Orang yang memiliki kepribadian melankolis merupakan seorang yang introvert. Tentunya tipe ini juga sebagai tipe yang pemikir, hingga lebih suka menyendiri. Meskipun begitu, mereka juga memiliki daya imajinasi yang tinggi dan memiliki rasa seni. Selain itu, ada beberapa kekurangan / kelemahan kepribadian melankolis yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Tertekan

Mereka yang memiliki kepribadian melankolis akan cenderung mudah tertekan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mereka perlu menetapkan standar yang tinggi serta cenderung untuk melakukan berbagai hal secara sempurna. Namun sayangnya banyak orang yang kemungkinan saja melakukan berbagai hal atau bekerja dengan santai dan memperlihatkan hasil yang sama. Untuk orang melankolis, tentunya hal seperti ini akan menimbulkan tekanan yang besar.

Sulit bersosialisasi

Pengalaman yang sulit berkomunikasi memang sangat sering dialami oleh orang yang memiliki kepribadian melankolis. Orang lain akan cenderung lelah, bahkan menghindar saat bertemu dengan seorang berkepribadian melankolis. Hal ini karena ketidakpercayaan seorang melankolis pada orang lain serta cenderung untuk meremehkan orang lain yang memang tidak akan mencapai standar seperti seperti seorang melankolis. Selain itu, mereka juga mempunyai sifat tersinggung yang akan membuat banyak orang perlu berhati-hati saat bersosialisasi dengan mereka.

Menghabiskan waktu

Orang melankolis juga tidak cocok bekerja di lapangan. Karena mereka adalah pribadi yang sangat mendalam untuk memutuskan berbagai hal, dan pikirannya pun akan dipenuhi dengan risiko maupun hal-hal buruk, dengan begitu membuat mereka terlalu menghabiskan waktu dalam kegiatan yang dilakukannya. Mereka tidak dapat bergerak dengan cepat dan dinamis, namun malah tertekan pada keadaan tersebut. Menurut mereka terburu-buru akan membuat mereka tertekan dan tidak merasa puas.

Tak mudah disenangkan

Nah, kekurangan / kelemahan kepribadian melankolis berikutnya adalah tak mudah disenangkan. Hal ini dapat menjadi jawaban jika orang melankolis seringkali tidak mempunyai teman. Karena bagi mereka memuji adalah hal terselubung dan mencurigakan, sedangkan menghibur sendiri berarti sama saja menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna. Akan sulit menyenangkan dan menghibur hati orang yang berkepribadian melankolis karena mereka lebih cenderung sulit dimengerti. Nah, sebaiknya saat bertemu dengan pribadi yang seperti ini adalah membiarkan ia asyik dengan sesuatu yang menurutnya baik, dan untuk anda yang merupakan tipe melankolis, sebaiknya cobalah sedikit untuk membuka mata, jika kesenangan tidak hanya berasal dari dunia maupun apa yang telah anda ciptakan saja.

Mudah baper

Orang yang memiliki kepribadian ini merupakan seseorang yang peka dan sensitif. Sehingga tidaklah mengherankan jika mereka akan mudah baper. Selain itu, mereka juga melihat sesuatu dari segi negatif. Ucapan seseorang kepada mereka akan membuatnya “down”. Hal ini juga tidak mudah dilupakan oleh mereka dan dapat membuat mereka terlihat murung.

Pendendam

Kemungkinan saja hal ini merupakan salah satu kelemahan dari kepribadian melankolis yang begitu mengganggu. Mereka merupakan pribadi pendendam. Mereka akan sulit untuk melupakan kejadian yang dialaminya. Terlebih lagi kejadian yang membuatnya terluka dan sakit hati. Untuk itu, jangan heran jika kepribadian melankolis akan membalas dendam, baik secara negatif maupun secara positif.

Menuntut segalanya secara sempurna, namun mudah merasa bersalah

Tentunya orang yang berkepribadian melankolis bisa diandalkan untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan ketelitian. Namun perilakunya bisa sangat kelewatan ketika menuntut segalanya serba sempurna. Namun, saat tidak berjalan sesuai dengan harapan yang telah dilakukannya, maka ia bisa mengalami stres dan akan menyalahkan dirinya sendiri. Memiliki standar yang terlalu tinggi pun dapat menjadi siksaan baginya.

Tukang kritik

Seorang melankolis ternyata juga bisa menjadi sebagai tukang kritik yang pedas. Mereka dapat menghakimi serta mengkritisi sesuatu dengan begitu dalam yang berpatokan terhadap keyakinannya sendiri. Walaupun begitu, ia juga mudah tersinggung jika ada yang memberinya kritik. Sehingga hal ini terkadang membuat orang lain merasa kurang nyaman saat berada di dekatnya.

Pada dasarnya tipe melankolis ini cukup banyak di dunia, namun walaupun ada beberapa kekurangan / kelemahan kepribadian melankolis, mereka juga merupakan pribadi yang diperlukan di lingkungan sosial dan merupakan bagian dari kehidupan sosial.

Share This