Shio Macan

Di Timur, Macan melambangkan kekuasaan, hawa nafsu dan keperkasaan. Sebagai karakter yang suka berontak, beraneka ragam dan tidak dapat diramalkan, ia memegang kendali kekaguman dan kehormatan dari segala penjuru.

Pejuang yang ganas dan tidak mengenal takut ini dihubungkan dengan tanda yang dapat menangkis tiga malapetaka utama dalam rumah tangga yaitu api, pencuri dan hantu. Macan adalah pribadi yang menguntungkan buat diajak bergaul, asal saja Anda siap-sedia buat segala macam aktivitas yang datang bersama kepribadian dinamisnya.

Dorongan hati dan semangat hidup orang bershio Macan ternyata menular. Semangat dan cintanya terhadap kehidupan memang merangsang. Ia akan membangkitkan seluruh emosi dalam diri orang, kecuali ketidak acuhan. Pendeknya, Macan yang memikat ini senang menjadi pusat perhatian.

Pembawaannya yang resah dan tidak dapat berdiam diri, menyebabkannya selalu tidak sabar untuk bertindak. Namun, karena wataknya yang juga mudah curiga, ia condong buat menjadi ragu-ragu atau tergesa-gesa mengambil keputusan. Baginya sulit buat mempercayai orang lain atau menaklukkan emosinya.

Ia harus mengungkapkan buah pikirannya kalau sedang bingung. Tapi meski temperamennya panas, ia juga tulus, penuh kasih sayang dan murah hati. Di samping itu ia punya selera humor yang menakjubkan.

Tiap warga Macan memiliki segi kemanusiaan dalam dirinya. Ia mencintai anak kecil, binatang, jazz atau apa saja yang dapat mencuri imajinasi atau perhatiannya. Bila ia terlibat, maka keterlibatannya itu total.

Segala sesuatu, bahkan bernafas sekalipun, hanya merupakan kepentingan kedua baginya, bila ia sedang mengagumi sesuatu. Dalam berusaha, ia tidak pernah bertindak setengah hati, orang dapat mempercayai Macan 100% atau bahkan lebih, bila kepercayaan macam itu ada dalam dirinya.

Tipe yang lebih keduniawian biasanya sudah menceburkan diri ke dalam kehidupan seniman pada usia muda. Beberapa di antaranya malah sudah keranjingan dengan kehidupan jenis itu.

Pelukis-pelukis yang baru mekar memajangkan lukisan mereka di sudut-sudut jalan, band-band amatir memperlihatkan kebolehannya di jalan-jalan umum, penyanyi-penyanyi pop harian atau aktor-aktor ambisius yang bekerja untuk mendapatkan sesuap nasi biasanya merupakan anak bershio Macan.

Ini mungkin disebabkan karena selain berwatak optimis, Macan juga tidak begitu materialistis atau terlalu memikirkan keamanannya. Dalam kehidupannya mestilah ada suatu saat dimana ia akan bertindak hanya berdasarkan dorongan hatinya, memerankan semua peran fantastis yang ditentukannya bagi dirinya sendiri.

Macan harus mengekspresikan dirinya, menegakkan identitasnya dan membentuk kepribadiannya, dan seandainya pemberontakan atau kesempatan untuk menyatakan pendapat secara blak-blakan ditawarkan padanya, maka jalan itulah yang akan dipilihnya.

Dapatkah orang tidak menyukainya melihat kekurang sempurnaanya ini, kalau hal-hal semacam itu dapat disebut demikian? Tidak, sembilan dari sepuluh orang di antara kita bahkan cenderung buat menjagoinya.

Kita boleh saja menggelengkan kepala melihat keberaniannya atau menahan napas melihat tindakannya yang gila, namun pada saat yang sama kita juga tidak lupa memanjatkan doa dalam hati masing-masing baginya dan bahkan kita ikut membagi kemenangan bersamanya waktu kita lihat dia sukses.

Kalau Macan sedang kesal, ia akan membutuhkan segerobak simpati dari Anda. Jangan memperdebatkan siapa yang benar dan siapa yang salah. Logika tidak berarti apa-apa baginya. Jangan segan-segan menghiburnya. Ia akan menghibur Anda dua kali lebih banyak bila situasinya terbalik.

Ia akan senang mendengarkan kata atau nasihat bijak Anda dan akan memperhatikan setiap nasihat. Namun itu bukan berarti ia akan mengikutinya. Ada perbedaannya, Anda tahu. Kita tidak dapat bersikap “semau gue” terhadapnya.

