Kepribadian sanguinis didefinisikan sebagai kepribadian yang populer. Karena, orang-orang dengan kepribadian ini benar-benar mampu memikat seseorang dengan caranya.

Berbeda dengan tiga tipe kepribadian lainnya (koleris, melankolis, dan plegmatis), orang sanguinis sangat terbuka terhadap orang lain, termasuk orang baru. Itulah mengapa mereka sangat mudah beradaptasi terhadap lingkungan. Nah, inilah 10 kelebihan / kekuatan kepribadian sanguinis.

1. Memiliki Kepribadian Ceria

Orang bertipe sanguinis memiliki kepribadian yang ceria. Hal itu dikarenakan orang-orang berkepribadian ini sangat menyukai kesenangan. Dengan begitu, apapun yang dilakukan oleh orang dengan tipe ini adalah menyenangkan diri sendiri.

Karakter orang sanguinis pun hangat, ramah, dan bersahabat. Ini mendukung sifat orang sanguinis yang cenderung banyak bicara. Saat bicara, orang sanguinis sangatlah antusias dan responsif.

Gaya berbusana orang tipe sanguinis juga berbeda dibandingkan gaya berbusana orang dengan kepribadian lainnya. Dia akan sering memakai busana dengan warna-warna mencolok, meskipun itu kadang kala tidak cocok.

2. Empati Tinggi

Untuk satu ini, orang tipe sanguinis memiliki kemiripan dengan orang tipe plegmatis. Ini karena karakter orang sanguinis selalu ingin menyenangkan hati orang lain. Jadi, mereka akan berbelas kasihan kepada orang yang memerlukannya.

3. Terbuka

Inilah salah satu kekhasan yang ada pada orang sanguinis. Dimana, dia memiliki sifat terbuka pada orang, bahkan orang baru sekalipun. Dia akan senang menceritakan dirinya sendiri, seolah-olah dirinya adalah pusat semesta.

Itulah mengapa mereka sangat mudah beradaptasi terhadap lingkungan. Secara personal, mereka termasuk tipe yang ramah dan hangat, humoris, dan responsif. Namun, sifat terbuka ini kadang kala sering menjadi masalah bagi dirinya atau dimanfaatkan oleh orang lain yang memang suka mencari kesempatan dalam kesempitan.

4. Hidup Hanya untuk Hari Ini

Kecenderungan orang sanguinis pada hal-hal yang menyenangkan membuatnya tidak pernah mengkhawatirkan dirinya sendiri, baik di masa lalu maupun di masa depan. Baginya, hidup adalah hari ini, bukan di hari kemarin atau besok. Karena itu, hidup di hari ini harus dinikmati dan dirayakan.

5. Berpenampilan Trendi

Untuk menyesuaikan keceriaan yang menjadi sifat utamanya, orang-orang sanguinis biasa akan memancarkan sifatnya melalui penampilannya yang biasanya trendi. Ketrendian busana yang menjadi ciri khasnya akan sangat sesuai pada orang sanguinis. Kelebihan / kekuatan kepribadian sanguinis takkan membuat gaya berbusananya terkesan berlebihan.

6. Bukan Tipe Pendendam

Orang sanguinis adalah kebalikan orang melankolis untuk urusan sakit hati. Jika orang melankolis mendendam kala disakiti, maka orang sanguinis sama sekali tidak memiliki dendam di hati. Mungkin sifat ceria yang dimiliki orang berkepribadian sanguinis sangat kuat, sehingga tidak ada tempat untuk rasa dendam.

7. Antusias dan Ekspresif

Ketika orang sanguinis mengerjakan sesuatu yang disukainya, maka dia akan sangat antusias dan ekspresif. Sambil mengerjakan sesuatu itu, dia akan mengekspresikan dirinya melalui foto atau video. Hal ini takkan ditemukan pada orang-orang yang memiliki karakter lain dengan sanguinis.

8. Tulus dan Childish

Orang dengan kepribadian sanguinis biasanya memiliki hati yang tulus. Dia bahkan tidak segan-segan membantu seseorang tanpa imbalan dengan syarat mampu melakukannya. Dia juga dikenal childish (kekanak-kanakan). Itulah kenapa banyak anak kecil lengket dengan orang-orang tipe sanguinis. Hal ini karena orang-orang tipe sanguinis tidak malu kala berbicara dan membimbing anak-anak.

9. Senang Berkumpul dengan Teman-teman

Sifat yang dimiliki orang sanguinis itu mudah berteman dengan orang lain. Untuk menjaga pertemanan itu, dia akan senang mengajak kumpul bareng.

Tapi tidak hanya kumpul dengan teman-teman, melainkan kumpul dengan orang-orang terdekatnya seperti keluarga atau pacar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang bertipe sanguinis memiliki banyak teman.

10. Pendengar yang Baik dan Pemompa Semangat yang Hebat

Selain bicara tentang dirinya, ternyata orang sanguinis juga bisa jadi pendengar yang baik. Dia akan senang hati mendengar cerita temannya sampai habis. Mungkin sifat rasa ingin tahu yang dimilikinya memiliki hubungan dengan hal ini, serta kesabarannya mendengar curhatan seseorang.

Sehabis itu, dia pasti akan memompa semangat temannya itu dengan jurus-jurus demonstrasi yang bagus. Hal itu akan membuat temannya menjadi penuh semangat lagi.

