebutuhan mendasar seorang koleris adalah tantangan (challenge), pilihan (choice), dan pengendalian (control). Pada titik ekstremnya orang koleris bisa menjadi terlalu dominan dan mengatur.

      Pasangan yang ideal untuk seorang koleris adalah orang dengan tipe kepribadian plegmatis. Mengapa? Karena orang plegmatis adalah tipe pengikut setia atau follower. Mereka senang melakukan segala sesuatu berdasarkan perintah atau urutan yang telah diberikan. Sifat orang plegmatis cenderung diam, mengalah, menghindari konflik, sangat toleran dan mudah diatur. Mereka sangat baik dalam menerima perintah dan selalu ingin menyenangkan orang lain.

      Ketika melakukan pendekatan dengan orang plegmatis, cobalah membuat suasana menjadi lebih santai dan jangan membuat mereka takut. Gaya kepribadian koleris yang keras dan agresif dapat menjadi hal yang menakutkan bagi orang plegmatis. Cobalah berlaku ramah, berikan mereka kesempatan untuk mengolah cerita atau percakapan yang sedang berlangsung.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
  118. Saat melakukan tes ini, saya juga melakukan tes lain yang sejenis. Mengapa selalu 2 kepribadian yang muncul? Plegmatis dan Melankolis. Saat saya cermati dari kedua kepribadian tersebut, masing-masing darinya ada dalam diri saya, tapi sebagian tidak. Apa maksudnya? Saya minta tolong penjelasannya, terima kasih. Mohon maaf merepotkan.

    Reply
    • Tipe kepribadian plegmatis dan Melankolis mempunyai 1 kesamaan, yaitu mereka tergolong dalam kelompok tipe kepribadian yang introvert atau tertutup. Sederhananya introvert adalah kepribadian yang lebih fokus dalam memperhatikan diri sendiri.

      Orang-orang introvert ini biasanya lebih memfokuskan terhadap apa yang ada dalam dirinya daripada hal lain diluar dirinya. Sifat-sifat seperti ini banyak ditemukan dalam tipe kepribadian plegmatis dan melankolis. Untuk tahu lebih dalam tentang kepribadian introvert, kamu bisa membacanya di artikel Kamu Seorang Introvert? Yuk Cari Tahu Disini.

      Mengapa saat melakukan tes bisa muncul 2 tipe kepribadian? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki 4 tipe kepribadian dalam dirinya, hanya saja masing-masing kepribadian tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda. Artinya dalam diri kita semua ada unsur koleris, sanguinis, plegmatis, dan melankolis.

      Dari perbedaan kadar tersebut, muncullah beberapa kombinasi dari 2 tipe kepribadian yang paling dominan, diantaranya koleris-sanguinis, sanguinis-plegmatis, plegmatis-melankolis, dan melankolis-koleris. Karena itu kecil sekali kemungkinan kita dapat menemukan seseorang yang sepenuhnya dominan dengan 1 tipe kepribadian saja, seperti plegmatis sejati atau melankolis sejati.

      Nah kadar perbedaan dari setiap kepribadian inilah membuat kita menjadi sebuah pribadi yang unik. Pada bagian mana kita dominan, itulah yang membentuk diri kita, dan hal itulah yang membedakan kita dari orang lain. Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang memiliki komposisi kepribadian yang sama. Dan yang paling penting adalah tidak ada satupun dari tipe kepribadian ini yang lebih baik atau lebih buruk daripada lainnya.

      Semoga bermanfaat.

      Reply
    • Setiap tipe kepribadian memiliki pendekatan gaya belajar yang berbeda-beda. Orang koleris dikenal sangat mandiri dan sangat percaya diri, termasuk dalam hal belajar. Mereka adalah pembelajar yang cepat. Orang koleris tidak memerlukan waktu lama untuk memahami apa yang diajarkan. Orang koleris mudah beradaptasi. Mereka bisa belajar di mana saja, selama itu ringkas dan praktis. Hanya saja orang koleris mudah bosan dalam mengerjakan hal-hal yang sifatnya monoton dan detail.

      Orang koleris akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • “Saya mau melakukan menurut cara saya!”
      • “Ini mengenai apa?”
      • “Ijinkan saya membantu mengajar di kelas”
      • “Jangan bertele-tele, langsung ke pokok masalah”
      • “Biarkan saya yang memegang kendali”

      Semoga bermanfaat.

