Kekurangan/ kelemahan kepribadian koleris—karakter atau sifat manusia berbeda antara manusia satu dengan yang lainnya. Perbedaan karakter ini dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik, faktor lingkungan, makanan yang dikonsumsi, jenjang pendidikan dan sebagainya. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan empat karakter yang ada, mulai dari sanguinis, melankolis, plegmatis, hingga koleris. Pada kesempatan ini kita akan kupas lebih jauh lagi tentang apa itu kepribadian koleris, khususnya mengenai kekurangan/ kelemahan kepribadian koleris yang perlu diketahui sebagai referensi saat kita berinteraksi dengan tipikal pribadi koleris.

Kepribadian Koleris

Secara garis besar, kepribadian koleris adalah kepribadian yang kuat, sikapnya sangat dominan, tegas, transparan dan tidak hobby basa-basi. Kepribadian koleris yang sudah dikelola dan diarahkan dengan baik cocok menjadi pemimpin yang tangguh sebab karakternya yang hobby mengatur, gemar berpetualang, menyukai tantangan, tegas dalam bersikap, tidak mudah menyerah dan mengalah. Dari luar, tipe pribadi ini sangat kuat, tegas, dan tangguh sehingga cocok sekali untuk menjadi pemimpin.

Walau demikian, tentu ada kekurangan/ kelemahan kepribadian koleris yang tidak semua orang bisa menerimanya.

Gambaran emosi pribadi dengan sifat koleris adalah cenderung dinamis, aktif, dan suka memimpin. Mereka butuh perubahan, ingin melakukan perubahan sebagai bentuk dari karakter dinamis yang dimilikinya, serta selalu ingin memperbaiki kesalahan yang sebelumnya telah diperbuat. Hebatnya lagi, seolah tidak ada yang mampu membendung keinginan pribadi koleris. Mereka memiliki kepribadian yang kuat, sangat tegas, penuh pertimbangan saat mengambil langkah, tidak gampang putus asa, memiliki jiwa yang bebas mengembara, teguh, tangguh, dan mampu melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu.

Dalam keluarga, tipe orang tua dengan karakter koleris memberikan pengaruh yang kuat, tujuannya sangat jelas dan rinci. Memberikan dorongan yang kuat kepada seluruh anggota keluarganya, pandai mengambil langkah dan solusi atas masalah yang dihadapi, serta mampu mengatur rumah tangga dengan sebaik-baiknya. Misinya jelas, dan langkah yang diambil pun rinci serta secara bertahap sampai pada tujuan tersebut.

Di lingkungan tempat kerja, tipe pribadi koleris adalah pribadi yang orientasinya jelas. Mereka memiliki target yang jelas saat bekerja. Sangat menghargai waktu dan mencoba untuk mencari cara yang praktis dalam mengatasi masalah itu. Cekatan saat bertindak, sistematis dan terkoordinir dengan baik, ingin terus berkembang, orientasinya pada hasil yang sempurna dan bagus.

Sayangnya, tipe pribadi koleris yang hebat di lingkungan keluarga dan di lingkungan tempat kerja itu tidak

Memiliki cukup banyak teman, karena rutinitas sehari-harinya yang bisa dikata jauh dari kata happy-happy.

Kelemahan Pribadi Koleris

Ada kelebihan maka ada kekurangan. Beberapa kelemahan pribadi koleris diantaranya adalah:

Seseorang dengan tipikal pribadi koleris memiliki emosi yang mudah meledak dan cepat sekali marah. Anda tentu tidak nyaman saat berada di dekat pribadi dengan tipikal emosional.

Sesekali memerintah atau memberi instruksi utamanya saat menjadi pemimpin, tentu saja perlu. Sayangnya, tidak sedikit pribadi koleris tersebut mudah memerintah (meski tidak dalam kondisi sedang memimpin) dan meninggalkan kesan semena-mena.

Sehari-harinya, tipikal pribadi koleris selalu disibukkan dengan orientasi, dan perkembangan diri. Sehingga, jarang sekali waktu bagi mereka untuk bersantai. Berteman dengan pribadi koleris tentu sangat menjemukan. Hari-harinya sangat bergairah dan serius. Keseriusan itu, yang kemudian membuatnya tampak keras dan kaku.

Hal unik lain yang dimiliki oleh pribadi koleris adalah gemar bertikai dan menyukai perlawanan. Bisa jadi akarnya adalah pada idealisme yang di pegang yang mungkin sedang tidak sejalan dengan pribadi yang lain.

Bagi sebagian orang, simpatik adalah sesuatu yang penting dan wujud dari jiwa sosial yang tinggi. Sayangnya, pribadi koleris kerap kali mengabaikan itu dan menganggapnya sebagai sesuatu yang lebay.

Sering kali tergesa-gesa dalam membuat keputusan, dan sangat to the point. Jarang bersedia meminta maaf apalagi mengakui kesalahannya. Uniknya, sebagian pribadi koleris gemar memanipulasi sesuatu untuk mencapai tujuannya.

Mengetahui karakter pribadi masing-masing sangatlah penting. Selain itu, mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimiliki tidak kalah pentingnya. Mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh seorang yang memiliki tipe kepribadian tertentu membantu kita untuk melakukan tindakan antisipatif agar perilaku negatif itu tidak berulang utamanya saat berinteraksi dengan orang lain.

You have Successfully Subscribed!

Share This