Itulah 10 kelebihan / kekuatan kepribadian sanguinis. Apakah ini tipe kepribadian Anda?

Sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, manusia diusung oleh 4 jenis karakter yang membuatnya memiliki cara tersendiri dalam berinteraksi dan menjalani kehidupan. Keempat karakter atau kepribadian tersebut yaitu koleris, melankolis, plegmatis dan sanguinis. Nah, pada kesempatan kali ini kamu akan memperoleh informasi mengenai kelebihan/kekuatan kepribadian sanguinis yang akan dibahas lebih lanjut !

Dibandingkan dengan kepribadian melankolis, plegmatis dan koleris, kepribadian tipe sanguinis memang lebih populer. Hal ini dikarenakan karakter jenis ini mempunyai kepandaian di bidang persuasif dan cenderung ingin lebih terkenal di lingkunganya. Sehingga sangat heran jika orang dengan sifat satu ini lebih suka menonjolkan dirinya dan dikenal banyak orang.

Ciri Kepribadian Sanguinis

Setiap tipe kepribadian, tentu saja memiliki ciri ciri atau karakter khas masing masing, termasuk dengan kepribadian sanguinis. Orang dengan kepribadian sanguinis lebih bersifat terbuka, atau bahkan bisa dikatakan sangat terbuka. Mereka yang memiliki karakter tipe ini cenderung lebih banyak bicara, sangat mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan, sangat welcome kepada orang yang baru dikenal, dan sangat ramah serta hangat kepada siapa saja.

Orang yang mempunyai kepribadian sanguinis tergolong sebagai pribadi yang cukup mudah bergaul, tidak terlalu memikirkan hal hal yang dirasa tidak penting, serta lebih memilih untuk menikmati semua momen bahagia yang dilalui olehnya setiap hari. Satu hal lagi, kepribadian sanguinis tidak terlalu penting dan peduli terhadap masa lalu ataupun masa depannya. Karena bagi pribadi ini, menikmati dan mensyukuri kebahagiaan setiap hari sudah baginya untuk bertahan hidup.

Nah, di bawah ini beberapa ciri ciri dari kepribadian sanguinis, di antaranya:

Sangat mudah dalam hal bergaul atau berteman.

Mudah menyayangi orang lain.

Terkesan cukup hebat pada awal permulaan.

Cenderung berpikir kreatif dan inovatif.

Memiliki antusiasme cukup tinggi.

Memulai segala sesuatu dengan caranya sendiri yang lebih hebat dan cemerlang.

Mampu mengajak orang lain untuk berpartisipasi dalam hal hal tertentu seperti gotong royong, rapat, diskusi dan lain sebagainya.

Kelebihan Kepribadian Sanguinis

Selain ciri ciri diatas, mengetahui kelebihan/kekuatan kepribadian sanguinis juga merupakan hal penting bagi anda. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari kepribadian sanguinis, di antaranya:

1. Lebih Banyak Bicara

Jika kamu memiliki seorang teman atau sahabat yang banyak bicara, maka dia adalah teman dengan kepribadian sanguinis. Memang, kepribadian tipe yang satu ini cenderung tidak bisa diam atau banyak bicara. Karakter ini lebih dominan akan hal hal yang menyenangkan, sangat suka terhadap kesenangan, dan selalu berusaha untuk melakukan segala sesuatu yang bisa membuatnya bahagia atau merasa senang.

2. Luwes Dalam Berbicara

Orang dengan kepribadian sanguinis rupanya bukan hanya mulutnya yang tidak bisa diam. Akan tetapi, seluruh tubuhnya juga selalu ikut bergerak ketika mereka berbicara. Dengan gerakan tubuhnya itu, kepribadian sanguinis membuat dirinya tampil lebih menarik dan tidak membosankan.

3. Memiliki Sifat Lebih Ramah dan Tidak Sombong

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kepribadian sanguinis adalah terbilang sangat ramah, hangat dan bersahabat kepada siapa saja, bahkan orang yang baru dijumpainya. Kesan ramah yang ditimbulkan oleh orang kepribadian ini membuatnya tidak sombong dan mudah menyapa kapan saja.

4. Lebih Suka Membuat Orang Lain Bahagia

Hal paling menarik dari orang kepribadian sanguinis adalah cenderung lebih suka membuat orang disekitarnya merasa senang dan bahagia. Mereka dengan kepribadian tipe ini memiliki sifat sangat menyenangkan dan kerap kali menimbulkan sensasi humoris tanpa disengaja ketika berbicara. Dengan sikapnya ini, pribadi unik ini menjadi sosok yang paling dirindukan ketika jauh dengan orang terdekatnya.

5. Lebih Simpatik Terhadap Sesama

Kelebihan lain dari orang berkepribadian sanguinis adalah lebih simpatik terhadap sesama. Pribadi ini memiliki sisi sosial sangat tinggi, peduli, cepat merasa kasihan, dan cepat tanggap ketika ada yang membutuhkan bantuan. Sehingga, sangat tidak heran jika orang berkepribadian sanguinis dikenal sebagai orang yang ringan tulang.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan/kekuatan kepribadian sanguinis sebagai informasi tambahan bagi kamu. Bagaimana, apakah kamu termasuk orang dengan pribadi di atas?

You have Successfully Subscribed!

Share This