10 Kelebihan / Kekuatan Kepribadian Melankolis Si Introvert

Kepribadian melankolis didefinisikan sebagai kepribadian seseorang yang tertutup, serius, cerdas, dan siap memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini dianggap tekun dalam mengerjakan sesuatu dibandingkan orang dengan tipe kepribadian lainnya.

Orang melankolis siap mencapai target dengan perencanaan tahap-tahap pelaksanaan yang jelas. Hal ini dilakukannya demi melogiskan sesuatu, karena pada dasarnya orang tipe melankolis bisa menerima segala sesuatu asalkan sesuatu itu logis. Inilah 10 kelebihan / kekuatan kepribadian melankolis!

1. Perfeksionis

Orang berkepribadian melankolis tidak ingin mengerjakan pekerjaan secara serampangan. Apa yang dikerjakannya haruslah benar, baik, dan lebih penting lagi harus: sempurna.

Padahal hal itu merupakan pekerjaan remeh, yang bisa digarap santai – misalnya, merapikan buku, melipat baju, dsb. Jika merasa pekerjaan yang dikerjakan kurang sesuai dengan standarnya, maka mereka takkan sungkan untuk mengulangi pekerjaan tersebut sampai sempurna.

2. Nyaman Bekerja Sendiri

Karena sangat perfeksionis, orang tipe melankolis menetapkan standar tinggi pada pekerjaan di bidangnya. Mereka sulit mendelegasikan pekerjaan di bidang yang dikuasainya kepada orang lain.

Hal inilah yang membuat mereka lebih senang dan nyaman bekerja sendirian daripada bekerja dalam sebuah tim. Tampaknya, orang tipe melankolis yang kurang memercayai orang lain tak ingin melihat pekerjaannya diacak-acak.

3. Senang Menganalisis

Seseorang dengan tipe melankolis senang melakukan analisis terhadap pekerjaan yang akan dikerjakannya. Maksudnya, mereka akan membuat kronologis yang benar terhadap pekerjaan dari hulu hingga hilir.

Dengan begitu, mereka akan memahami tahapan-tahapan pekerjaan yang harus dilaluinya, ditambah dengan halangan/rintangan yang akan dihadapinya. Itulah mengapa mereka akan bekerja hati-hati sekali. Tidak ingin ada kesalahan sekecil apapun terjadi.

4. Senang Pada Data

Orang-orang mungkin akan pusing ketika membaca sebuah data. Tapi, orang-orang melankolis justru menyenanginya. Dalam pandangan mereka, data (grafik dan diagram) dinilai bak karya seni.

Hal-hal yang menyerempet dengan data pasti akan disenanginya. Karena itu, orang-orang melankolis cocok berada di dunia analisis, yang melibatkan hitungan matematis serta data.

5. Pendendam

Berhati-hatilah jika Anda melakukan interaksi dengan orang berkepribadian melankolis. Pasalnya, ketika Anda melakukan kesalahan sekecil apapun, hal itu akan membekas di dalam hatinya. Demi memuaskan rasa sakit batinnya, dia akan mencoba membalas rasa sakit itu dengan cara apapun.

You have Successfully Subscribed!

Share This