      Reply

Tes Kepribadian

Tes kepribadian ini akan membantu kamu merangkai kepingan-kepingan dari teka-teki kepribadianmu menjadi satu. Sehingga kamu dapat mengetahui tipe kepribadianmu yang sebenarnya, dan membantu kamu untuk berinteraksi dalam kegiatan berkelompok, lingkungan kerja, atau berhubungan dengan orang lain.

Selama ini kita mengenal seseorang berdasarkan dari kepribadian mereka. Ada orang dengan kepribadian yang keras, ceria, pendendam, pendiam, pemarah, mudah bersahabat, sabar, santai, perfeksionis, optimis, pesimis, dan masih banyak istilah lainnya untuk menggambarkan diri seseorang.

Jika diamati sekilas, kelihatannya akan sangat sulit untuk mempelajari dan memahami begitu banyak tipe kepribadian seseorang. Tetapi untungnya meskipun tampak rumit, kepribadian manusia itu mempunyai suatu pola dan dapat diprediksi.

Pola tersebut mungkin akan terlihat sangat sulit dimengerti bagi orang yang tidak tahu cara membacanya, tetapi melalui tes kepribadian ini kamu dapat membaca dan mengetahui pola tipe kepribadian itu secara langsung dengan mudah.

Pada dasarnya tipe kepribadian manusia ini dibagi menjadi 4, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis dan Melankolis. Dimana setiap orang memiliki perpaduan yang sangat unik dari masing-masing tipe kepribadian ini.

Perpaduan tersebut nantinya akan mempengaruhi kehidupan seseorang dalam banyak aspek, seperti tindakan, cara berkomunikasi, mengambil keputusan, bagaimana menghindari konflik, dan masih banyak lagi.

Dengan memahami tipe kepribadian seseorang, kita dapat mengambil langkah proaktif untuk mendekati dengan cara yang mereka suka, menempatkan pada lingkungan dimana mereka akan merasa nyaman, dan membuat mereka bereaksi positif.

Tes kepribadian ini dapat menyingkat waktu kita untuk berusaha mengerti dan memahami orang lain, karena kita dapat mengenal seseorang lebih mudah dengan memperhatikan kepribadiannya.

Tes Kepribadian Koleris

Tes Kepribadian Koleris

Kepribadian Koleris memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang dinamis, mereka adalah pembuat keputusan yang baik, dan memiliki tujuan hidup yang produktif. Koleris adalah pribadi yang menyukai kebebasan, selalu bekerja keras, dan berani mengambil resiko.

Mereka pantang menyerah dan memiliki dorongan serta keyakinan yang kuat akan kemampuan dalam diri mereka. Ketika mengalami kegagalan, orang koleris akan terus berusaha dengan mencoba dan mencoba lagi. Dengan kata lain, tidak ada kata "gagal" dalam kamus mereka.

Orang koleris sangat menuntut, dan suka memerintah. Jika tidak berhati-hati, mereka akan sangat mudah menjadi seorang diktator. Mereka adalah pribadi yang fokus pada tujuan. Karena sifat kepemimpinannya, mereka susah untuk mengalah, keras kepala, dan mudah terpancing emosinya.

Pada dasarnya koleris adalah tipe kepribadian yang dinamis, aktif, tegas, berkemauan kuat, dan mempunyai sifat keras. Dalam hubungan sosial mereka umumnya berpikir praktis dan sangat blak-blakan. Dalam berpakaian orang koleris tidak mementingkan model pakaian tetapi lebih mementingkan fungsi dari pakaian itu.

Orang koleris biasanya duduk sangat tegak, begitu pula ketika berjalan, tegak dengan kepala terangkat ke atas. Orang koleris tidak suka menunjukkan kehangatan dan empati secara terbuka. Mereka jarang menangis, dan tidak senang menunjukan perhatian atau sikap hangat pada orang lain.

Cara mereka untuk menunjukkan perhatian atau kasih sayang dengan membeli sesuatu atau menghasilkan sesuatu bagi orang yang mereka sayangi. Jumlah orang koleris di masyarakat berkisar 10% dari total populasi. Kebutuhan mendasar seorang koleris adalah tantangan, pengendalian, dan pilihan.

Dalam menjalin hubungan, orang koleris akan sangat mudah bergaul dengan orang sanguinis dan melankolis. Jika bersama orang sanguinis maka orang koleris bisa bersenang-senang, dan tidak melakukan kegiatan yang monoton (itu-itu saja), karena ada banyak kegiatan variatif, seperti mencoba menu makanan baru, atau tempat nongkrong baru.

