Shio Tikus

Pesona kepribadian Tikus sudah dikenal dan diketahui secara luas seperti karakter Walt Disney, Mickey Mouse. Ia dapat bersikap jujur dan blak-blakan namun lewat cara sedemikian rupa hingga kita tidak akan dirugikan.

Orang shio tikus pandai bergaul, gemar bekerja keras lagi hemat, dan hanya akan bermurah hati pada mereka yang amat disukainya, jadi kalau kita kebetulan menerima hadiah yang mahal darinya, kita boleh menganggap harga diri kita cukup tinggi di matanya.

Tetapi, di balik kepelitannya itu, ia memang tidak mencari-cari pengagum, sebab pribadinya sendiri sudah memancarkan daya tarik yang mempesona.

Dari luar, orang shio tikus memang kelihatan suka menyendiri, tetapi sebenarnya tidak demikian. Ia tidak sedemikian pendiam seperti yang terlihat. Terkadang kita malah bisa melihat dirinya terlalu kritis, suka menggerutu dan suka mencari-cari kesalahan.

Tetapi secara keseluruhan, ia menyukai pesta, dan pertemuan-pertemuan lainnya. Ia mau bersusah-payah buat bergabung dengan klub-klub orang ”gedean” dan malah sering ditemui dalam kerumunan sejumlah teman dekat atau teman-temannya. Ia senang sekali melibatkan diri dan senang berpergian.

Orang shio tikus benar-benar menyayangi teman-temannya, kaki-tangannya dan sanak saudaranya, terkadang ia suka ikut terlibat dalam kehidupan dan petualangan pribadi orang lain sebab tidak mudah baginya buat melepaskan ikatan emosinya sekali ia memulainya.

Tetapi masih juga, orang tidak tahu pasti bagaimana dan kemana sesungguhnya ia berpihak. Kesanggupannya buat mencintai hanya dapat ditandingi oleh kelihaiannya dan kecintaannya pada uang.

Seorang bos bershio tikus amat memperhatikan karyawannya, apakah mereka cukup melakukan latihan jasmani atau apakah mereka sudah menjalankan dietnya. Dalam lubuk hati, secara tulus ia benar-benar memperhatikan kesejahteraan mereka, ia akan mengunjungi mereka kalau mereka sakit dan menganggap masalah mereka adalah masalahnya.

Namun begitu waktunya tiba bagi para karyawannya buat naik gaji, maka ia akan mengelak dan menjadi pelit. Tarik-urat dan tawar-menawar masih diperlukan begitu sampai saatnya orang shio tikus harus berpisah dengan uangnya.

Seorang wanita Tikus mungkin terus menerus akan membuat kita heran dengan kehematannya. Ia kerap terlihat sedang membagi-bagikan pakaian tua, boneka-boneka usang, membeli atau menjual barang bekas, makanan-makanan sisa atau yang hampir basi.

Namun, ia tidak mungkin menerapkan ukuran yang seperti ini terhadap anak-anaknya sendiri. Sekiranya saja anak-anaknya tahu bagaimana membujuknya, maka ia akan sulit untuk menolak keinginan mereka. Orang-orang bershio tikus memang pelit pada keluarganya sendiri.

Terkadang, orang shio tikus suka sekali hidup berkelompok. Barangkali ada benarnya berkelompok itu lebih menjamin keselamatan. Ia tidak pernah khawatir bagaimana caranya memberi makan dan malah memperbolehkan sanak-saudara serta kawan-kawannya untuk berkumpul di rumahnya dan hidup dari jerih payahnya.

Mengapa? Karena orang shio tikus yang cerdik akan selalu sanggup untuk menemukan sesuatu yang dapat mereka kerjakan demi menjaga kelangsungan hidup mereka sendiri, dan mempertahankan apa yang telah mereka dapatkan.

Orang-orang sontoloyo, gelandangan dan yang hanya mau menumpang gratis harus dapat bekerja dengan cekatan di dalam rumah tangganya. Kedermawaan memiliki batas. Percayakanlah semuanya pada orang shio tikus yang efisien.

Tikus dapat menyimpan rahasianya dengan baik, namun ia juga dapat menyimpan rahasia orang lain jika dianggap cukup bisa dipercaya. Ia agak menyesal kalau sampai memanfaatkan informasi yang telah terkumpul atau pun sampai memanfaatkan kesalahan orang lain.

Biar bagaimana, Anda sebenarnya tidak mengharapkan kalau dia sampai menyia-nyiakan kesempatan, berhubung dia gemar “menguping” setiap saat. Walau ia suka menyembunyikan perasaannya, namun orang selalu dapat mengetahui kalau ia sedang bingung.

Karena pada saat itu ia cenderung menjadi tidak tenang, kasar dan tidak sopan. Beberapa diantaranya benar-benar menjadi bawel. Karena orang shio tikus biasanya aktif dan giat, maka ia akan cepat tersinggung melihat orang yang suka bersantai-santai atau membuang-buang waktu.

Dari segi negatifnya, orang shio tikus doyan membuat gosip, mengkritik orang, membanding-bandingkan, mencela dan menawar-nawar biasanya mengenai hal-hal yang remeh remeh. Ia seringkali membeli barang yang sesungguhnya tidak dibutuhkan dan karenanya selalu tertipu dalam tawar-menawar.

Boleh jadi ini juga merupakan puncak keinginannya sendiri. Barang kenangan, suvenir dan setumpuk novel yang sentimentil akan bertimbun di kamarnya maupun di hatinya. Ia juga cenderung buat menjadi orang yang paling sibuk di kalangan tetangga, meski maksudnya baik.

