Kekurangan/ kelemahan kepribadian sanguinis—apakah kamu sudah mendefinisikan karakter diri masing-masing apakah masuk dalam kategori koleris, melankolis, plegmatis, atau sanguinis?. Jika Anda sudah mengetahui tipikal kepribadian diri sendiri baik itu dengan mengamati kecenderungan sikap yang dimiliki setiap harinya atau dengan mengikuti tes kepribadian, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh karakter pribadi tersebut. Bagi Anda yang adalah pemilik kepribadian sanguinis misalnya, akan sangat terbantu dengan mengetahui apa saja kekurangan/ kelemahan kepribadian sanguinis tersebut khususnya saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan mengetahui kekurangan ini, Anda akan lebih mudah untuk mengantisipasinya dan tidak sampai merugikan orang lain saat berinteraksi setiap harinya.

Gambaran kepribadian Sanguinis

Beberapa karakter mencolok yang dimiliki oleh pribadi dengan kepribadian sanguinis diantaranya adalah:

Memiliki kebiasaan yang sangat terbuka atau super transparan. Orang yang baru kenal dengan pribadi sanguinis umumnya tidak sungkan karena mereka adalah tipikal pribadi yang membuka diri. Dari karakter tersebut bisa kita prediksi bahwa tipe pribadi sanguinis adalah pribadi yang gemar bicara dan gampang beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Tipe pribadi Sanguinis adalah tipe pribadi yang dibilang menyenangkan, mudah sekali beradaptasi, ramah, hangat, tanggap dan humoris. Cocok jika dijadikan teman, sahabat dan tempat curhat.

Cenderung enjoy dengan waktu yang dimilikinya setiap hari, spontan, suka menolong, banyak teman, fokus pada kebahagiaannya dan tidak begitu memikirkan masa depannya.

Anda akan melihatnya sebagai pribadi yang hebat di saat awal bertemu. Pemikirannya kreatif, penuh terobosan, langkah-langkahnya cemerlang, antusias, dan berenergi.

Mampu membawa orang lain untuk bekerja gotong royong tanpa adanya rasa di paksa.

Orientasi dari hal-hal yang dilakukan adalah lebih menyukai kebahagiaan yang akan di dapat baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain.

Karena tipe pribadi sanguinis sangat supel, mereka memiliki banyak teman. Tinggi rasa simpatinya, dan mudah menolong.

Kelemahan Tipe Pribadi Sanguinis

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Adapun kekurangan tipe pribadi sanguinis diantaranya adalah sebagai berikut:

Pada saat-saat tertentu, pribadi sanguinis yang ceria, dan fun, terlihat moody dengan emosi yang labil. Tentu saja ada pemicunya. Saat demikian, tentu saja kamu sebagai temannya harus lebih peka dan membiarkannya tenang terlebih dahulu.

Kaitannya dengan kebiasaan berbicaranya yang over, apa yang disampaikan oleh pribadi sanguinis terkadang tidak sesuai dengan porsinya. Cenderung melebih-lebihkan dan membesar-besarkan konten perkataannya.

Seperti disinggung di awal, tipikal pribadi sanguinis cenderung lebih suka bersenang-senang, maka cukup banyak beban pekerjaan yang dimilikinya tidak terselesaikan dengan baik dan waktunya tidak produktif.

Dalam kondisi yang menyenangkan, tipikal pribadi koleris umumnya merasa nyaman dan produktif bekerja. Sebaliknya, saat mereka tidak sedang berada dalam kondisi yang menyenangkan, produktivitas kerja mereka menurun sehingga menjadi tidak maksimal kinerjanya. Perlu waktu yang selalu nyaman bagi mereka untuk bekerja.

Kebiasaan ngobrol dengan orang-orang baru memang perlu untuk mencairkan keadaan. Namun, hobby ngobrol terkadang membahayakan diri sendiri karena menjadi kurang disiplin dan banyak pekerjaan yang terbengkalai. Produktivitas kerja menurun karena kebiasaan mengobrol yang kelewat batas. Untuk itu, pribadi sanguinis membutuhkan manajemen waktu yang baik yang bisa jadi dikontrol oleh orang lain, atau kesadaran dari dalam diri masing-masing. Dengan demikian, waktu yang seharusnya digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif menjadi lebih terkendali.

Kebiasaan ngobrol apalagi saat bertemu dengan orang baru adalah kebiasaan yang positif. Namun, jika kebiasaan ngobrol tersebut berlebihan, melebihi kapasitas waktu ngobrol, maka akan sangat membuang-buang waktu, apalagi jika konten dari obrolan tersebut cenderung dibesar-besarkan. Dengan berbagai kekurangan/kelemahan kepribadian sanguinis di atas, harapannya bisa menjadi langkah antisipatif bagi pribadi sanguinis agar lebih berhati-hati lagi dengan kelemahan masing-masing. Walau demikian, kepribadian yang ceria, kepribadian yang ramah dan hangat yang ada pada tipikal pribadi sanguinis sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain, khususnya bagi mereka yang masih baru dikenal.

You have Successfully Subscribed!