Hubungan ini akan sangat membantu mengurangi ketegangan orang koleris. Orang koleris juga cocok dalam menjalin hubungan dengan orang melankolis. Karena perkataan orang melankolis bisa dipegang dan tepat. Orang melankolis merupakan teman ngobrol yang tepat dalam membahas segala sesuatu yang serius, dan mereka bisa memberikan dukungan yang tulus kepada orang koleris.

Orang koleris agak sulit dalam menjalin hubungan dengan orang plegmatis, ini disebabkan karena orang koleris senang dengan perubahan dan hal baru yang penuh tantangan, sedangkan orang plegmatis tidak suka akan perubahan. Jika berubahpun orang plegmatis akan membutuhkan waktu lama. Orang koleris cenderung memandang orang plegmatis sebagai orang yang tidak memiliki masa depan, karena selalu hidup monoton.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang koleris paling cocok dipimpin oleh sanguinis, karena orang sanguinis banyak maunya, terkadang bisa dikatakan cepat bosan, dan kemauannya bisa dikelola serta diwujudkan oleh orang koleris. Selain itu orang koleris juga bisa menjadi pemimpin di lapangan dan memiliki inisiatif yang bernyali, atau eksekutor.

Komunikasi antara keduanya bisa nyambung, karena orang sanguinis punya banyak ide dan keinginan, sedangkan orang koleris adalah orang yang cukup gila kerja. Mereka butuh diberi tantangan dan stimulus.

Orang koleris akan sangat tersiksa jika pemimpinnya adalah orang plegmatis, karena banyak hal yang dikerjakan adalah pekerjaan yang penuh rutinitas, sedangkan orang koleris sangat butuh tantangan dan banyak hal baru.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang koleris paling cocok memimpin orang melankolis, karena mereka sangat bisa merumuskan kemauan orang koleris. Ketika orang koleris berkata "saya mau membangun gedung" maka orang melankolis akan merumuskan, merinci biaya yang dibutuhkan, mencari info kontraktor terpercaya dengan harga yang masuk akal, dan memastikan kapan gedung itu selesai.

Semua itu akan diperinci dan dirumuskan dengan baik oleh orang melankolis. Karena dalam bekerja orang melankolis butuh arah dan tujuan yang jelas, dan bukan arah yang berubah-ubah. Dalam sebuah tim, orang koleris cocok untuk menjadi pemimpin, karena mereka cakap dalam mengatasi krisis.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang cocok untuk orang koleris.

  • Bankir
  • Sales
  • Pengacara
  • Jaksa
  • Security
  • Direktur
  • Politikus
  • Motivator
  • Perhotelan
  • Entrepreneurship

Tes Kepribadian Sanguinis

Tes Kepribadian Sanguinis

Kepribadian Sanguinis adalah individu dengan kepribadian yang khas, mereka bagaikan matahari yang menerangi setiap pertemuan, dan membuat suasana menjadi semakin ceria. Kepribadian sanguinis bisa disimbolkan sebagai sistem saraf yang mampu menyerap berbagai macam ide, gambar, hingga sensasi, yang kemudian ditampilkannya dalam sebuah perilaku spontanitas.

Biasanya orang sanguinis tidak pernah menemukan masalah dalam kehidupan sosialnya karena mereka mudah bergaul dan akrab dengan semua orang. Meskipun orang sanguinis bukanlah seorang pemimpin dalam sebuah kelompok, namun mereka selalu ingin tampil lebih mencolok dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya.

Orang sanguinis cenderung tampak hidup, optimistis, memiliki emosi yang meluap-luap, dan sikap acuh tak acuh. Dalam berpakaian orang sanguinis gemar memakai pakaian berwarna cerah dengan beragam aksesoris. Pendek kata, tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian.

Orang sanguinis akan berjalan dengan gayanya yang ceria dan akan menoleh ke kiri kanan, dan melempar banyak senyuman kepada orang-orang di sekitarnya. Orang sanguinis dikenal mempunyai karakter yang menarik, emosional, suka bicara, menghidupkan suasana, antusias, ekspresif, periang, dan penuh semangat. Mereka adalah individu yang penuh inspirasi, dan sangat terbuka kepada orang lain.

Di balik sisi positifnya, orang sanguinis agak susah untuk berkosentrasi pada suatu hal, mereka cenderung pelupa, dan memiliki sifat seperti anak-anak. Orang sanguinis seringkali bersikap egois, suka terlambat, dan membuat masalah kecil menjadi besar.

