Orang dengan tipe kepribadian plegmatis tidak menyukai kejutan. Hal ini dikarenakan mereka senang apabila bisa mendapatkan kestabilan. Itulah sebabnya orang plegmatis senang makan di tempat yang sama, mengunjungi tempat hiburan yang sama, pesan makanan yang sama, menginap di hotel yang sama, menonton film di tempat yang sama, dan lain-lain. Intinya orang dengan tipe kepribadian plegmatis sangat menyukai rutinitas, karena hal ini membuat mereka merasa nyaman.

Orang plegmatis cenderung kurang aktif dan kurang berinisiatif, karena mereka adalah tipe penonton. Mereka seringkali menarik diri dari segala macam keterlibatan, karena orang dengan tipe kepribadian plegmatis lebih suka berada di belakang layar dan tidak senang menjadi pusat perhatian. Hal inilah yang pada akhirnya menghambat mereka untuk menunjukkan kemampuannya secara total dan cederung bersifat pasif.

Mereka kadang kala kurang motivasi dan kurang bersemangat, lebih suka berdiam diri dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Ini bukan karena orang plegmatis malas, tetapi mereka lebih suka tidak mengerjakan apa pun daripada mengerjakan sesuatu dan ternyata itu salah.

Meskipun demikian orang dengan tipe kepribadian plegmatis ini bisa dibilang adalah sosok yang praktis, teratur, efisien, dan pandai menemukan jalan keluar. Mereka akan mencari solusi yang paling sederhana dari setiap masalah yang dihadapi. Sehingga semuanya bisa dikendalikan dengan baik dan terorganisir olehnya.

Nah, itu adalah beberapa hal yang mendeskripsikan orang dengan tipe kepribadian plegmatis. Jumlah mereka dalam masyarakat berkisar 30% – 35% dari total populasi. Apalah kamu termasuk salah satunya? Ingin tahu tipe kepribadianmu? Coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

«12 3

You have Successfully Subscribed!