Yuk Mulai Tes Kepribadian

Tes kepribadian ini akan mengungkap tipe kepribadianmu yang paling dominan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan mengetahui siapa diri kita sebenarnya, bagaimana cara kita bertindak, dan menyesuaikan diri dengan orang lain.

Mengapa kita perlu mengenali tipe kepribadian? Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya.




Pada tes kepribadian ini tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 4 macam, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Setiap orang memiliki proporsi tipe kepribadian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Nah, dengan memahami keunikan tipe kepribadian tersebut, maka kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri kita, serta bagaimana kita mengambil keputusan dalam bertindak.

Kini kamu bisa mengikuti tes kepribadian ini secara GRATIS!! Pilihlah 1 jawaban pada setiap pernyataan di tes kepribadian ini yang kamu anggap paling mewakili dirimu. Jawablah dengan jujur!!




Yuk Mulai Tes!

0%

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diriku

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mencerminkan Diriku

Pernyataan Ini Serupa Dengan Diriku

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diriku

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diriku

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Peryataan Ini Serupa Dengan Diriku

Pernyataan Ini Mewakili Diriku

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diriku

Pernyataan Ini Mencerminkan Diriku

Tes Kepribadian Online
Aku Seorang Koleris

Kepribadian Koleris

Tipe kepribadian ini dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Mereka cenderung bersifat tegas, mandiri, ambisius, dan tidak suka basa-basi. Orang dengan tipe kepribadian koleris mempunyai energi yang sangat besar dan memiliki keinginan yang kuat. Energi ini membuat mereka mempunyai semangat yang tinggi, dinamis, pantang menyerah, dan tidak takut akan kegagalan.

Orang koleris memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan berani mengambil risiko. Mereka bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka cenderung mementingkan diri sendiri dan tidak suka diperintah orang lain. Individu ini bersifat argumentatif atau suka membantah, dan seringkali bosan dengan rutinitas,

Koleris mewakili tipe kepribadian yang aktif, cekatan, dan sangat independen. Mereka digambarkan sebagai penuntut, egosentris, berkemauan keras, ambisius, agresif, dan perintis. Tipe kepribadian ini sangat menyukai aktivitas dan tantangan untuk memotivasi diri mereka.

Semangat, dorongan, dan keyakinan adalah hal yang paling penting bagi mereka. Sekalipun mendapat kegagalan, orang koleris akan senantiasa terus berusaha dengan semangat yang mereka punya. Orang koleris tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat. Mereka secara alami dapat melihat jawaban yang praktis terhadap suatu masalah.

Orang koleris merupakan tipe yang dominan dan mencolok dalam suatu kelompok kerja. Mereka biasanya menduduki tempat-tempat penting dalam suatu kelompok. Mengerjakan beberapa hal sekaligus adalah hal yang biasa bagi mereka.
Aku Seorang Sanguinis

Kepribadian Sanguinis

Tipe kepribadian ini suka bercanda, senang berteman, cenderung emosional, dan pandai mempengaruhi orang lain melalui bicara dan aktivitasnya. Orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat terbuka, dan cenderung optimis. Mereka bersemangat mengenai hampir segala hal, dan sangat peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir.

Orang sanguinis suka menghibur orang lain dan bersifat sosial. Dalam penyelesaian masalah atau mengerjakan sesuatu, mereka banyak mengandalkan keterampilan sosial. Mereka bersifat interpersonal, senang berpartisipasi dalam kelompok, dan suka bekerja sama. Keterbukaan sikapnya membuat orang lain memandang dirinya sebagai pribadi yang gampang bergaul dan ramah. Biasanya pribadi seperti ini memiliki banyak teman.

Sanguinis mewakili tipe kepribadian yang populer, ceria dan heboh. Mereka digambarkan sebagai orang yang meyakinkan, antusias, persuasif, ekspresif, mudah percaya, dan optimis. Mereka adalah orang yang penuh inspirasi. Bagi mereka hidup adalah suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka punya cara untuk melihat sisi positif emosinya.

Mereka bersemangat mengenai hampir segala hal, dan sangat peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir, sayangnya, kadangkala mereka kurang memiliki ketegasan sehingga mereka sering diperalat oleh orang lain.

Orang sanguinis dapat mempengaruhi sesorang dengan cara yang menyenangkan. Mereka adalah pembicara yang hebat, dan dapat membuat orang lain percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang yang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan atau organisasi.
Aku Seorang Plegmatis

Kepribadian Plegmatis

Tipe kepribadian ini menginginkan rasa aman, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi. Mereka suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, dan mereka dapat diandalkan.

Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap.

Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka digambarkan sebagi orang yang tenang, berhati-hati, konsisten, berkeras hati, gigih, dan sabar. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

Mereka menjalani kehidupan dengan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi plegmatis ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat menghargai ketulusan.

Orang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman.
Aku Seorang Melankolis

Kepribadian Melankolis

Tipe kepribadian ini patuh pada peraturan dan struktur. Mereka suka melakukan pekerjaan yang berkualitas dan melakukannya dengan benar. Orang melankolis sangat idealis. Mereka ingin menjadi yang terbaik, dan berusaha mendapatkan yang terbaik. Orang melankolis sangat kuat dalam memegang prinsip, dan mengejar goal yang ingin mereka capai.

Orang melankolis adalah orang yang teliti, sangat tertarik pada presisi dan akurasi. Mereka menyukai segalanya serba teratur dan jelas. Mereka adalah orang yang berhati-hati, tepat, rapi, sistematis, diplomatis, akurat, bijaksana, dan cenderung suka curiga.

Melankolis mewakili tipe kepribadian yang rapi, detail, sangat analitis dan cenderung sensitif. Ciri-ciri yang sangat tampak adalah hidup yang sangat teratur dan suka kerapian. Mereka juga sangat menyukai data dan fakta. Orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. Mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik daripada tipe kepribadian yang lain.

Mereka tidak suka membuat kesalahan dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. Pribadi melankolis biasanya sangat berbakat, mereka sangat cerdas, dan selalu berpikir untuk mencari ide yang lebih baik. Mereka sangat fokus terhadap fakta, selalu menginginkan adanya bukti.

Orang melankolis sangat menghargai peraturan, dan tidak suka melanggar peraturan. Dalam beraktivitas pun mereka juga menggunakan sistematis dan aturan-aturan agar semuanya terkelola dengan baik. Mereka sangat kuat dalam memegang prinsip. Mereka biasanya lebih mementingkan tugas yang harus mereka kerjakan dari pada diri mereka sendiri.