Jumlah orang sanguinis di masyarakat berkisar 25% - 30% dari total popilasi. Kebutuhan mendasar seorang sanguinis adalah pengakuan dan penghargaan.

Dalam menjalin hubungan, orang sanguinis akan sangat mudah bergaul dengan orang koleris dan plegmatis. Jika bersama orang koleris, maka komunikasi mereka akan nyambung, karena orang sanguinis bisa membawa segudang idenya yang tidak dijalankan, dan jika disampaikankan kepada orang koleris biasanya mereka tahu bagaimana cara mewujudkan ide-ide tersebut.

Berbeda dengan orang koleris dalam merespon, orang plegmatis cenderung bersikap menerima, dan hanya menampung informasi dari orang sanguinis dengan baik. Orang plegmatis akan berperan sebagai seorang yang mau mendengar tanpa memotong, bagaikan spon yang menyerap ketegangan orang sanguinis dalam bentuk ocehan yang tiada hentinya.

Orang sanguinis agak sulit menjalin hubungan dengan orang melankolis, hal ini disebabkan karena orang sanguinis sangat bersahabat, dan senang bercakap-cakap dengan siapa saja sedangkan orang melankolis cenderung tidak suka bersosialisasi. Orang sanguinis yang suka bercanda akan menganggap orang melankolis sebagai pribadi yang membosankan, karena mereka selalu serius dan perfeksionis.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang sanguinis paling cocok dipimpin oleh orang plegmatis, karena orang sanguinis adalah salah satu kepribadian yang paling banyak idenya, dan juga banyak maunya, tetapi kurang bisa fokus untuk bisa mewujudkan ide tersebut.

Pembawaan mereka yang santai dan tidak suka tekanan akan sangat cocok untuk menjadi anak buah seorang plegmatis, karena dengan memiliki pemimpin seorang plegmatis hubungan mereka bisa seperti orangtua dan anak.

Orang plegmatis mau mendengar ide-idenya, sedangkan orang sanguinis akan berada di lingkungan yang nyaman, sehingga banyak kreatifitas yang akan terus hadir. Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang sanguinis paling cocok untuk memimpin orang koleris, karena mereka adalah orang yang bisa menjadi eksekutor bagi orang sanguinis untuk mewujudkan ide-idenya.

Orang koleris akan menjadi yang terdepan dalam mewujudkan apa yang ada di kepala orang sanguinis. Disamping itu orang koleris juga selalu butuh tantangan dan variasi dalam bekerja, tentunya ini adalah kombinasi yang sangat cocok.

Dalam sebuah tim, orang sanguinis adalah individu yang partisipatif, mereka adalah pembicara yang hebat, dan memiliki sikap positif, sehingga orang lain senang untuk bekerja sama dengannya. Orang sanguinis kuat dalam hal pencarian ide (brainstorming), dan mereka mampu memberikan respon dengan baik dalam situasi yang tidak terduga.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang cocok untuk orang sanguinis.

  • Tour and Travel
  • Sales
  • Asuransi
  • Network Marketing
  • Telemarketing
  • Public Speaking
  • Event Organiser
  • Cafe and Resto
  • Humas
  • Motivator

Tes Kepribadian Plegmatis

Tes Kepribadian Plegmatis

Kepribadian Plegmatis adalah tipe kepribadian yang selalu cinta damai. Mereka dikenal sebagai pribadi yang pengertian, sabar, mudah diatur, dan bisa menghargai pendapat orang lain. Orang plegmatis lebih senang menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang di sekitarnya.

Mereka adalah individu yang sangat suka dengan keteraturan, mudah bergaul, menginginkan rasa aman, dan tidak suka dipaksa. Pribadi ini cenderung suka menunda sesuatu, dan kurang antusias terhadap hal-hal baru.

Umumnya orang plegmatis tidak suka konflik atau keributan, mereka cenderung diam, mengalah, dan ingin menyenangkan orang lain. Mereka sangat netral, dan akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya suatu masalah.

Seandainya keributan tidak bisa dihindari maka orang plegmatis akan lebih memilih untuk mengalah. Mereka adalah tipe kepribadian yang paling menyenangkan untuk dijadikan teman, karena mudah diajak bergaul, sabar, dan menyenangkan.

Selain itu orang plegmatis juga sangat setia terhadap orang-orang di sekitarnya, baik sebagai seorang teman maupun pasangan. Bisa dikatakan bahwa orang plegmatis adalah individu yang istimewa, mereka cenderung lembut, manis, dan mengalah terhadap orang lain.

