Orang dengan tipe kepribadian plegmatis biasanya sangat jarang mengeluh, mereka justru cenderung bisa untuk menjadi sosok pendengar yang sangat baik. Mereka juga sangat baik dalam menyimpan rahasia, oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari orang plegmatis ini cocok untuk dijadikan sebagai teman curhat.

Apabila orang plegmatis sudah berjanji untuk menyimpan suatu rahasia, maka mereka akan menyimpan rahasia itu dan tidak akan pernah menceritakannya kepada orang lain. Pada dasarnya mereka adalah seorang pendengar yang baik dan dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia.

Mereka mempunyai kebutuhan mendasar penerimaan dan penghargaan. Orang plegmatis akan sangat bahagia bila kedua kebutuhan mereka ini bisa terpenuhi. Orang dengan tipe kepribadian plegmatis juga tidak banyak menuntut, sehingga mereka dapat menerima hidup apa adanya, tenang dan bahagia.

Orang plegmatis cenderung bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil, pakaian, perilaku, politik, investasi usaha, dan lain-lain. Orang plegmatis tidak suka dengan situasi yang tidak mereka kenal. Semua dilakukan dengan dasar konservatif dan sangat berhati-hati.

Hal ini menyebabkan orang plegmatis kadang kala bisa menjadi penakut. Karena mereka lebih suka hal-hal yang telah terbukti bisa berjalan, dengan kata lain orang dengan tipe kepribadian plegmatis selalu ingin mengetahui hasilnya sebelum mereka memulai.

Orang dengan tipe kepribadian plegmatis adalah orang yang pandai menutupi perasaannya, meskipun beban hidupnya sangat berat atau sedang terjadi banyak masalah yang sedang dihadapi dalam hidupnya. Orang yang berada disekitarnya akan melihat keadaan mereka baik-baik, meskipun sebenarnya sedang banyak pikiran yang sedang ia hadapi.

Dalam menghadapi sebuah masalah, orang plegmatis akan bersikap tenang dan bijaksana. Ketika orang lain akan merasa sangat tertekan dan depresi karena masalah yang dihadapinya cukup besar, namun hal itu tidak berlaku untuk seseorang dengan tipe kepribadian plegmatis. Mereka akan tetap bersikap santai dan tenang seolah sedang tidak terjadi permasalahan dan bijaksana sekali dalam menentukan jalan keluar yang akan diambilnya.

Ketika melakukan suatu pekerjaan, orang plegmatis tidak bisa mengerjakan banyak hal secara bersamaan, mereka hanya bisa mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Orang dengan tipe kepribadian plegmatis sangat senang melakuan pekerjaan yang sifatnya berulang atau monoton, dimana pekerjaan seperti itu akan sangat membosankan bagi orang dengan tipe kepribadian koleris dan kepribadian sanguinis.

You have Successfully Subscribed!