Share your Results:




Punya Pertanyaan Tentang Tipe Kepribadianmu?

47 Comments

  1. Margareth Silviana

    Bagaimana gaya belajar yang paling tepat untuk tipe kepribadian koleris?

    • Kepribadianku

      Setiap tipe kepribadian memiliki pendekatan gaya belajar yang berbeda-beda. Orang koleris dikenal sangat mandiri dan sangat percaya diri, termasuk dalam hal belajar. Mereka adalah pembelajar yang cepat. Orang koleris tidak memerlukan waktu lama untuk memahami apa yang diajarkan. Orang koleris mudah beradaptasi. Mereka bisa belajar di mana saja, selama itu ringkas dan praktis. Hanya saja orang koleris mudah bosan dalam mengerjakan hal-hal yang sifatnya monoton dan detail.

      Orang koleris akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • “Saya mau melakukan menurut cara saya!”
      • “Ini mengenai apa?”
      • “Ijinkan saya membantu mengajar di kelas”
      • “Jangan bertele-tele, langsung ke pokok masalah”
      • “Biarkan saya yang memegang kendali”

      Semoga bermanfaat.

  2. Sofi

    Saat melakukan tes ini, saya juga melakukan tes lain yang sejenis. Mengapa selalu 2 kepribadian yang muncul? Plegmatis dan Melankolis. Saat saya cermati dari kedua kepribadian tersebut, masing-masing darinya ada dalam diri saya, tapi sebagian tidak. Apa maksudnya? Saya minta tolong penjelasannya, terima kasih. Mohon maaf merepotkan.

    • Kepribadianku

      Tipe kepribadian plegmatis dan Melankolis mempunyai 1 kesamaan, yaitu mereka tergolong dalam kelompok tipe kepribadian yang introvert atau tertutup. Sederhananya introvert adalah kepribadian yang lebih fokus dalam memperhatikan diri sendiri.

      Orang-orang introvert ini biasanya lebih memfokuskan terhadap apa yang ada dalam dirinya daripada hal lain diluar dirinya. Sifat-sifat seperti ini banyak ditemukan dalam tipe kepribadian plegmatis dan melankolis. Untuk tahu lebih dalam tentang kepribadian introvert, kamu bisa membacanya di artikel Kamu Seorang Introvert? Yuk Cari Tahu Disini.

      Mengapa saat melakukan tes bisa muncul 2 tipe kepribadian? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki 4 tipe kepribadian dalam dirinya, hanya saja masing-masing kepribadian tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda. Artinya dalam diri kita semua ada unsur koleris, sanguinis, plegmatis, dan melankolis.

      Dari perbedaan kadar tersebut, muncullah beberapa kombinasi dari 2 tipe kepribadian yang paling dominan, diantaranya koleris-sanguinis, sanguinis-plegmatis, plegmatis-melankolis, dan melankolis-koleris. Karena itu kecil sekali kemungkinan kita dapat menemukan seseorang yang sepenuhnya dominan dengan 1 tipe kepribadian saja, seperti plegmatis sejati atau melankolis sejati.

      Nah kadar perbedaan dari setiap kepribadian inilah membuat kita menjadi sebuah pribadi yang unik. Pada bagian mana kita dominan, itulah yang membentuk diri kita, dan hal itulah yang membedakan kita dari orang lain. Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang memiliki komposisi kepribadian yang sama. Dan yang paling penting adalah tidak ada satupun dari tipe kepribadian ini yang lebih baik atau lebih buruk daripada lainnya.

      Semoga bermanfaat.

  3. Ahsan

    Jodoh yang cocok untuk seorang koleris?

    • Kepribadianku

      Jika kamu seorang koleris, maka kamu adalah orang yang memiliki keinginan kuat, cenderung berpikiran keras, yakin, dan percaya diri. Secara alami orang koleris dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin atau leader. Kebutuhan mendasar seorang koleris adalah tantangan (challenge), pilihan (choice), dan pengendalian (control). Pada titik ekstremnya orang koleris bisa menjadi terlalu dominan dan mengatur.

      Pasangan yang ideal untuk seorang koleris adalah orang dengan tipe kepribadian plegmatis. Mengapa? Karena orang plegmatis adalah tipe pengikut setia atau follower. Mereka senang melakukan segala sesuatu berdasarkan perintah atau urutan yang telah diberikan. Sifat orang plegmatis cenderung diam, mengalah, menghindari konflik, sangat toleran dan mudah diatur. Mereka sangat baik dalam menerima perintah dan selalu ingin menyenangkan orang lain.

      Ketika melakukan pendekatan dengan orang plegmatis, cobalah membuat suasana menjadi lebih santai dan jangan membuat mereka takut. Gaya kepribadian koleris yang keras dan agresif dapat menjadi hal yang menakutkan bagi orang plegmatis. Cobalah berlaku ramah, berikan mereka kesempatan untuk mengolah cerita atau percakapan yang sedang berlangsung.

      Semoga bermanfaat.

  4. Agung Purbosasongko

    Kalau di lingkungan keuangan atau finance, model apa yang yang bisa masuk ke dalamnya? Sanguinis atau bagaimana?

    • Kepribadianku

      Tipe kepribadian yang paling cocok untuk bekerja dalam bidang keungan atau finance adalah tipe kepribadian melankolis. Karena orang melankolis adalah tipe kepribadian yang berorientasi pada tugas (task oriented). Mereka sangat suka dengan grafik, angka, data, dan fakta.

      Orang melankolis suka sekali akan hal yang detail. Mereka adalah orang yang ahli dalam perencanaan dan analisis. Mereka hidup dengan sangat teratur, suka kerapian, dan secara akademis biasanya orang melankolis tergolong sebagai pribadi yang cerdas dan pandai.

      Orang melankolis tidak suka membuat kesalahan. Mereka melakukan perencanaan dan mengikuti rencana itu. Mereka sangat berhati-hati sekali dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. Orang melankolis suka menghitung (calculating). Mereka cenderung berpikir dengan metode hal yang mendasar. Mereka akan menghitung untung rugi dengan ketelitian yang sangat tinggi.

      Orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. Mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik dari pada tipe kepribadian lainnya. Orang melankolis melihat sesuatu secara setahap demi setahap. Mereka dapat mengerjakan sesuatu hal jauh lebih tekun dibandingkan tipe kepribadian yang lain.

      Semoga bermanfaat.

  5. Ian

    Apakah seorang koleris tidak cocok / kurang cocok untuk masuk di dunia keuangan / finance?

    • Kepribadianku

      Sebenarnya orang koleris memang kurang cocok untuk bekerja di bidang keuangan atau finance. Hal ini dikarenakan orang koleris pada dasarnya tidak suka dengan hal-hal yang bersifat rutinitas, lambat, dan berulang-ulang. Mereka juga mudah bosan dengan hal-hal yang bersifat detail atau monoton.

      Kebutuhan mendasar seorang koleris adalah tantangan, pilihan, dan pengendalian. Karena itu orang koleris lebih cocok dalam pekerjaan yang berhubungan dengan kepemimpinan, seperti supervisor, koordinator lapangan, menjadi ketua dalam sebuah tim, atau direktur sebuah perusahaan.

      Dalam lingkungan kerja, orang koleris membutuhkan suatu kondisi yang dinamis atau banyak perubahan. Mereka senang dengan banyak kegiatan atau tantangan yang berbeda, punya kebebasan untuk menentukan prioritas, dapat mengatur diri sendiri atau orang lain, punya kesempatan untuk maju, dan bisa terlihat hebat.

      Dengan kondisi ideal seperti ini barulah seorang koleris dapat berkembang dalam pekerjaan atau karirnya. Ibarat alat musik tentu akan berfungsi lebih maksimal di studio, bukan di perpustakaan.

      Semoga bermanfaat.

  6. Amanatus Sholikah

    Bagaimana cara paling tepat untuk berkomunikasi dengan orang melankolis (saya) saat dalam fase depresi ingin bunuh diri. Kata-kata apa yang paling jitu bisa membuat saya berhenti berpikir dan berusaha bunuh diri saat saya sudah tidak bisa mempertimbangkan dampak baik dan buruk dari keputusan saya?

    • Kepribadianku

      Pada dasarnya orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung mudah tertekan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mereka selalu menetapkan standar yang tinggi dan cenderung untuk melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Sifat perfeksionis inilah yang membuat orang melankolis sangat mudah menyalahkan dirinya sendiri (self blaming), apabila sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan.

      Selain itu orang melankolis adalah pribadi yang tertutup sehingga susah untuk bergaul dan bersosialisasi, mereka tidak sembarangan dalam membina hubungan dengan orang lain. Sifat tertutup inilah yang membuat orang melankolis sulit untuk mengutarakan rasa kecewa terhadap lingkungannya. Baik itu kepada teman, keluarga, atau siapa pun. Akibatnya, orang melankolis sering mengambil keputusan berdasarkan prasangka. Hal inilah yang membuatnya sering dihinggapi perasaan depresi.

      Syarat utama untuk sembuh dari depresi adalah dengan mengubah pandangan dan pola pikir kita. Salah satunya bisa dimulai dengan beberapa hal berikut:

      • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran.
      • Mengenali masalah yang menyebabkan depresi.
      • Mana yang bisa diselesaikan dan masalah mana yang harus kita jalani dalam hidup.
      • Menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
      • Menetapkan tujuan hidup yang akan meningkatkan kualitas hidup.

      Sebenarnya depresi adalah hal wajar yang dapat terjadi pada semua orang. Namun apabila depresi tersebut berlanjut hingga fase ingin bunuh diri, itu tandanya bahwa depresi itu sudah membelit cukup lama. Untuk itu kami sarankan menghubungi psikoterapis adalah pilihan yang terbaik. Karena psikoterapis dapat membantu mengatasi gangguan depresi dengan pendekatan psikologi.

      Semoga bermanfaat.

  7. Lailatul

    Jurusan dan pekerjaan seperti apa yang cocok untuk kepribadian tipe plegmatis? Dan kepribadian mana yang cocok untuk menjadi pasangan plegmatis?

    • Kepribadianku

      Plegmatis mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan yang telah diberikan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Mereka bisa tahan duduk berjam-jam melakukan sesuatu yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari, minggu ke minggu, bahkan bulan ke bulan. Suatu yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh tipe kepribadian lain.

      Orang plegmatis bisa dipercaya untuk memegang rahasia, mudah diatur, sangat toleran, dan cinta damai, sehingga orang plegmatis cocok untuk menjadi penengah. Mereka sangat terorganisir hidupnya, konservatif, dan cakap di bidang-bidang administratif atau birokratif.

      Selain itu, orang plegmatis adalah pendengar yang baik, sopan, dan punya aturan yang baik dalam bersosialisasi. Mereka memiliki sifat peduli dan simpatik yang tinggi kepada orang lain yang kesulitan. Karena itulah orang plegmatis paling cocok dengan pekerjaan yang berorientasi pada orang (people oriented), seperti perawat, programer, perbankan, psikolog, diplomat, dokter, guru.

      Kepribadian yang cocok untuk menjadi pasangan plegmatis adalah tipe kepribadian koleris. Meskipun kedua tipe kepribadian ini memiliki sifat yang berkebalikan dan tempramen yang berbeda, tetapi hal itu justru berpotensi untuk saling melengkapi satu sama lain.

      Hanya orang plegmatis yang dapat mengimbangi sifat kepemimpinan koleris yang suka memerintah ini itu. Karena sifat alamiah plegmatis memang lebih suka menjadi seorang pendukung, dan tidak pernah terobsesi untuk memegang kontrol atau menjadi pemimpin.

      Semoga bermanfaat.

  8. Veli Avelina

    Halo min. Aku mau nanya. Apakah kepribadian kita memang bisa berubah karena pengalaman masa lalu? Misalnya dulu ketika kecil kita punya kepribadian sanguin ketika dewasa berubah menjadi melankolis atau bahkan koleris?

    • Kepribadianku

      Pada dasarnya tipe kepribadian seseorang cenderung menetap dan tidak bisa berubah. Sangat sulit untuk mengubah kepribadian yang sudah menjadi bagian dari identitas seseorang, apalagi kepribadian tersebut sudah melekat dan bertahan selama bertahun-tahun. Setiap manusia tidak bisa memilih kepribadiannya, karena kepribadian tersebut adalah hadiah dari sang pencipta saat manusia dilahirkan.