Hal ini tentunya sangat berlawanan dengan tipe kepribadian koleris yang cenderung keras dan menuntut. Orang plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia.

Mereka bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh orang koleris atau sanguinis. Orang plegmatis adalah tipe kepribadian yang tertutup.

Jumlah orang plegmatis di masyarakat berkisar sekitar 30% - 35 % dari total populasi. Kebutuhan mendasar seorang plegmatis adalah penghargaan. Mereka perlu untuk merasa dibutuhkan.

Dalam menjalin hubungan, orang plegmatis akan sangat mudah bergaul dengan orang sanguinis dan melankolis. Bersama orang sanguinis, mereka akan mendapatkan rasa tenang, persahabatan, dan penerimaan yang tulus. Karena orang sanguinis adalah tipe kepribadian yang menikmati hidup.

Orang plegmatis sangat tidak suka dengan perubahan, karena itu adalah hal yang membuat cemas dalam diri mereka. Bersama orang melankolis, mereka akan mendapatkan kepastian, dan arahan yang jelas dalam hidupnya.

Orang melankolis dapat menjelaskan dengan detail seperti apa perubahan yang akan terjadi, dan bagaimana cara mereka menghadapinya. Sedangkan orang sanguinis akan menjadi supporter bagi mereka dalam menjalani perubahan tersebut.

Orang plegmatis agak sulit menjalin hubungan dengan orang koleris. Hal ini disebabkan karena orang koleris senang dengan tantangan dan perubahan yang cepat, sedangkan orang plegmatis tidak dapat melakukan hal tersebut.

Orang plegmatis akan mudah tertekan jika menghadapi relasi seperti ini. Bagaikan tikus ditaruh di kandang ular, kecemasan yang tinggi akan terus menghantui mereka.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang plegmatis paling cocok dipimpin oleh orang melankolis. Karena orang plegmatis butuh arahan yang jelas dalam bekerja, bahkan jika perlu harus detail. Tanpa arahan yang jelas akan membuat orang plegmatis frustasi dalam bekerja.

Orang plegmatis biasanya cenderung tertutup, mereka jarang bertanya dan jarang minta bantuan kepada orang lain. Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang plegmatis paling cocok memimpin orang sanguinis. Karena orang plegmatis adalah tipe pemimpin yang mengayomi, cocok untuk memimpin orang sanguinis.

Orang plegmatis adalah pemimpin yang respek terhadap orang lain, mereka mau mendengarkan saran dari orang lain, dan menghindari konflik berlebihan dengan bawahannya.

Dalam kondisi seperti ini orang sanguinis akan sangat senang, karena mereka dapat bekerja dengan produktif, dimana ide dan kemampuan mereka dapat berkembang maksimal. Walaupun bukan orang sanguinis sendiri yang mewujudkan idenya, tetapi ada orang lain yang lebih kompeten untuk mewujudkan ide tersebut.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang cocok untuk orang plegmatis.

  • Pendidikan
  • Penulis
  • Event Organiser
  • Psikolog
  • Lifestyle
  • Perawat
  • Desainer
  • Diplomat
  • Filosof
  • Administrasi

Tes Kepribadian Melankolis

Tes Kepribadian Melankolis

Kepribadian Melankolis adalah tipe kepribadian yang serius, tenang, dan tertutup, namun cerdas, dan kritis dalam berpikir. Mereka biasanya lebih berfokus pada sebuah cara atau proses daripada tujuan. Orang melankolis kurang bisa menyuarakan pendapatnya, mereka seringkali bersikap skeptis dan pesimis, serta kurang mampu bersosialisasi dengan baik.

Kepribadian melankolis ini bisa digambarkan sebagai orang perfeksionis yang memiliki sifat serius, sensitif, artistik, dan tidak begitu menyukai perhatian. Tetapi mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik dari pada tipe kepribadian lainnya.

Orang melankolis sangat ahli dalam perencanaan dan analisis. Hidup mereka sangat teratur, suka kerapian, dan secara akademis biasanya tergolong orang yang cerdas. Cara berpakaian orang melankolis selalu tampak rapi, dan mementingkan padu padan dalam warna maupun gaya, bagi orang melankolis penampilan adalah nomor satu.

Orang melankolis sangat berhati-hati dengan kata-kata, ucapan, dan tindakan yang dilakukannya. Semua hal selalu dipertimbangkan terlebih dulu oleh mereka, karena orang melankolis adalah individu yang cakap, tidak suka membuat kesalahan, dan penuh perhitungan terhadap segala sesuatu.

