12 Shio Astrologi Tiongkok

Sistem penanggalan Tiongkok sangat berbeda dengan gaya Barat. Penanggalan Tiongkok adalah catatan kronologis tertua dalam sejarah, tercatat sejak tahun 2637 S.M, sewaktu Kaisar Huang Ti mengeluarkan siklus pertama 12 shio ini pada tahun ke 61 masa pemerintahannya.

Siklus lengkap biasanya memakan waktu 60 tahun, terbagi atas lima siklus biasa yang setiap siklusnya terdiri atas 12 tahun. Siklus ke 77 dimulai pada 5 Februari 1924, dan akan berakhir pada 1 Februari 1984.

Dalam siklus 60 tahunan ini terdiri dari 5 unsur (air, kayu, api, tanah, logam) dan cabang dari 12 binatang. Setiap siklus tersusun dari gabungan unsur dan binatang, maka 5 x 12 = 60 tahun.

Sistem perhitungan ini secara lengkap mengartikan interaksi kekuatan nirwana dan bumi, dan dianggap mencerminkan karakter dan kepribadian manusia. Semua ini menjadi bentuk dasar dari astrologi Tiongkok.

Cabang dalam sistem ini adalah 12 shio / binatang yang mewakili 12 tahun dalam siklus tersebut. Dalam setiap siklus 60 tahunan, unsur berlaku dengan hanya sekali menguasai setiap shio / lambang binatang. Maka hanya ada satu Ular Api dan satu Kuda Air dalam setiap siklus 60 tahunan.

Selain itu juga ada aspek Yin dan Yang dalam unsur, dan hal ini juga tercermin dalam siklus 60 tahunan menurut apakah tahun itu genap atau ganjil. Selain itu, ada juga pertimbangan bulan (musim) dan waktu (jam) yang dianggap memiliki pengaruh juga.

Maka Tikus tengah malam lebih berani dan gesit daripada Tikus siang, dan Ayam Kayu yang dilahirkan selama musim dingin bakal lebih lemah daripada Ayam Kayu yang dilahirkan selama musim panas. Masing-masing binatang yang dilahirkan dalam unsur tahun berbeda juga berlainan, misalnya Babi Tanah sangat berbeda dengan Babi Logam.

Perhitungan permutasi karakter atau tipe kepribadian ini menunjukkan bahwa hanya dua dari satu juta orang yang akan menunjukkan keserupaan kepribadian, dan ini juga tanpa memperhitungkan perbedaan siklus 60 tahunan.


URUTAN SHIO

Penampilan populer dari astrologi Tiongkok adalah penggolongan tahun berdasarkan 12 shio / binatang. Binatang-binatang ini sesuai dengan urutan shio tersebut, yaitu Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

Ada banyak legenda dan penjelasan yang mengelilingi pemilihan 12 binatang yang menjadi lambang dalam astrologi Tiongkok. Salah satunya yang terkenal menceritakan bagaimana kedua belas tahun tersebut dinamakan menurut 12 binatang dalam legenda, ketika Sang Buddha memanggil semua binatang untuk datang menghadap sebelum beliau naik ke Nirwana.

Tetapi hanya 12 binatang yang hadir mengucapkan selamat jalan. Sebagai imbalan, Sang Buddha menamakan tahun-tahun itu menurut nama-nama binatang yang datang secara berurutan. Yang pertama muncul adalah Tikus, kemudian Kerbau, disusul dengan Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi.

Itulah sebabnya saat ini kita memiliki tanda 12 shio. Binatang pada tahun kelahiran tersebut akan mempengaruhi kehidupan kita. Semua binatang dalam astrologi Tiongkok ini telah digunakan sejak awal mulanya tercatat secara resmi dalam masa pemerintahan Kaisar Huang Ti, sekitar 2637 SM.

Jadi bisa dikatakan urutan shio dalam astrologi Tiongkok ini telah berlaku selama 46 abad. Setiap siklusnya selalu dimulai dengan shio Tikus dan berakhir dengan shio Babi.


