Orang dengan tipe kepribadian plegmatis umumnya tidak suka konflik atau keributan, mereka cenderung diam, mengalah, dan selalu ingin menyenangkan orang lain. Mereka adalah orang yang mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan.

Sifat alamiah yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian plegmatis adalah cinta damai. Bisa dibilang mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya masalah atau sesuatu yang dapat memicu keributan. Seandainya pun keributan tidak bisa dihindari maka, seorang dengan tipe kepribadian plegmatis lebih memilih untuk mengalah dan menghindarinya berlanjut.

Mereka adalah tipe kepribadian yang paling menyenangkan untuk dijadikan teman. Orang plegmatis adalah orang yang manis, mereka tidak suka mendesak, dan tidak suka memerintah, hal ini sangat berlawanan dengan tipe kepribadian koleris yang keras dan menuntut.

Orang plegmatis sangat suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan. Tetapi mereka juga harus berhati-hati, karena mereka dapat diperalat oleh orang yang mengerti kecenderungan ini. Walaupun mereka tahu bahwa mereka telah diperalat oleh orang lain mereka tidak marah, karena orang plegmatis yakin bahwa suatu saat akan ada yang membalas kebaikan mereka.

Mereka cenderung netral dalam memandang sesuatu hal. Bagi orang plegmatis sebuah masalah bisa diselesaikan dengan cara yang baik-baik tanpa harus ada keributan. Sayangnya, dengan sifatnya yang rendah hati tersebutlah yang justru membuatnya banyak dirugikan oleh orang lain.

Orang plegmatis bukanlah orang yang suka bicara, mereka cenderung tertutup mereka mudah bergaul, dan pandai bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu mereka mempunyai selera humor yang baik, tidak jarang humor-humor kering dan lucu yang keluar dari mulutnya. Mereka pun mempunyai kecerdasan untuk mudah beradaptasi dengan keadaan apapun, termasuk dalam keadaan yang sangat tertekan.

Umumnya orang dengan tipe kepribadian plegmatis ini bersifat pemalu, dan tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka bersosialisasi dan berada di keramaian selama semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Selain itu orang plegmatis juga bersikap sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan.

Mereka adalah pribadi yang konsisten dan tenang. Tetapi sayangnya orang plegmatis sering tidak mempunyai pendirian. Mereka mudah terpengaruh oleh lingkungan, mudah dibujuk untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, atau melakukan hal yang sebenarnya tidak mau mereka lakukan. Ini semua karena mereka selalu ingin menyenangkan orang lain.

You have Successfully Subscribed!

Share This