Tipe Kepribadian Ambivert

Ketika orang dengan tipe kepribadian ekstrovert lebih menyukai keramaian di lingkungan luar, dan orang dengan tipe kepribadian introvert lebih suka menyendiri dalam situasi yang tenang. Maka tipe kepribadian ambivert adalah gabungan dari keduanya.

Tipe kepribadian ambivert digambarkan ketika seseorang gemar bersosialisasi dengan lingkungan luar, namun juga membutuhkan waktu untuk menyendiri. Orang dengan tipe kepribadian ambivert terkadang merasa bingung untuk menghabiskan waktu bersama orang lain atau lebih memilih menyendiri di kesunyian.

Seorang psikolog dari Swiss, Carl Gustav menemukan jika 2/3 manusia tidak dapat digolongkan dalam tipe kepribadian ekstrovert maupun tipe kepribadian introvert. Karena itu dicetuskanlah tipe kepribadian ambivert dengan kecenderungan menjadi ekstrovert dan juga introvert.

Pada dasarnya kecenderungan tipe kepribadian seseorang akan bergantung pada tingkat dopamin yang dimiliki. Dopamin sendiri merupakan hormon otak yang memberikan rasa bahagia dan nyaman, dimana setiap orang memiliki dopamin yang berbeda-beda.

Orang dengan tipe kepribadian introvert cenderung memiliki tingkat dopamin lebih tinggi. Karena mereka menghindari lingkungan sosial yang membuatnya merasa tidak nyaman atau cemas, sehingga pada akhirnya rasa bahagia hanya dimunculkan dari dopamin yang dimilikinya.

Sementara orang dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki tingkat dopamin lebih rendah sehingga mudah merasa bosan dan mencari kondisi lingkungan sosial yang membuatnya mendapat asupan dopamin.

Orang dengan tipe kepribadian ambivert lebih fleksibel, karena mereka dapat berbaur dan nyaman di keramaian namun mereka juga dapat menemukan kesenangan ketika sedang dalam kesendiriannya. Selain itu, insting yang dimiliki akan jauh lebih peka. Ambivert tahu persis kapan ia harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

Tidak heran jika orang ambivert biasanya memiliki prestasi yang baik dalam bidang penjualan. Mereka akan lebih sabar mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan dan mempengaruhi pelanggan setelahnya untuk membeli di waktu bicara yang tepat.

Orang ambivert tidak suka bertemu orang baru di tempat yang baru, mereka biasanya akan lebih nyaman berada di lingkungan yang sudah mereka kenali. Oleh karena itu meski mudah bersosialisasi, mereka tetap lebih suka bertemu orang baru di lingkungan yang sudah dikenal.

Orang dengan tipe kepribadian introvert umumnya tidak menyukai keramaian, sedangkan orang dengan tipe kepribadian ekstrovert tidak menyukai kesunyian. Tipe kepribadian ambivert merupakan gabungan dari keduanya, karena itu mereka lebih suka suka berada di keramaian, namun mereka cenderung tidak berinteraksi apapun. Mereka akan lebih suka diam dan mengamati berbagai hal yang terjadi di sekitar.

You have Successfully Subscribed!

Share This