      Meskipun sangat sulit, tetapi tidak menutup kemungkinan kepribadian seseorang untuk berubah. Hal ini biasanya terjadi apabila seseorang mengalami suatu peristiwa atau perubahan drastis dalam hidupnya, sehingga membuat orang tersebut menginginkan perubahan di dalam hidupnya. Butuh suatu usaha atau momen yang benar-benar kuat agar seseorang bisa mengalami perubahan kepribadian.

      Karena semakin kuat suatu momen atau kejadian, maka akan semakin tertanam dan memotivasi seseorang untuk merubah kepribadiannya, atau minimal merubah sikap dan perilakunya.

      Semoga bermanfaat.

  9. Devi

    Bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup plegmatis agar lebih ceria?

    • Kepribadianku

      Orang plegmatis kadang kala kurang bersemangat atau kurang motivasi. Hal ini karena orang plegmatis termasuk dalam kelompok tipe kepribadian yang introvert. Orang plegmatis sifatnya tertutup, cinta damai, dan menyukai sesuatu yang harmonis. Kebutuhan mendasar dari seorang plegmatis adalah penghargaan (appreciation). Mereka perlu untuk merasa dibutuhkan.

      Mereka lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Ini bukan karena mereka malas, tetapi mereka lebih suka untuk tidak mengerjakan apapun daripada mengerjakan sesuatu dan ternyata salah. Orang plegmatis paling nyaman apabila mereka bekerja sebagai individu yang pemalu, lembut, stabil, mantap, manis, sentimental, merendah dan menerima.

      Untuk dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih ceria, kita harus memahami apa yang menjadi kunci motivasi dari tipe kepribadian tersebut, dan untungnya setiap kepribadian memiliki kunci motivasi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah kunci motivasi untuk tipe kepribadian plegmatis:

      • Suka dengan gaya hidup yang stabil
      • Suka menyenangkan orang lain
      • Suka orang yang menikmati hidup
      • Suka merasa dihargai
      • Suka dengan rutinitas
      • Suka diberitahu apa yang harus dikerjakan
      • Menikmati menyelesaikan tugas
      • Bahagia bila melihat orang lain bahagia

      Semoga bermanfaat.

  10. Salmiah Eka Juniarti

    Bagaimana gaya belajar untuk orang yang melankolis?

    • Kepribadianku

      Secara alamiah biasanya orang melankolis sudah dikaruniai dengan bakat kecerdasan sejak lahir. Tidak heran, mereka bisa menjadi seorang jenius, bahkan ilmuwan atau orang-orang berbakat lainnya. Mereka suka sekali belajar dan menganalisa sesuatu, serta memikirkan hal-hal yang rumit. Bisa dibilang orang melankolis memang mempunyai otak yang di atas rata-rata.

      Belajar bukanlah hal yang sulit bagi orang melankolis. Mereka suka sekali dengan hal yang detail, seperti data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detail dan lengkap informasi yang mereka terima, mereka akan semakin suka. Dalam proses belajar biasanya orang melankolis akan sangat banyak bertanya, hal ini karena disebabkan dorongan untuk bisa mendapat lebih banyak informasi.

      Kebutuhan mendasar orang melankolis adalah jawaban yang bermutu (quality answer). Jika tidak bermutu mereka tidak akan menganggapnya sebagai sebuah jawaban. Mereka bisa belajar berjam-jam tanpa lelah, dan cenderung lupa waktu. Orang melankolis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang benar!
      • Jawab pertanyaan saya dengan informasi yang bermutu.
      • Berikan saya fakta, data, dan angka.
      • Ijinkan saya mengerjakan sedikit lebih banyak.
      • Jelaskan apa yang diharapkan dari saya.

      Semoga bermanfaat.

  11. Eka

    Tipe kepribadian sanguinis cocokkah untuk ditempatkan di posisi HRD? Terima kasih.

    • Kepribadianku

      Sebenarnya orang sanguinis kurang tepat apabila ditempatkan dalam posisi HRD. Hal ini disebabkan karena tipe kepribadian sanguinis emosinya cenderung tidak stabil, tidak disiplin, dan pola perilaku mereka sangat impulsif. Mereka mengalami kesulitan untuk mendengarkan orang lain, tetapi tidak mengalami kesulitan untuk berbicara. Bisa dikatakan orang sanguinis adalah pendengar yang yang buruk.

      Untuk posisi HRD akan lebih cocok apabila diisi dengan orang plegmatis, karena mereka adalah pribadi yang tenang, penyabar, cinta damai, dan bisa dipercaya untuk memegang rahasia. Orang plegmatis juga merupakan seorang pendengar yang baik dan sosok yang bisa diandalkan, sehingga mereka sangat cocok dengan pekerjaan-pekerjaan di HRD.

      Orang sanguinis adalah tipe kepribadian yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, ceria, heboh, dan senang berbicara. Pendek kata, tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian, dan bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Orang sanguinis adalah tipe kepribadian yang terbuka dan people oriented (cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain).

      Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, orang sanguinis akan lebih cocok untuk ditempatkan pada posisi Public Relations (PR), karena tanggung jawab seorang PR adalah menjaga reputasi perusahaan di depan masyarakat.

      Selain itu orang sanguinis juga cocok untuk ditempatkan pada posisi marketing atau sales. Karena orang sanguinis cenderung optimis dan influencing. Mereka dapat mempengaruhi orang lain dengan cara mereka yang menyenangkan, sehingga cocok untuk mempromosikan produk atau jasa kepada calon konsumen.

      Orang sanguinis adalah pembicara yang hebat dan dapat membuat orang percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang yang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan atau organisasi.

      Semoga bermanfaat.

  12. Tatik Wijanti

    Mengatasi kelemahan-kelemahan seorang sanguinis harus bagaimana? Sedangkan saya adalah seorang Kepala Sekolah TK, dan kepribadian saya yang dominan kedua adalah koleris. Mohon bantuannya untuk meminimalkan kepribadian pertama saya yang dominan sanguinis ini, sebagai seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan.

    • Kepribadianku

      Sebelumnya anda mungkin perlu menjelaskan lebih spesifik tentang kelemahan-kelemahan sanguinis yang anda maksud. Tetapi berdasarkan cerita yang anda sampaikan, dapat dilihat bahwa tipe kepribadian anda adalah kombinasi dari kepribadian sanguinis-koleris. Kepribadian sanguinis yang ceria, penuh semangat, mudah bergaul, dan people oriented, serta kepribadian koleris yang tegas, percaya diri, berjiwa memimpin, dan task oriented.