CARA MENGETAHUI SHIO DAN ELEMENNYA

Selama siklus lengkap 60 tahun, setiap shio atau tanda binatang ini dipadukan dengan 5 unsur utama, yaitu Kayu yang berada dibawah pengaruh planet Jupiter, Api oleh Mars, Tanah oleh Saturnus, Logam oleh Venus, dan Air oleh Merkurius. Berikutnya kelima unsur ini terbagi lagi ke dalam kutub magnet positif dan negatif, yang oleh orang Tiongkok disebut Yin dan Yang.

Pada penanggalan Bulan, hari dimulai jam 11 malam dan waktu 24 jam itu terbagi lagi dalam 12 bagian yang masing-masing terdiri atas 2 jam. Setiap bagian diperintah oleh satu dari 12 shio yang ada. Persis seperti astrologi Barat, tanda yang menguasai waktu kelahiran kita mampu menciptakan wewenang dan ikut membentuk kepribadian kita juga. Dengan demikian pengaruhnya menjadi amat sangat kuat.

Contohnya, seorang shio Tikus yang agresif boleh jadi lahir antara jam 3-5 pagi, yaitu pada jam-jam kekuasaan Macan, sebaiknya seorang manusia Tikus pendiam, kemungkinan besar lahir antara jam 9-11 pagi, yakni pada jam-jam kekuasaan Ular yang pengaruhnya dingin.

Tahun Tikus dikatakan membawa rahmat, tahun Kerbau penuh tanggung jawab dan kerja keras. Kelahiran tahun Ular terkenal cantik dan menarik, namun dingin dan tidak mengenal belas kasihan.

Ada tahun-tahun, yang menurut paduan unsurnya, amat ditakuti oleh semua orang. Salah satunya adalah tahun Kuda Api. Pada tahun 1967 di Asia banyak terjadi abortus yang disengaja dan angka kelahiran pun menurun secara drastis pada tahun itu.

Bukti bahwa orang Timur masih percaya bahwa anak, khususnya wanita yang lahir dalam tahun Kuda Api akan membawa malapetaka, baik bagi keluarganya maupun pasangan hidupnya kelak.

Umumnya kebanyakan orang di Asia sengaja menghindarkan kemungkinan untuk memperoleh bayi kelahiran tahun Kuda Api, sama seperti orang Barat yang sebisanya jangan sampai berjalan di bawah tangga atau menyeberangi jalan yang telah dilewati oleh seekor kucing hitam, meski mereka berani bersumpah bahwa semua itu adalah tahyul belaka.

Namun satu hal yang perlu dicatat bahwa Kuda Api tetap bertahan secara dramatis dalam situasi apa pun. Jadi sebetulnya tidak ada alasan mengapa mereka selalu dihubungkan dengan hal-hal yang buruk dan bukannya sebaliknya.

Dengan memahami astrologi Tiongkok kita dapat mengetahui shio-shio mana saja dari 12 shio ini yang sekiranya dapat atau sama sekali tidak dapat berhubungan dengan kita. Namun juga selalu ada pengecualian, tergantung pada shio yang mempengaruhi waktu kelahiran kita, dan shio yang menguasai bulan kelahiran kita.


SISTEM PENANGGALAN TIONGKOK

Walaupun sistem penanggalan Barat yang didasarkan pada peredaran matahari nyatanya lebih konsisten dan lebih mudah diikuti, tetapi penanggalan Timur masih tetap lebih akurat dalam mencatat perubahan musim dan pertumbuhan setiap unsur kehidupan di alam semesta ini.

Para petani di Tiongkok menggunakan penanggalan Tiongkok untuk mencari mana hari-hari terbaik dalam tahun, terutama kalau sudah tiba saatnya untuk meramalkan cuaca, orang Tiongkok menggantungkan diri sepenuhnya pada astrologi dalam meramalkan datangnya hujan.

