Tipe Kepribadian Introvert

Bagi beberapa orang mungkin tidak asing mendengar kata introvert, sebagian dari mereka berpikiran bahwa orang dengan tipe kepribadian introvert bersifat pemalu dan pendiam. Bahkan ada yang menganggap orang introvert adalah orang yang anti sosial dan sombong.

Lalu bagaimana kita bisa mengenali kepribadian introvert, dan seperti apa sebenarnya orang dengan kepribadian introvert tersebut? Apakah benar mereka merupakan orang yang anti sosial?

Sederhananya introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus dalam memperhatikan diri sendiri. Orang-orang introvert ini biasanya lebih memfokuskan terhadap apa yang ada dalam dirinya daripada hal lain diluar dirinya.

Jadi kita juga tidak bisa menyalahkan apabila ada seseorang yang memiliki pandangan bahwa kepribadian introvert adalah orang yang anti sosial atau sombong. Mengapa? Karena faktanya orang-orang introvert dalam kehidupan sehari-harinya lebih cenderung menyendiri, tidak suka bergaul, dan jarang bicara.

Tipe kepribadian introvert adalah orang yang selalu intropeksi diri, mereka cenderung suka menganalisis keadaan, dan ingin memahami segala sesuatu lebih jauh. Mereka yang berkepribadian introvert biasanya tampak sangat dingin, jarang bicara, cuek, dan juga penuh misteri.

Kepribadian pendiam ini selalu berpikir sebelum bertindak. Sehingga ketika mereka berada dalam kondisi untuk mengeluarkan pendapat, orang introvert akan sangat berhati-hati melakukannya karena tidak suka berdebat.

Biasanya orang introvert cenderung membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan energi yang ada dalam dirinya setelah melakukan interaksi dengan orang lain. Kepribadian ini cenderung tidak ekspresif sehingga mereka terkesan membosankan. Orang introvert juga tidak suka curhat kepada orang lain, mereka lebih suka memendam untuk dirinya sendiri. Introvert bukan berarti anti sosial atau sombong, mereka hanya selektif dalam bergaul.

Mereka lebih suka memandang orang lain secara psikis dibandingkan melihat fisiknya. Orang dengan tipe kepribadian introvert memang terlihat sangat cuek karena sifat mereka yang pendiam, akan tetapi jika kita sudah mengenalnya lebih dalam pribadi ini bisa menjadi sahabat terbaik.

Jika ditanya, kepribadian mana yang mampu menganalisi karakter seseorang dengan baik? Jawabannya adalah introvert. Karena sikap mereka yang lebih suka menjadi pendengar membuat pribadi introvert memiliki kemampuan menganalisa karakter orang yang berinteraksi dengannya. Mereka bisa memprediksi dan mengetahui karakter asli orang tersebut seperti apa.

Orang introvert lebih suka sendiri atau hanya bersama dengan orang yang dipercayai serta sayangi, karena lebih menyukai suasana tenang dan intim yang akan membuat mereka nyaman berkomunikasi. Tetapi dalam hal mencari pasangan, orang introvert sangat menyukai mereka yang periang, penuh semangat, dan ceria seperti orang dengan tipe kepribadian ekstrovert pada umumnya.

You have Successfully Subscribed!

Share This