Tipe kepribadian sanguinis bisa disimbolkan dengan sistem saraf yang mampu menyerap berbagai macam ide, gambar, hingga sensasi, yang kemudian ditampilkannya dalam sebuah perilaku spontanitas dan juga kepopulerannya. Orang dengan tipe kepribadian sanguin cenderung tampak hidup, optimistis, memiliki emosi yang meluap-luap, dan sikap acuh tak acuh.

Dalam berpakaian orang sanguinis gemar memakai pakaian berwarna cerah dengan beragam aksesoris. Pendek kata, tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian. Orang sanguinis akan berjalan dengan gayanya yang ceria dan akan menoleh ke kiri – kanan dan melempar banyak senyum kepada orang-orang di sekitarnya.

Orang sanguinis dikenal mempunyai karakter yang menarik, emosional, suka bicara, menghidupkan suasana, antusias, ekspresif, periang, dan penuh semangat. Pada dasarnya, orang dengan tipe kepribadian sanguinis akan menjadi individu yang sangat terbuka kepada orang lain dan lingkungan.

Salah satu hal paling mendasar dan merupakan ciri yang paling terlihat dari orang dengan tipe kepribadian sanguinis adalah seringkali dijuluki sebagai orang yang populer. Kepopulerannya ini dikarenakan kepandaiannya dalam hal persuasif dan memiliki kecenderungan untuk selalu diperhatikan dan dikenal oleh lingkungan.

Biasanya orang sanguinis mempunyai banyak sekali teman, dan mempunyai selera humor yang tinggi. Sehingga membuat mereka disukai oleh setiap orang yang mereka ajak bicara. Orang sanguinis sangat menyukai kehidupan sosial dimana mereka bisa bertemu dengan orang lain dan terlibat dalam pembicaraan. Mereka mudah sekali bergaul, dan menciptakan pertemanan dengan orang lain.

Orang sanguinis begitu terbuka sehingga bisa cerita tentang banyak hal kepada orang lain dan kemudian dengan mudah melupakannya. Dan seringkali mereka dengan begitu mudah melupakan janjinya, tetapi juga begitu mudah untuk meminta maaf.

Selain itu, jangan pernah menceritakan suatu rahasia kepada orang dengan tipe kepribadian sanguinis. Karena mereka suka sekali mendengarkan rahasia, tetapi tidak bisa menyimpan rahasia itu. Hal ini disebabkan karena orang sanguinis terlalu suka bercerita kepada orang lain.

Tidak hanya memiliki sifat yang terbuka, mereka juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sekalipun. Orang sanguinis sangat responsif kepada orang lain, hangat, ramah, bahkan terkesan humoris. Tidak heran, kebanyakan orang dengan tipe kepribadian sanguinis ini merupakan sosok yang populer di lingkungannya.

Orang sanguinis sangat takut akan kehilangan teman atau popularitas. Akibatnya, mereka sangat rawan akan godaan untuk melakukan hal-hal yang mungkin bertentangan dengan nilai yang mereka pegang, karena mereka mempunyai kebutuhan mendasar berupa penghargaan dan pengakuan.

Setiap harinya mereka akan selalu berusaha agar orang lain tertarik dan memerhatikan dirinya. Orang sanguinis akan melakukan apapun agar menjadi pusat perhatian. Baik menjadi seorang yang humoris, responsif, hingga melakukan hal-hal spontanitas dan bodoh sekali pun.

Salah satu sifat dari orang sanguinis adalah kecenderungannya untuk melakukan segala sesuatu secara spontan. Orang sanguinis juga tidak terlalu memikirkan hal-hal yang tidak penting, sehingga mereka selalu bisa merasakan kegembiraan di setiap aktivitasnya. Spontanitas dari tipe kepribadian sanguinis tercipta dari sifatnya yang tidak mau ambil pusing.

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung bertindak sebelum berpikir, dan terkadang mereka kurang tegas sehingga sering diperalat oleh orang lain. Tidak jarang apabila segala sesuatu diinterpretasikan dengan cepat. Hal ini dikarenakan emosionalnya yang selalu mendominasi ketika mengambil keputusan. Bahkan dari keputusannya yang spontan seringkali menimbulkan permasalahan.

Orang sanguinis selalu dipenuhi dengan kegembiraan. Karena prinsip mereka kegembiraan adalah hidup. Apapun dan bagaimana pun keadaannya orang sanguinis akan selalu merasa gembira, dan orang lainpun akan ikut merasa senang saat bersama mereka.

Cara mengenali orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangatlah mudah, karena cukup dengan melihat bagaimana hidup kesehariannya. Dengan sifatnya yang periang, kegembiraan itu pun selalu ditularkan dan disebarkan oleh orang lain, karena mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian dari kebahagiaan orang lain.

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis mempunyai sikap yang optimis, tidak mudah menyerah, bahkan perilakunya yang dinamis selalu menjadikan dirinya bahan perhatian dan nilai lebih bagi orang lain. Baginya, kegembiraan adalah hidupnya dan hidupnya adalah petualangan bersama orang banyak.

Mereka sangat tertarik dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Orang sanguinis tidak tertarik menyelesaikan suatu tugas, tetapi mereka lebih tertarik pada bagaimana setiap orang yang terlibat dalam tugas itu saling berhubungan satu sama lain. Orang sanguin memandang hubungan sebagai sesuatu hal yang sangat penting.

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis seringkali tidak berkeberatan untuk menjadi sukarelawan dalam melakukan suatu pekerjaan. Mereka selalu memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan, karena orang sanguinis adalah kepribadian yang kreatif dan inovatif. Orang sanguinis mempunyai energi, antusiasme, dan pandai memberikan ilham bagi orang lain. Mereka pintar memotivasi orang lain untuk turut bekerja.

Selain itu, orang sanguinis juga sangat senang dengan petualangan dan hal-hal baru. Namun, dengan sifatnya yang senang petualangan dan hal-hal baru, menjadikan mereka cepat merasa bosan. Karena sifatnya yang mudah bosan itu menjadikan orang dengan tipe kepribadian sanguinis ini termasuk tipe moody-an.

Pada beberapa waktu, orang sanguinis akan minat pada suatu hal, namun setelah beberapa saat ketertarikan dan minatnya itu akan cepat mudah hilang. Sama halnya ketika bekerja dan melakukan sesuatu, jika lingkungan menyenangkan, maka orang dengan kepribadian sanguinis akan melakukan segala sesuatu dengan optimal, tetapi jika membosankan, maka pekerjaannya pun bisa saja berantakan.

Orang sanguinis sulit untuk fokus, dan tidak suka dengan pekerjaan yang rutin. Mereka sulit bertahan dalam suatu proyek dan menyelesaikannya. Apapun jalur karir yang mereka pilih, mereka selalu merasa tidak puas. Hal ini disebabkan karena orang dengan tipe kepribadian sanguinis terlalu menikmati perubahan.

Meskipun demikian, orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat cocok sekali jika menjadi seorang entertainer. Pasalnya, dengan pekerjaan ini maka secara otomatis membuat pribadi sanguinis menjadi sorotan publik. Selain itu, mereka pun mempunyai ide-ide yang kreatif dan mudah sekali dalam menangkap serta menafsirkan sesuatu.

Nah, itu adalah beberapa hal yang mendeskripsikan orang dengan tipe kepribadian sanguinis. Jumlah mereka dalam masyarakat berkisar 25% – 30% dari total populasi. Apalah kamu termasuk salah satunya? Ingin tahu tipe kepribadianmu? Coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

You have Successfully Subscribed!