Orang dengan tipe kepribadian plegmatis umumnya tidak suka konflik atau keributan, mereka cenderung diam, mengalah, dan selalu ingin menyenangkan orang lain. Mereka adalah orang yang mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan.

Sifat alamiah yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian plegmatis adalah cinta damai. Bisa dibilang mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya masalah atau sesuatu yang dapat memicu keributan. Seandainya pun keributan tidak bisa dihindari maka, seorang dengan tipe kepribadian plegmatis lebih memilih untuk mengalah dan menghindarinya berlanjut.

Mereka adalah tipe kepribadian yang paling menyenangkan untuk dijadikan teman. Orang plegmatis adalah orang yang manis, mereka tidak suka mendesak, dan tidak suka memerintah, hal ini sangat berlawanan dengan tipe kepribadian koleris yang keras dan menuntut.

Orang plegmatis sangat suka membantu orang lain yang berada dalam kesulitan. Tetapi mereka juga harus berhati-hati, karena mereka dapat diperalat oleh orang yang mengerti kecenderungan ini. Walaupun mereka tahu bahwa mereka telah diperalat oleh orang lain mereka tidak marah, karena orang plegmatis yakin bahwa suatu saat akan ada yang membalas kebaikan mereka.

Mereka cenderung netral dalam memandang sesuatu hal. Bagi orang plegmatis sebuah masalah bisa diselesaikan dengan cara yang baik-baik tanpa harus ada keributan. Sayangnya, dengan sifatnya yang rendah hati tersebutlah yang justru membuatnya banyak dirugikan oleh orang lain.

Orang plegmatis bukanlah orang yang suka bicara, mereka cenderung tertutup mereka mudah bergaul, dan pandai bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu mereka mempunyai selera humor yang baik, tidak jarang humor-humor kering dan lucu yang keluar dari mulutnya. Mereka pun mempunyai kecerdasan untuk mudah beradaptasi dengan keadaan apapun, termasuk dalam keadaan yang sangat tertekan.

Umumnya orang dengan tipe kepribadian plegmatis ini bersifat pemalu, dan tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka bersosialisasi dan berada di keramaian selama semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Selain itu orang plegmatis juga bersikap sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan.

Mereka adalah pribadi yang konsisten dan tenang. Tetapi sayangnya orang plegmatis sering tidak mempunyai pendirian. Mereka mudah terpengaruh oleh lingkungan, mudah dibujuk untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, atau melakukan hal yang sebenarnya tidak mau mereka lakukan. Ini semua karena mereka selalu ingin menyenangkan orang lain.

Orang dengan tipe kepribadian plegmatis biasanya sangat jarang mengeluh, mereka justru cenderung bisa untuk menjadi sosok pendengar yang sangat baik. Mereka juga sangat baik dalam menyimpan rahasia, oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari orang plegmatis ini cocok untuk dijadikan sebagai teman curhat.

Apabila orang plegmatis sudah berjanji untuk menyimpan suatu rahasia, maka mereka akan menyimpan rahasia itu dan tidak akan pernah menceritakannya kepada orang lain. Pada dasarnya mereka adalah seorang pendengar yang baik dan dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia.

Mereka mempunyai kebutuhan mendasar penerimaan dan penghargaan. Orang plegmatis akan sangat bahagia bila kedua kebutuhan mereka ini bisa terpenuhi. Orang dengan tipe kepribadian plegmatis juga tidak banyak menuntut, sehingga mereka dapat menerima hidup apa adanya, tenang dan bahagia.

Orang plegmatis cenderung bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil, pakaian, perilaku, politik, investasi usaha, dan lain-lain. Orang plegmatis tidak suka dengan situasi yang tidak mereka kenal. Semua dilakukan dengan dasar konservatif dan sangat berhati-hati.

Hal ini menyebabkan orang plegmatis kadang kala bisa menjadi penakut. Karena mereka lebih suka hal-hal yang telah terbukti bisa berjalan, dengan kata lain orang dengan tipe kepribadian plegmatis selalu ingin mengetahui hasilnya sebelum mereka memulai.

Orang dengan tipe kepribadian plegmatis adalah orang yang pandai menutupi perasaannya, meskipun beban hidupnya sangat berat atau sedang terjadi banyak masalah yang sedang dihadapi dalam hidupnya. Orang yang berada disekitarnya akan melihat keadaan mereka baik-baik, meskipun sebenarnya sedang banyak pikiran yang sedang ia hadapi.

Dalam menghadapi sebuah masalah, orang plegmatis akan bersikap tenang dan bijaksana. Ketika orang lain akan merasa sangat tertekan dan depresi karena masalah yang dihadapinya cukup besar, namun hal itu tidak berlaku untuk seseorang dengan tipe kepribadian plegmatis. Mereka akan tetap bersikap santai dan tenang seolah sedang tidak terjadi permasalahan dan bijaksana sekali dalam menentukan jalan keluar yang akan diambilnya.

Ketika melakukan suatu pekerjaan, orang plegmatis tidak bisa mengerjakan banyak hal secara bersamaan, mereka hanya bisa mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Orang dengan tipe kepribadian plegmatis sangat senang melakuan pekerjaan yang sifatnya berulang atau monoton, dimana pekerjaan seperti itu akan sangat membosankan bagi orang dengan tipe kepribadian koleris dan kepribadian sanguinis.

Orang dengan tipe kepribadian plegmatis tidak menyukai kejutan. Hal ini dikarenakan mereka senang apabila bisa mendapatkan kestabilan. Itulah sebabnya orang plegmatis senang makan di tempat yang sama, mengunjungi tempat hiburan yang sama, pesan makanan yang sama, menginap di hotel yang sama, menonton film di tempat yang sama, dan lain-lain. Intinya orang dengan tipe kepribadian plegmatis sangat menyukai rutinitas, karena hal ini membuat mereka merasa nyaman.

Orang plegmatis cenderung kurang aktif dan kurang berinisiatif, karena mereka adalah tipe penonton. Mereka seringkali menarik diri dari segala macam keterlibatan, karena orang dengan tipe kepribadian plegmatis lebih suka berada di belakang layar dan tidak senang menjadi pusat perhatian. Hal inilah yang pada akhirnya menghambat mereka untuk menunjukkan kemampuannya secara total dan cederung bersifat pasif.

Mereka kadang kala kurang motivasi dan kurang bersemangat, lebih suka berdiam diri dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Ini bukan karena orang plegmatis malas, tetapi mereka lebih suka tidak mengerjakan apa pun daripada mengerjakan sesuatu dan ternyata itu salah.

Meskipun demikian orang dengan tipe kepribadian plegmatis ini bisa dibilang adalah sosok yang praktis, teratur, efisien, dan pandai menemukan jalan keluar. Mereka akan mencari solusi yang paling sederhana dari setiap masalah yang dihadapi. Sehingga semuanya bisa dikendalikan dengan baik dan terorganisir olehnya.

Nah, itu adalah beberapa hal yang mendeskripsikan orang dengan tipe kepribadian plegmatis. Jumlah mereka dalam masyarakat berkisar 30% – 35% dari total populasi. Apalah kamu termasuk salah satunya? Ingin tahu tipe kepribadianmu? Coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

You have Successfully Subscribed!