      Kombinasi tipe kepribadian ini termasuk dalam kelompok kepribadian ekstrovert, yaitu tipe kepribadian yang terbuka kepada orang. Orang ekstrovert biasanya sangat antusias terhadap hal baru dan suka sekali bergaul dengan banyak orang. Mereka umumnya sangat senang melakukan aktivitas sosial, berinteraksi dengan banyak orang, dan saling bertukar informasi. Selain itu orang ekstrovert juga dikenal sebagai pribadi yang komunikatif dan supel.

      Bisa dikatakan kombinasi kepribadian tersebut sudah sangat cocok dengan profesi anda saat ini sebagai Kepala Sekolah TK, tidak ada lagi sisi kepribadian yang perlu diminimalkan dalam diri anda.

      Semoga bermanfaat.

  13. Alvin

    Bagaimana cara orang koleris dalam mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin?

    • Kepribadianku

      Pada dasarnya tipe kepribadian koleris adalah orang-orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Ciri-ciri utama yang melekat pada orang koleris adalah dinamis, berjiwa pemimpin, suka akan perubahan, dan pembuat keputusan yang baik. Mereka adalah tipe kepribadian yang task oriented, mau bekerja keras untuk mencapai target, dan memiliki visi-misi yang jelas.

      Orang koleris merupakan pribadi yang berani menghadapi tantangan dan masalah, serta seorang problem solver yang praktis dan cepat. Sifatnya yang visioner dan pekerja keras membuat orang koleris tidak mengenal kata gagal dalam kamus hidupnya, yang ada hanyalah coba dan coba lagi hingga berhasil. Mereka tidak akan menyerah sebelum mendapatkan apa yang diinginkan.

      Selain itu orang koleris juga memiliki rasa percaya diri dan produktivitas kerja yang tinggi. Hal itu yang membuat mereka berpegang teguh pada keputusan yang diambil, dan juga berani mengambil risiko saat mengambil keputusan. Bisa dikatakan tipe kepribadian koleris mempunyai semua ciri-ciri atau sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

      Sebenarnya tidak ada lagi yang perlu dipersiapkan, karena menjadi seorang pemimpin adalah sifat alamiah dari orang koleris.

      Semoga bermanfaat.

  14. Irra

    Bagaimana gaya belajar tipe kepribadian melankolis, serta bagaimana sebaiknya sikap yang harus dimiliki tipe melankolis saat dihadapkan pada suatu masalah? Karena biasanya tipe melankolis ini lebih pada ke perasa saat dihadapkan pada suatu masalah.

    • Kepribadianku

      Salah satu sifat bawaan orang melankolis adalah sering murung dan berubah-ubah temperamennya (moody). Mereka lebih sering bereaksi terhadap lingkungan daripada memberi respon. Jika mereka menemui tantangan, hambatan atau cobaan maka mereka cenderung untuk cepat bereaksi dengan negatif.

      Mereka tidak bisa memberikan respon yang baik (tidak senang hati) apabila mereka dikatakan telah membuat suatu kesalahan atau mereka salah. Orang melankolis memiliki hasrat yang besar untuk selalu benar. Ini adalah suatu beban yang sangat berat untuk selalu dibawa, tetapi orang melankolis mau membawa beban ini.

      Dalam hal belajar, orang melankolis suka sekali dengan hal yang detail, seperti data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detail dan lengkap informasi yang mereka terima, mereka akan semakin suka. Dalam proses belajar biasanya orang melankolis akan sangat banyak bertanya, hal ini karena disebabkan dorongan untuk bisa mendapat lebih banyak informasi.

      Belajar bukanlah hal yang sulit bagi orang melankolis. Kebutuhan mendasar orang melankolis adalah jawaban yang bermutu (quality answer). Jika tidak bermutu mereka tidak akan menganggapnya sebagai sebuah jawaban. Mereka bisa belajar berjam-jam tanpa lelah, dan cenderung lupa waktu. Orang melankolis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang benar!
      • Jawab pertanyaan saya dengan informasi yang bermutu.
      • Berikan saya fakta, data, dan angka.
      • Ijinkan saya mengerjakan sedikit lebih banyak.
      • Jelaskan apa yang diharapkan dari saya.

      Semoga bermanfaat.

  15. Dewi

    Dalam waktu dekat ini saya akan mengikuti pelatihan dan diakhiri dengan post test. Saya ingin hasil yang terbaik. Gaya belajar bagaimana sebaiknya yang harus saya lakukan dengan tipe kepribadian plegmatis ini? Setiap mengikuti pelatihan, saya selalu merasa hasilnya biasa saja.

    • Kepribadianku

      Orang plegmatis biasanya dikenal dengan pembawaannya yang tenang. Mereka suka akan rutinitas dan tidak akan pernah bosan dengan hal-hal seperti itu. Orang plegmatis senang mengerjakan satu hal pada suatu waktu tertentu. Tidak bisa banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Mereka senang melakukan pekerjaan yang monoton dan tanpa banyak variasi. Mereka lebih senang mengerjakan sesuatu dengan metode yang baku dan telah teruji.

      Dalam hal belajar, orang plegmatis membutuhkan banyak motivasi dan dorongan semangat. Ini karena mereka mudah down dan tidak suka mencoba hal-hal yang baru. Bagi orang plegmatis, mempelajari hal-hal baru dapat membuat mereka tersiksa dan tertekan. Tetapi dengan dorongan semangat, mereka akan semakin percaya diri dan termotivasi dalam belajar.

      Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Selain itu, orang plegmatis juga terkesan sangat pasif dalam belajar, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Semoga bermanfaat.

  16. Gardhita

    Kak, bagaimana caranya menghargai hidup?

    • Kepribadianku

      Salah satu cara untuk menghargai hidup dapat dimulai dengan berpikir positif. Berhentilah mencari kekurangan dalam diri kita, karena hal itu dapat melemahkan diri kita sendiri. Mulailah untuk berfokus pada sifat-sifat positif yang kita miliki, dan jangan membandingkan diri kita dengan seseorang yang lebih baik. Tetapi berpikirlah tentang kelebihan kita yang tidak dimiliki oleh orang lain.

      Renungkan hal ini setidaknya lima menit dalam sehari. Karena dengan perenungan ini kita dapat melatih pikiran untuk lebih menghargai hidup kita saat ini.

