10 Kelebihan / Kekuatan Kepribadian Plegmatis Si Monoton

Kepribadian plegmatis didefinisikan sebagai tipe kepribadian yang nrimo, cinta damai, dan tidak menyukai konflik, walaupun hal itu merugikan atau menyakiti dirinya sendiri. Itulah kenapa tipe kepribadian plegmatis akan lebih mudah diatur, karena mereka tetap akan mengerjakan sesuatu yang tidak disenanginya.

Banyak orang senang berteman dengan seseorang dengan tipe kepribadian plegmatis. Hal ini dikarenakan orang bertipe plegmatis ini tidak banyak menuntut dan senang menerima apa adanya. Apa yang dibutuhkan orang-orang berkarakter plegmatis adalah penghargaan dari orang lain. Inilah 10 kelebihan / kekuatan kepribadian plegmatis!

1. Tekun dan Tidak Mudah Merasa Bosan

Orang-orang berkepribadian plegmatis itu sangat tekun dan tak mudah merasa bosan terhadap segala sesuatu. Hal ini dikarenakan mereka senang berada di jalur yang sedari awal menjadi minatnya.

Dalam bidang pekerjaan, mereka ingin segala sesuatunya terorganisir. Sedangkan, dalam bidang percintaan, mereka akan sangat setia.

2. Tidak Banyak Bicara

Kelebihan lain yang dimiliki orang dengan kepribadian plegmatis adalah tidak banyak bicara. Tapi, dalam keterdiaman mereka terdapat “isi”. Ya bisa dikatakan orang-orang plegmatis adalah orang yang bijaksana, jauh lebih bijaksana dibandingkan tiga tipe kepribadian lainnya.

Diamnya orang-orang plegmatis ini juga memiliki tujuan untuk menutupi/menyembunyikan emosi yang sedang dirasakannya. Pun demikian, orang-orang plegmatis memiliki sisi humoris yang tinggi.

3. Tidak Menyukai Konflik/Masalah

Orang-orang plegmatis ini tidak menyukai konflik/masalah. Karena pada dasarnya, mereka tidak senang menyinggung perasaan orang lain. Mereka cenderung mengajak damai/rukun jika ada orang lain yang mencari masalah. Namun, jika yang bermasalah itu orang lain, maka mereka bisa menjadi penengah yang baik.

4. Sopan dan Baik

Dalam pergaulan, orang-orang plegmatis akan sangat sopan dan mempunyai aturan yang baik. Hal ini menjadikan orang-orang plegmatis disukai oleh banyak orang.

Mereka juga bisa diandalkan dalam keadaan apa saja. Dan mereka juga senang memperhatikan orang-orang yang ada di sekitarnya.

5. Asyik Dijadikan Kawan

Orang bertipe kepribadian plegmatis sangat asyik dijadikan kawan. Sebab, dia mendominasi keadaan, tidak suka memberi perintah ini-itu seperti orang-orang koleris, tertutup, pemalu, tapi menyukai sosialisasi dan keramaian. Hal lainnya adalah dia memiliki selera humor yang lebih tinggi dibanding teman-temannya yang bukan plegmatis.

6. Pandai Menjaga Rahasia

Sikap pendiam dan tertutup dari orang plegmatis membuatnya pandai menjaga rahasia. Dia tidak akan membocorkan rahasia-rahasia orang lain dengan syarat dikatakan sejak awal. Jika tidak, dia merasa tak memiliki kewajiban untuk menjaga rahasia tersebut. Inilah salah satu kelebihan / kekuatan kepribadian plegmatis yang sangat khas, dan membuatnya disukai oleh orang lain.

7. Memiliki Kebahagiaan dan Ketenangan dalam Hidup

Orang plegmatis dikenal memiliki kebahagiaan dan ketenangan tersendiri dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan dia sama sekali tidak memiliki ambisi seperti orang-orang koleris, sehingga hidupnya lebih stabil dan mungkin lebih bermakna. Dalam hidup, orang plegmatis hanya ingin menjalani hidup sebaik-baiknya tanpa penyimpangan yang berarti. Itu berartinya hidupnya monoton dari sudut pandang orang lain.

8. Tidak Suka Tergesa-gesa

Orang plegmatis tidak menyukai ketergesa-gesaan, karena dia telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Memang perencanaan yang dilakukannya terkesan santai dan bertele-tele, tapi dia akan memastikan semua rencananya berjalan dengan baik dan lancar.

9. Senang Ikut Mendukung dan Mengamini Pendapat Orang

Orang plegmatis senang mengayomi untuk menghindarkan dirinya dari konflik. Karena itu, kadang kala dia senang ikut-ikutan mendukung dan mengamini pendapat orang lain. Meskipun pada kenyataannya dia tidak menyukai pendapat tersebut dan memiliki pendapat sendiri yang mungkin saja berbeda dari pendapat orang lain. Dengan cara itu, dia takkan terdeteksi bahwa dirinya tidak memiliki pendapat lain.

10. Senang Mencari Solusi Termudah

Pada dasarnya, orang-orang bertipe plegmatis ini tak suka adanya masalah dalam hidup mereka. Karena itu, saat menghadapi masalah, dia akan mencari solusi termudah. Hal itu dilakukannya secara ikhlas dan sabar dalam semua keadaan.

Dengan begitu, dia akan lebih cepat menghindari diri masalah tersebut dan kembali hidup nyaman dalam jalurnya tanpa hambatan dengan kecepatan konstan. Dibandingkan dirinya harus mengikuti metode yang biasa dilakukan orang-orang melankolis.

Demikianlah 10 kelebihan / kekuatan kepribadian plegmatis. Semoga membantu!

You have Successfully Subscribed!