Lebih baik Anda memegang tangannya dan menunggu sampai mulutnya kering, sampai ia selesai mencurahkan segala perasaannya dan mengumpulkan egonya kembali. Kemudian akan dibiarkannya berlalu dari hadapannya dengan perasaan lega bagai Anda baru saja berhasil menyatukan kembali sebutir telur yang jatuh hancur berantakan.

Setelah meminta Anda pergi, ada kemungkinan besar Macan akan pergi juga dan melaksanakan apa yang telah direncanakannya semula. Tidak peduli seberapa patah semangat ataupun seberapa kalut pikirannya, tidak peduli seberapa dalam pun kekecewaannya atau seberapa kuat pun tekanan yang mengepungnya.

Jangan mengira ia akan patah semangat dan tidak lagi mampu untuk hidup! Entah dari mana datangnya, selalu saja ada kemauan untuk hidup itu dalam diri orang yang tidak pernah kehabisan semangat ini, untuk kembali mengobarkan api semangat itu dan mulai lagi menjalankan kehidupannya dan petualangan cintanya dari mula.

Meski ia terasa terlalu bersemangat untuk mengandalkan dirinya pada saat-saat yang menekan baginya, Macan masih dikenal mampu buat menyentuh perasaan publik. Kalau sedang berkepala dingin, pribadinya terasa hangat, sensitif dan simpatik. Sebaliknya, kalau sedang kumat, ia keras kepala, tidak bisa ditolerir dan hanya tunduk pada kehendaknya sendiri.

Wanita Macan tergolong mereka yang menarik dan nyonya rumah yang selalu berwajah cerah. Ia mampu memadukan rumah tangga dan kehidupan sosial berkat rasa percaya dirinya yang besar.

Sifatnya yang tertib, penuh semangat dan pandai melengahkan perhatian orang membuatnya bagai anak kucing kecil yang manis, karena tindakannya ini mengundang pendapat baik orang terhadapnya. Namun jangan berani mencelanya, ia akan mengeluarkan kukunya bilamana diperlukan.

Sebagai orang yang berminat terhadap mode, pandai mengungkapkan pikirannya serta cukup liberal, wanita Macan senang sekali memanjakan dirinya dan bahkan tahan untuk mencoba model rambut gaya baru bagi kepalanya sendiri di muka cermin, berdandan dan mematut-matut pakaian.

Ia termasuk tipe wanita yang selalu mengeluh tidak punya pakaian yang patut dipakai, meskipun di rumah ia memiliki baju beraneka ragam. Namun bila di rumah kegemarannya mengenakan blue jeans sama besar dengan kegemarannya mengenakan busana mewah.

Selenggarakanlah pesta dan ia akan mampu mempesona Anda setiap saat. Ia juga pandai bergaul dengan anak-anak. Ia suka menceritakan kisah-kisah cinta, memasang mimik dan menggembirakan dirinya sendiri sembari memamerkan senyumnya yang memikat.

Dan yang paling menarik dari kesemuanya itu adalah ia dapat membuat mereka sayang kepadanya dengan cara memenangkan mereka. Kalau ia sedang di rumah, mereka bisa memperoleh gula-gula sebelum makan malam, dua sendok besar es krim dan bahkan boleh tidur agak terlambat untuk menyaksikan acara favorit mereka di TV.

Namun anehnya, anak-anak wanita Macan ini tidak lebih manja daripada anak-anak lain. Mereka dapat memahami pelajarannya dengan baik. Ini mungkin disebabkan karena seusainya memperlihatkan cintanya pada mereka, ia benar-benar menerapkan semua peraturan yang berlaku.

Ia mengajarkan mereka bagaimana cara membawa diri, dan seandainya mereka berhasil baik, ia tidak segan-segan mengganjar mereka dengan imbalan yang berlipat ganda. Akan ada acara piknik, wisata ke kebun binatang dan ke taman nasional, atau pergi memancing atau berlayar. Nah, siapa yang bisa menolak semuanya ini?

Seperti juga Naga dan Ayam, warga Macan mempunyai ego yang amat besar. Uang, kekuasaan dan ketenaran tidak akan berarti apa-apa baginya menjadi penipu yang paling busuk dan licik yang pernah Anda temui.