      Semoga bermanfaat.

  17. Zubaidah

    Bagaimana cara mencari dan menggali potensi diri yang tidak terlihat sehingga bisa lebih percaya diri lagi?

    • Kepribadianku

      Potensi diri adalah kemampuan atau kelebihan dalam diri seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dikembangkan. Potensi diri ini melekat pada setiap orang, namun sayangnya tidak semua orang mampu untuk menggali dan mengembangkannya. Menggali kemampuan diri sendiri memang tidak mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggali potensi diri:

      • Menggali potensi diri bisa dimulai dengan mencari tahu apa yang menjadi passion kita, ketahui apa yang kita sukai, dan maksimalkan potensi kita pada bidang tersebut.
      • Setelah mengetahui passion kita, berikutnya adalah mencari tahu apa impian kita, dan sebisa mungkin untuk fokus pada impian tersebut.
      • Jangan takut untuk mencoba hal baru, karena dari sana mungkin saja kita dapat menemukan potensi kekuatan kita yang sesungguhnya.
      • Miliki motivasi yang kuat, karena motivasi tersebut nantinya akan membangkitkan semangat dalam menciptakan karya terbaik kita.
      • Tentukan goal yang spesifik, dengan demikian kita dapat mengembangkan potensi ke arah yang jelas dan mengetahui apa tujuan kita dalam hidup ini.
      • Buka dan perluas wawasan kita dengan terus belajar pengetahuan baru di sekitar kita, karena itu dapat membawa manfaat positif bagi kita, seperti memicu kreativitas dan lain-lain.
      • Jangan takut gagal, karena cara kita menyikapi kegagalan akan menentukan seberapa suksesnya diri kita, dan jangan biarkan kegagalan menghalangi kita dalam mengembangkan potensi diri.

      Semoga bermanfaat.

  18. Evy

    Bagaimana cara meraih sukses dengan tipe sanguinis?

    • Kepribadianku

      Secara alami orang sanguinis adalah orang yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, senang berbicara, dan bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Hal ini membuat orang sanguinis cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, seperti presenter, sales, selebriti, motivator, dan jurnalis. Mereka adalah tipe kepribadian yang suka mengungkapkan ide dan perasaannya.

      Kebutuhan mendasar seorang sanguinis adalah pengakuan dan penghargaan (recognition). Orang sanguinis paling takut apabila mereka kehilangan teman atau popularitas. Mereka sangat suka menjadi bagian dari suatu kelompok, dan selalu ingin terlibat dalam kegiatan sosial atau bersenang-senang. Orang sanguinis memandang hubungan sebagai sesuatu hal yang sangat penting.

      Untuk bisa mencapai hasil maksimal dalam aspek kehidupannya, orang sanguinis membutuhkan kondisi dimana ada orang untuk diajak bicara, ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, mendapat pengakuan / penghargaan atas hasil kerjanya yang baik, dan terbebas dari tugas yang bersifat berulang dan banyak hal detail.

      Dalam kondisi ideal seperti ini barulah seorang sanguinis dapat berkembang secara maksimal dalam pekerjaan atau karirnya.

      Semoga bermanfaat.

  19. Meisha Wijaya

    Bagaimana cara menahan emosi pada saat berbicara dan berdebat pada kepribadian koleris? Terima kasih.

    • Kepribadianku

      Orang koleris terkenal sangat praktis. Mereka langsung to the point, tidak suka basa-basi. Orang koleris tidak mau sekedar berbicara mengenai sesuatu, mereka lebih suka melakukan sesuatu. Orang koleris memandang orang lain yang berusaha menghalangi mereka sebagai musuh. Karena itu ada beberapa tips untuk menghindari perdebatan saat berkomunikasi dengan tipe kepribadian koleris.

      • Langsung ke pokok masalah.
      • Singkat dan spesifik.
      • Berpikir dengan pola menjawab pertanyaan “APA?”
      • Berpikir dengan orientasi hasil.
      • Memecahkan masalah.
      • Bersikap logis dan masuk akal.
      • Cari permasalahan untuk diselesaikan.
      • Setuju dengan fakta objektif, bukan dengan subyek manusia.
      • Dukung ucapan kita dengan penuh kredibilitas dan postur tubuh.

      Semoga bermanfaat.

  20. Muthmainnah

    Bagaimana gaya belajar yang sesuai dengan tipe kepribadian plagmatis?

    • Kepribadianku

      Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Dalam belajar orang plegmatis terkesan sangat pasif, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Semoga bermanfaat.

  21. Tio

    Tes yang bagus. Saya sudah beberapa kali tes, dan hasilnya memang sanguinis yang menonjol. Hasil tes ini juga sama dengan tes ditempat lain. Nah, sanguinis cocok dengan pekerjaan banyak bertemu orang kalau saya lihat dari hasil tes. Saya mau tanya, apakah seorang sanguinis bisa mendalami pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kejelian tinggi? Semisal programmer, consultant, atau designer yang dibutuhkan ketelitian dan seni?

    Terima kasih.

    • Kepribadianku

      Sebenarnya untuk bisa tidaknya mendalami suatu pekerjaan kembali lagi kepada passion kita. Apakah pekerjaan tersebut sudah sejalan dengan passion kita? Bekerja sesuai dengan passion memang merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Tetapi sayangnya banyak juga orang yang bingung antara harus memilih karier atau passion.

      Orang sanguinis memang identik dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan orang lain (people oriented). Tetapi bukan berarti tidak bisa mendalami pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian dan kejelian tinggi. Hanya saja setiap kepribadian membutuhkan lingkungan ideal yang berbeda-beda untuk dapat berkembang secara maksimal.

      Lingkungan ideal ini nantinya dapat membantu menempatkan seseorang pada tempat dan situasi yang tepat, sehingga banyak aspek dalam kehidupannya dapat berkembang maksimal. Lingkungan ideal bagi orang sanguinis adalah tempat dimana ada orang untuk diajak bicara, ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, mendapat pengakuan / penghargaan atas hasil kerjanya yang baik, dan terbebas dari tugas yang bersifat berulang dan banyak hal detail.

      Ibarat alat musik akan berfungsi secara maksimal di studio bukan di perpustakaan.

      Semoga bermanfaat.

  22. Atrisi

    Bagaimana cara agar seorang sanguin (saya) bisa keluar dari lingkaran depresi yang telah lama terjadi?

