Kepribadian melankolis bisa digambarkan sebagai orang yang serius, tenang, dan tertutup, namun cerdas dan kritis dalam berpikir. Orang dengan tipe kepribadian melankolis adalah ahli di dalam perencanaan dan analisis. Hidup mereka sangat teratur, suka kerapian, dan secara akademis umumnya tergolong orang yang pandai.

Dalam berpakaian orang melankolis memilik gaya dandanan yang rapi, sangat mementingkan padu-padan baik dalam warna maupun gaya, baginya penampilan adalah nomor satu. Semua hal selalu dipertimbangkan terlebih dulu oleh mereka.

Orang dengan tipe kepribadian melankolis biasanya akan sangat berhati-hati dengan kata-kata yang dikeluarkannya, begitu juga dengan tindakan yang dilakukannya. Ketika orang melankolis membuat janji dan tidak bisa menepatinya, maka mereka akan kecewa dengan dirinya sendiri.

Orang melankolis lebih menyukai kesendirian daripada harus berada di tengah keramaian, mereka mudah tersesat di tempat yang baru atau asing, dan terkadang agak penakut. Orang dengan tipe kepribadian melankolis mempunyai sifat sensitif, mudah terluka perasaannya, dan menginginkan segalanya selalu terjadi secara sempurna.

Mereka mempunyai kemampuan untuk berfikir secara analitis dan mendalam. Orang melankolis sangat berhati-hati dan cenderung suka curiga, karena mereka tidak suka membuat kesalahan. Orang dengan tipe kepribadian melankolis dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik dari pada tipe kepribadian lainnya.

Dengan sifat perfeksionisnya, orang melankolis dengan sangat mudah menyalahkan dirinya atas apa yang mungkin berjalan tidak sesuai dengan yang mereka rencanakan. Tidak jarang mereka mudah sekali mengalami tekanan karena standar tinggi yang ditetapkan oleh dirinya sendiri.

Sebagai sosok pribadi yang tekun, orang melankolis akan berusaha hingga maksimal untuk bisa menyelesaikan sesuatu hal yang telah dimulainya. Dalam pekerjaan, orang melankolis selalu berorientasi pada jadwal. Saat mereka memutuskan untuk memulai sesuatu hal maka orang melankolis akan melakukannya hingga tuntas.

Orang dengan tipe kepribadian melankolis sangat konsisten. Mereka hampir tidak pernah salah dalam menyampaikan suatu detail. Orang melankolis juga senang mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama, seperti orang dengan tipe kepribadian plegmatis.

Prinsip orang melankolis, jika suatu cara telah berhasil digunakan mengapa harus mengubahnya? Mereka lebih suka dengan pekerjaan yang berulang, karena orang melankolis suka berpegang pada apa yang sudah mereka ketahui.

You have Successfully Subscribed!

Share This