Ia akan melakukan apa saja untuk membalaskan dendamnya, meski harus ditebus dengan membakar rumahnya. Hal-hal yang remeh bisa saja membakar emosinya, padahal hal-hal besar yang tidak menarik perhatiannya dibiarkan lewat tanpa digubris. Ingatlah ia paling anti kalau diabaikan.

Dua kelemahannya dalam hidup ini adalah ketergesaannya di satu pihak, dan ketidak becusannya mengambil keputusan di lain pihak. Andainya ia belajar buat mengambil jalan tengah, Macan akan merupakan pribadi yang luar biasa sukses.

Di lubuk hati, Macan adalah orang yang romantis. Ia senang melucu, namun juga mesra dan sentimental sekaligus, makanya asyik pula jika kebetulan Anda berpacaran atau menikah dengan seorang Macan. Namun ia cenderung terlalu posesif atau suka berdebat bila cemburu.

Masa kanak-kanak Macan mungkin adalah masa yang terbaik. Dalam tahun-tahun pembentukan watak ini, ia dapat diajarkan bagaimana caranya mengekang diri dan menahan emosinya yang suka meledak-ledak dan yang dapat merupakan awal keruntuhannya.

Pada masa muda dan masa jayanya, Macan akan tenggelam dalam usahanya untuk meraih sukses dan mewujudkan mimpinya. Masa tuanya bisa terasa tentram umpamanya saja ia dapat belajar buat merelakan kedudukannya dan beristirahat. Tapi tampaknya hal ini agak sulit, sebab ia masih akan dihantui oleh penyesalan tentang apa yang diperbuatnya dan apa yang tidak.

Secara keseluruhan, kehidupan Macan memang berubah-ubah, diwarnai oleh tawa-ria, air mata, sakit hati, kegembiraan, putus asa dan oleh setiap emosi yang dikenal orang dari buku.

Jangan sekali-kali mengasihani dirinya. Ia tidak memerlukannya, ia hanya dapat mencintai kehidupan apabila ia diperbolehkan buat mereguk isinya hingga puas, tentu berdasarkan cara yang dipilihnya sendiri. Macan adalah pribadi yang luar biasa optimis, yang akan selalu siap kembali bagi tantangan baru.

Macan akan menjalani kehidupan bahagia bersama Babi. Babi yang jujur dan ramah, akan mengimbangi ketergesaan Macan dan meminjamkannya rasa stabil dan aman. Macan juga dapat berhubungan baik dengan Anjing yang realistis dan praktis.

Anjing yang setia akan erat menempel pada Macan dan tidak hanya sanggup mengekang temperamen Macan, namun juga mampu bertukar pikiran dengannya. Kuda yang sederhana dan berwatak riang juga akan merupakan rekan yang baik di masa jaya Macan. Keduanya memiliki gairah yang sama bagi kehidupan dan aktivitas.

Namun Kuda yang gesit dan cekatan akan lebih dahulu mencium bahaya sebelum Macan yang kuat mengetahuinya. Lagipula Macan akan mengambil keuntungan yang besar dari reaksi cepat dan indera tajam Kuda.

Orang-orang yang lahir pada tahun Tikus, Kambing, Ayam atau pun Macan sendiri tidak akan mengalami kesulitan bergaul dengan Macan. Satu hal yang tidak boleh dilakukan Macan adalah menentang wibawa orang yang lahir pada tahun Kerbau. Orang yang serius dan tidak punya kompromi ini tidak akan mendengarkan omong kosong Macan.

Dalam pertarungan, Kerbau dapat menanduk Macan hingga mati. Demikian pula, perpaduan antara Ular dan Macan sebaiknya jangan dilakukan. Persamaan di antara keduanya terletak pada rasa curiganya yang besar.

Ular tergolong tenang, waspada, berkepala dingin namun mematikan, sementara Macan lantang dan doyan menuduh. Keduanya tidak akan mencapai kecocokan. Terakhir, Monyet adalah shio yang paling sukar ditebak bagi Macan.

Anak bergajul ini tidak pernah jemu menggoda Macan, yang akhirnya akan kehilangan kesabaran dan membuat dirinya nampak seperti orang tolol. Akal bulus Monyet tidak tertandingi oleh Macan, karenanya dalam bergaul dengan Monyet, Macan bisa sengsara.

Ingin tahu tipe kepribadianmu? Yuk coba tes kepribadian ini!

Semoga bermanfaat.

Visit kinuba.com

You have Successfully Subscribed!