    • Kepribadianku

      Kebutuhan mendasar seorang sanguinis adalah pengakuan dan penghargaan (recognition). Orang sanguinis paling takut apabila mereka kehilangan teman atau popularitas. Akibatnya, mereka rawan terhadap godaan dan cobaan. Orang sanguinis akan melakukan hal yang mungkin bertentangan dengan nilai yang mereka pegang demi tidak kehilangan teman dan popularitas. Hal-hal seperti inilah yang dapat memicu gejala depresi pada orang sanguinis.

      Syarat utama untuk sembuh dari depresi adalah dengan mengubah pandangan dan pola pikir kita. Salah satunya bisa dimulai dengan beberapa hal berikut:

      • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran.
      • Mengenali masalah yang menyebabkan depresi.
      • Mana yang bisa diselesaikan dan masalah mana yang harus kita jalani dalam hidup.
      • Menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
      • Menetapkan tujuan hidup yang akan meningkatkan kualitas hidup.

      Sebenarnya depresi adalah hal wajar yang dapat terjadi pada semua orang. Namun apabila lingkaran depresi tersebut sudah membelit cukup lama, kami sarankan menghubungi psikoterapis adalah pilihan yang terbaik. Karena psikoterapis dapat membantu mengatasi gangguan depresi dengan pendekatan psikologi.

      Semoga bermanfaat.

  23. Veronika Silaban

    Thanks, ini sangat membantu.

  24. Wisnu

    Bagaimana gaya belajar bagi orang plegmatis? Motivasi apa yang cocok bagi orang plegmatis? Dan bagaimana agar tidak terlalu posesif?

    • Kepribadianku

      Cara belajar yang terbaik bagi orang plegmatis adalah dengan mentoring. Ada orang yang siap membantu mereka untuk menerangkan hal-hal yang tidak mengerti. Selain itu, orang plegmatis juga terkesan sangat pasif dalam belajar, karena mereka cenderung diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Orang plegmatis akan belajar dengan pendekatan berikut:

      • Saya mau melakukan menurut cara yang mudah.
      • Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini.
      • Tolong jelaskan sekali lagi.
      • Bantu saya untuk mengerti hal ini.

      Orang plegmatis mudah bergaul (easygoing). Mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap (steady). Motivasi yang cocok bagi orang plegmatis adalah gaya hidup yang stabil, menyenangkan orang lain, merasa dihargai, dan berbagai hal yang sifatnya rutinitas.

      Semoga bermanfaat.

Mau Tahu Tentang Tipe Kepribadian Yang Lain? Klik Disini!

Tipe Kepribadianmu Melankolis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Plegmatis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Sanguinis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Koleris? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Melankolis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Plegmatis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Sanguinis? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe Kepribadianmu Koleris? Ini Yang Kamu Harus Tahu

Tipe kepribadian manusia adalah sifat yang melekat pada diri seseorang dan merupakan ciri khas dari orang tersebut. Kepribadian akan menentukan bagaimana seseorang mengambil sebuah tindakan-tindakan konkrit yang dilakukannya. Setiap orang mempunyai kepribadiannya masing-masing yang unik, sehingga di dunia ini tidak ada orang yang memiliki kepribadian sama persis.

Sebelum kita berusaha merubah kepribadian kita menjadi labih baik, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengenali terlebih dahulu siapa diri kita yang sesungguhnya. Karena dengan memahami tipe kepribadian manusia maka kita dapat lebih mudah mengetahui kekuatan dan kelemahan pada diri kita sendiri.

Kita dapat belajar bagaimana caranya menonjolkan sisi positif kita dan menyingkirkan sisi negatif kita. Selain itu kita juga dapat lebih memahami orang lain dan menyadari bahwa hanya karena orang lain berbeda tidak berarti bahwa mereka salah.

Pada dasarnya tipe kepribadian manusia ini dibagi menjadi 4, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Teori tentang sifat-sifat dasar tipe kepribadian manusia tersebut diatas telah dikemukakan oleh Hippocrates sejak 2400 tahun yang lalu. Kemudian teori Hippocrates ini disempurnakan kembali oleh Galenus, sehingga menjadi teori yang paling popular dan dikenal sebagai teori Hippocrates-Galenus.

Koleris yang selalu maju ke depan dan dilahirkan dengan bakat sebagai pemimpin. Sanguinis yang sangat menyukai kesenangan, kegembiraan, dan penuh dengan antusiasme. Plegmatis yang cinta damai, rileks, dan bahagia menerima kehidupan. Melankolis yang selalu menginginkan kehidupan serius, serba teratur, dan mengejar kesempurnaan dalam segala hal.

Setiap individu merupakan campuran dari 4 tipe kepribadian dasar. Tidak ada dua orang yang sama persis, dan kita tidak bisa menjadi orang lain. Karena kita mempunyai, dorongan kemampuan dan kepribadian yang berbeda, sehingga kita tidak bisa diperlakukan sebagai orang yang sama.

Mempelajari tipe kepribadian ini akan mendorong kita untuk mengenal diri kita yang sesungguhnya dari dalam, sebelum kita berusaha mengubah apa yang tampak di permukaaan. Apa yang ada didalam itulah yang penting, karena apa yang tampak diluar adalah gambaran dari apa yang ada didalam, bukan sebaliknya.

Setiap orang adalah pribadi yang unik. Kita harus selalu ingat bahwa watak kita adalah diri kita yang sesungguhnya. Sedangkan kepribadian kita adalah pakaian yang kita kenakan. Jadi kita harus tahu dari apa kita dibuat, kita harus tahu siapa diri kita yang sesungguhnya, dan mengapa kita bereaksi seperti yang kita lakukan. Kita harus tahu kekuatan kita dan bagaimana cara meningkatkannya. Kita juga harus tahu kelemahan kita dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini adalah penggolongan manusia berdasarkan empat tipe kepribadian tersebut. Dan sekarang kita akan membahasnya satu persatu untuk memperoleh gambaran lebih jelas dari setiap tipe kepribadian manusia tersebut.

Tipe Kepribadian Koleris

Orang koleris umumnya berfokus pada tujuan, mereka sangat cerdas, logis dan analitis. Mereka berbakat menjadi pemimpin, dinamis, aktif dan sangat memerlukan perubahan.