Orang shio tikus seringkali dikenal sebagai penulis yang jempolan dan ini sama sekali tidak mengherankan. Ia selalu ingin atau berusaha untuk mengetahui segala sesuatu tentang setiap orang di kotanya. Ia pandai melakukan pengamatan, memiliki mata jeli buat hal yang kecil-kecil, punya ingatan yang baik dan penuh rasa ingin tahu.

Orang bershio tikus dalam tahun ini akan memperoleh sukses dalam bidang apapun yang digarapnya, karena shionya, Tikus, bisa cepat menyesuaikan diri pada situasi saat itu.

Ia juga punya kemampuan buat mengatasi kesulitan dan malah pandai sekali mengambil posisi waktu ada krisis. Kecuali berkepala dingin dan waspada, ia juga punya intuisi tajam, pandangan ke depan dan ketajaman dunia usaha. Kerugian hanya akan mempertajam akalnya dan ia akan selalu tampak sibuk menggodok selusin rencana baru.

Kita tidak perlu mengecek kebonafiditasan Tikus, sebab ia akan selalu memeriksa pintu belakang sebelum mengadakan transaksi. Ini seumpamanya ia harus cepat dapat meloloskan diri dari situasi yang tidak terduga.

Menyelamatkan diri merupakan prioritas pertama baginya dan biasanya ia mengambil jalan dengan risiko paling kecil. Bila Anda ingin bisa segera keluar dari kesulitan, ikutilah langkah Tikus. Tikus diperlengkapi oleh tanda bahaya dan sarana membela diri yang jarang gagal.

Batu penghalang satu-satunya adalah terlalu berambisi. Ia mencoba mengerjakan beberapa hal sekaligus yang terlalu menguras energinya dalam waktu singkat. Sekiranya ia dapat menghindarkan ini dan dapat menyelesaikan semua yang sudah dikerjakannya, maka anggota shio ini akan menjadi kaya, sebab memang orang shio tikus mencintai uang.

Meski orang shio tikus dipersenjatai dengan kemampuan lahiriah untuk mencium bahaya dan karenanya harus tahu di mana harus berhenti, terkadang ia tidak dapat mengandalkan pada penilaiannya sendiri, sebab ia tidak dapat melewatkan tawaran bagus.

Akibatnya ia cenderung jatuh ke dalam perangkap lama. Ia tidak akan dapat menemukan masalah dalam hidupnya seandainya ia dapat mengalahkan ketamakannya dan meninggalkan kebiasaan jeleknya itu justru waktu ia jaya.

Dalam hidupnya, Tikus yang tamak, paling tidak akan pernah mengalami kebangkrutan, sebelum ia menyadari bahwa keserakahan itu tidak ada gunanya. Tetapi, kita memang jarang menemukan orang shio tikus yang miskin, dan seumpamanya ada, dengan sejumlah potensi yang ada pada dirinya, kemiskinan itu tidak bakal bertahan lama.

Rasanya berlawanan dengan karakternya sekiranya ia tidak dapat menemukan rejeki lain yang tersembunyi di suatu tempat.

Sebagai orang yang termasuk paling sentimentil dalam siklus perbintangan Cina, Tikus tidak hanya dekat dengan anak-anaknya tetapi juga dengan orangtuanya. Orangtua yang kebetulan mempunyai anak bershio tikus boleh bergembira karena mereka pasti akan diperhatikan dan dirawat dengan baik.

Berbeda dengan anak bershio naga, yang kadangkala terlalu menuntut kesempurnaan dari orangtua mereka, anak muda Tikus justru memiliki kepercayaan yang tidak terbatas pada kedua orangtuanya, melayani kebutuhan mereka dan memaafkan kekurangan mereka.

Di samping memusatkan perhatian pada suami dan anak-anaknya, wanita bershio tikus adalah ibu rumah tangga yang ideal. Ia akan mengikuti perkembangan karir suaminya dengan seksama, mengantarkan anaknya ke les piano, sampai membuat Anda pusing kepala.

Seorang suami kelahiran shio ini malah ballet atau les biola dan masih pula sanggup mengikuti aktivitas sosial lainnya sebaliknya, bersedia membantu pekerjaan rumah tangga dan bahkan masih dapat melewatkan liburannya dan akhir pekannya bersama keluarga.

Waktu kelahiran memegang peranan penting dalam cara hidup orang shio tikus. Shio Tikus yang lahir pada malam hari akan mengalami kehidupan yang lebih melelahkan dan lebih tenang. Tikus malam harus berkeliaran untuk mencari makan daripada saudaranya yang lahir di siang hari.

Orang shio tikus akan tertarik pada orang-orang bershio kerbau, yang dipandangnya kuat, dapat diandalkan serta dapat menghargai sepenuhnya pengabdian yang dilakukannya. Yang kedudukannya sejajar dengan tikus adalah orang-orang kuat yang bershio naga.

Orang shio tikus juga menganggap shio ular menarik dan pandai, dan ada kemungkinan ia akan bersekutu dengannya. Orang shio tikus terpesona oleh kekuatan dan kepandaian, maka tidak heran kalau ia mudah jatuh dalam pesona shio monyet.

Ia dapat menerima cara-cara shio monyet dalam mengerjakan segala sesuatu dan sebaliknya shio monyet keasyikan mencengkram shio tikus dalam genggamannya. Shio macan, anjing, babi atau orang shio Tikus lainnya tidak akan mempunyai kesulitan bergabung dengan shio tikus.

Ingin tahu tipe kepribadianmu? Yuk coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

Visit kinuba.com

You have Successfully Subscribed!