Jumlah orang melankolis di masyarakat berkisar 20% - 50% dari total populasi. Kebutuhan mendasar orang melankolis adalah jawaban yang bermutu. Jika memberikan jawaban tanpa komponen yang bermutu, maka mereka tidak akan menganggap itu sebagai sebuah jawaban.

Dalam menjalin hubungan, orang melankolis akan sangat mudah bergaul dengan orang plegmatis dan koleris. Ini dikarenakan orang plegmatis adalah pribadi yang cocok untuk menampung segala keluh kesah orang melankolis yang mungkin frustasi dengan problema kehidupannya, dimana mereka seringkali dituntut untuk selalu sempurna oleh dirinya sendiri.

Sedangkan orang melankolis bisa memberikan timbal balik kepada orang plegmatis berupa arahan atau tuntunan yang sistematis dan jelas. Bersama orang koleris, mereka akan mendapatkan tugas yang disukai, berbicara teknis dalam melaksanakan tugas, dan hal-hal detil dalam bekerja.

Orang melankolis dan koleris akan sangat cocok, karena mereka berdua adalah tipe kepribadian yang task oriented. Tetapi orang melankolis agak sulit menjalin hubungan dengan orang sanguinis, ini dikarenakan orang sanguinis kurang bisa serius dan suka bercanda, sedangkan orang melankolis cenderung serius dalam menjalani hidup.

Orang melankolis terbiasa memiliki tujuan hidup yang jelas, teratur, dan tepat waktu. Dimana sangat berbeda dengan orang sanguinis yang memegang prinsip hidup mengalir saja.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang melankolis paling cocok dipimpin oleh orang koleris, karena dalam bekerja orang melankolis butuh arah atau tujuan yang jelas, dan tidak berubah-ubah. Orang koleris adalah seorang pendorong dan pelaksana.

Mereka memiliki visi kedepan dan tujuan yang jelas dalam setiap aspek kehidupannya. Karena itu mereka membutuhkan orang melankolis untuk merumuskan rencananya hingga detail. Karena orang melankolis dapat membuat perincian untuk setiap biaya yang dibutuhkan, menghitung harga yang masuk akal, dan memastikan kapan rencana itu bisa terwujud.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, orang melankolis paling cocok memimpin orang plegmatis, ini karena orang plegmatis butuh instruksi yang jelas dalam bekerja, sedangkan orang melankolis bisa merumuskan hal-hal penugasan yang detail kepada orang plegmatis.

Hal seperti ini sangat disukai oleh orang plegmatis, karena mereka bisa tahu bagaimana cara mengerjakannya. Sehingga orang plegmatis tidak perlu cemas akan hasil akhir dari pekerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang cocok untuk orang melankolis.

  • Programmer
  • Akuntan
  • Konsultan
  • Apoteker
  • Dokter
  • Peneliti
  • Perpajakan
  • Quality Control
  • Auditor
  • Paralegal

Mungkin kamu mengikuti tes kepribadian ini hanya untuk mengetahui tipe kepribadianmu, atau orang terdekat. Tetapi sebenarnya ada banyak manfaat dan keuntungan lebih yang bisa kamu dapatkan dari tes kepribadian ini.

Jika kamu seorang profesional yang sedang fokus pada karier maka pengetahuan ini akan mengantarmu menjadi pribadi yang menyenangkan, dan mampu beradaptasi dengan banyak orang yang berbeda tipe kepribadian. Jika kamu adalah orangtua, maka kamu dapat berkomunikasi lebih baik dengan anak dan pasangan.

Kepribadian manusia sudah diberikan sejak mereka dilahirkan. Kamu bisa saja terlahir sebagai orang dengan tipe kepribadian koleris, sanguinis, plegmatis, atau melankolis.

Seringkali orang tidak memahami hal ini, bahwa kepribadian sudah menjadi satu paket kehidupan saat seseorang dilahirkan. Pahami prinsip ini, bahwa kepribadian adalah pemberian dan bukan bentukan.

Tetapi jika kamu bertanya apakah hal ini bisa dibentuk dan diperbaiki, maka jawabannya adalah bisa! Pahami prinsip ini maka kamu akan mudah memahami orang lain. Banyak orang yang ingin tampil beda, tetapi apakah mereka juga memiliki keinginan yang sama dalam menerima perbedaan?

Semoga bermanfaat.

Visit revocter.com