Orang koleris umumnya berfokus pada tujuan, mereka sangat cerdas, logis dan analitis. Mereka berbakat menjadi pemimpin, dinamis, aktif dan sangat memerlukan perubahan.

Orang koleris berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional dalam bertindak, memancarkan keyakinan, tidak mudah patah semangat, bisa menjalankan apa saja, bebas dan mandiri.

Dalam pekerjaan, orang koleris sangat berorientasi pada target atau tujuan. Mereka dapat melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, cepat bertindak dan selalu mencari solusi yang praktis.

Mereka selalu membuat target, mendelegasikan pekerjaan dan menekankan pada hasil. Orang koleris adalah pribadi yang berkembang karena persaingan.

Dalam hubungan sosial, orang koleris umumnya berpikir praktis dan sangat blak-blakan. Itulah sebabnya orang koleris terkadang sulit bersosialisasi dan sulit menjadi teman yang baik.

Orang koleris tidak terlalu butuh teman, mereka lebih memilih sendirian dan kesepian daripada ditemani orang-orang yang pikirannya dangkal. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan minat yang serupa.

Tipe Kepribadian Sanguinis

Orang sanguinis cenderung optimis, tampak hidup dengan emosi meluap-luap dan bersikap acuh tak acuh. Mereka memilik kepribadian yang menarik, suka bicara, dan pandai menghidupkan suasana.

Orang sanguinis cenderung optimis, tampak hidup dengan emosi meluap-luap dan bersikap acuh tak acuh. Mereka memilik kepribadian yang menarik, suka bicara, pandai menghidupkan suasana, memiliki rasa humor yang tinggi, emosional, antusias dan ekspresif.

Orang sanguinis sifatnya periang dan penuh semangat. Mereka mimiliki sifat kekanak-kanakan, selalu penuh rasa ingin tahu, lugu dan polos. Mereka sangat menyukai petualangan dan tidak tahan berlama-lama dalam suatu kegiatan. Orang sanguinis cepat merasa bosan dan akan mencari variasi atau hiburan dalam hidup.

Sikap seperti ini terkadang justru berdampak negatif pada hubungan orang sanguinis. Karena mereka cenderung mencari aktivitas yang tujuannya memberi kesenangan, sehingga akhirnya tidak sedikit orang sanguinis yang harus berjuang melawan kecanduan.

Dalam pekerjaan, orang sanguinis sangat kreatif dan inovatif. Mereka bisa menjadi seniman yang hebat. Orang sanguinis selalu tampak hebat di permukaan, senang memikirkan kegiatan baru dan selalu mulai dengan cara yang cemerlang.

Mereka punya energi, antusiasme dan mampu mengilhami atau mempesona orang lain untuk ikut bekerja. Selain itu mereka juga seorang penghibur yang hebat. Secara alamiah, orang sanguinis akan berhasil jika memilih karier dalam industri entertainment.

Dalam hubungan sosial, orang sanguinis mudah sekali berteman, suka dipuji dan selalu tampak menyenangkan. Mereka bukanlah seorang pendendam, cepat minta maaf, mencegah saat membosankan dan suka dengan kegiatan spontan.

Tipe Kepribadian Plegmatis

Orang plegmatis adalah pribadi yang tenang, diam, sabar dan baik keseimbangannya. Mereka hidup secara konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik, baik hati dan bahagia menerima kehidupan.

Orang plegmatis memiliki kepribadian yang rendah hati, mudah bergaul dan santai. Mereka fokus orientasinya pada manusia. Orang plegmatis adalah pribadi yang tenang, diam, sabar dan baik keseimbangannya. Mereka hidup secara konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik, baik hati dan bahagia menerima kehidupan.

Orang plegmatis pandai menyembunyikan emosinya. Mereka cenderung mencari keharmonisan interpersonal dan hubungan yang erat. Orang plegmatis ini umumnya menjadi pasangan yang setia dan orangtua penyayang. Mereka lebih memprioritaskan hubungannya dengan teman lama dan anggota keluarga.

Dalam pekerjaan, orang plegmatis cenderung cakap dan mantap. Mereka bersikap damai dan mudah sepakat, punya kemampuan administratif yang baik, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik dibawah tekanan dan cenderung menemukan cara yang mudah.

Dalam hubungan sosial, orang plegmatis mudah diajak bergaul. Mereka adalah pribadi yang menyenangkan, tidak suka menyinggung perasaan orang lain, pendengar yang baik dan mempunyai selera humor yang menggigit. Orang plegmatis punya banyak teman, punya belas kasihan dan juga perhatian.

Orang plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menjadi penengah diantara dua orang yang bertengkar agar mereka menjadi akrab kembali. Orang plegmatis juga sangat senang menghabiskan waktunya untuk kegiatan amal dan membantu orang lain.

Tipe Kepribadian Melankolis

Orang melankolis adalah pribadi yang tekun dan serius. Mereka penuh dengan pikiran analitis, cenderung jenius, berbakat dan kreatif.

Orang melankolis adalah pribadi yang tekun dan serius. Mereka penuh dengan pikiran analitis, cenderung jenius, berbakat dan kreatif. Orang melankolis sangat menghargai keindahan, idealis, suka berkorban, penuh kesadaran dan perasa terhadap orang lain.

Orang melankolis sangat menyukai tradisi. Mereka tidak seperti orang sanguin, pribadi melankolis tidak suka mencari kesenangan yang baru dan petualangan. Bahkan seringkali mereka menghindarinya. Orang melankolis umumnya sangat mencintai keluarga dan teman dekatnya.

Dalam pekerjaan, orang melankolis selalu menetapkan standar yang tinggi dan ingin segalanya dilakukan dengan benar. Mereka berorientasi pada tugas, perfeksionis, senang akan detail, gigih, cermat, tertib dan terorganisasi. Mereka adalah pribadi yang teratur, rapi, ekonomis, dapat melihat suatu masalah dan selalu menyelesaikan apa yang dimulainya.

Dalam hubungan sosial, orang melankolis sangat hati-hati dalam berteman, menghindari perhatian, setia, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan masalah orang lain dan sangat memperhatikan orang lain.

Mereka cenderung mencari teman hidup yang ideal. Orang melankolis umumnya enggan menikahi orang asing atau meninggalkan tanah airnya. Mereka sangat sosial dan ingin berkontribusi ke komunitasnya.

Semoga bermanfaat.

You have Successfully Subscribed!

Share This