Pedoman ini ternyata tepat, bahkan pada zaman modern ini. Kita akan melihat bahwa bilamana unsur alam pada tahun itu adalah Air, maka akan ada kelebihan Air atau bencana banjir, tergantung apakah pengaruhnya dihubungkan dengan segi positif atau negatif dari unsur tadi.

Selain itu, penanggalan Tiongkok juga dimanfaatkan untuk mengetahui hal-hal lain seperti hari yang bertuah untuk membangun rumah, pernikahan, dan tentu saja untuk menyelenggarakan pesta tradisional Tiongkok yang tidak terhitung jumlahnya.

Dalam sistem penanggalan Tiongkok yang otentik biasanya berisikan apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dikerjakan setiap hari dalam tahun, sampai kepada jam-jam yang paling membawa berkah atau membawa sial pada hari itu.

Almanak bulanan yang lengkap seperti ini masih diterbitkan tiap tahun di Hong Kong dan Taiwan, dan meski dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk menginterpretasikannya.

Tahun Tiongkok dibagi menjadi 12 bulan yang terdiri atas 29,5 hari. Setiap 2,5 tahun sekali ditambah satu bulan interkalaris untuk menyesuaikan penanggalan. Bulan interkalaris adalah bulan yang sengaja diselipkan dalam penanggalan untuk menyesuaikan dengan tahun peredaran matahari, misalnya hari ke 29 di bulan Februari dalam tahun Kabisat.

Bulan interkalaris ini berturut-turut diselipkan mulai dari bulan ke 2 sampai bulan ke 11. Penambahan ini menghasilkan tahun Kabisat Tiongkok setiap 3 tahun. Untuk mudahnya, permulaan bulan adalah tanggal Bulan baru pada penanggalan Barat.

Patut dicatat bahwa biasanya pada hari pertama Musim Semi, seperti yang ditunjukkan oleh penanggalan Tiongkok sebutir telur yang baru ditetaskan dapat dibuat berdiri pada ujungnya, di Hong Kong hari ini disebut Lap Chun.

Dalam penanggalan Gregorius, hari pertama Musim Semi selalu jatuh pada hari ke 4 atau ke 5 di bulan Februari. Pada tahun 1979, Lap Chun jatuh pada 4 Februari, tahun 1980 tanggal 5 Februari dan tahun 1981 tanggal 4 Februari.

Dalam penanggalan bulan posisinya selalu berbeda. Tahun-tahun tertentu mungkin mengalami dua kali Lap Chun sementara ada dua tahun yang sama sekali tidak mengalaminya, jika Tahun Baru Tiongkok dimulai pada tanggal 5 Februari dan berakhir sebelum hari pertama Musim Semi berikutnya.

Kita akan mengetahui binatang tahun kelahiran kita, tanda bulan yang menguasai jam kelahiran kita, tanda Bulan yang sesuai dengan tanda Matahari kita, unsur tahun kelahiran, dan unsur pasti dari tanda binatang kita.

Dengan mengintegrasikan faktor-faktor ini, sifat-sifat, dan pengaruh-pengaruh kekuatan positif serta negatif, kita akan dapat mengetahui apa yang tersembunyi dalam diri orang lain dengan memahami sifat, karakter, dan kepribadiannya secara utuh.


KELOMPOK SHIO

Orang bershio Ular yang lahir dalam jam-jam Ular akan memiliki shio Ular yang murni. Orang bershio Naga yang lahir dalam jam-jam Kelinci akan sedikit banyaknya mempertahankan sikap Naganya yang lebih dominan.

Namun orang bershio Kambing yang lahir dalam jam-jam Macan mungkin dapat memperlihatkan pembawaan Macan yang lebih kuat daripada shionya sendiri, yang secara wajar tidak akan terjadi menurut tabel kecocokannya.

Bilamana seseorang dilahirkan dalam jam-jam shio yang bertentangan dengan shio kelahirannya, maka akan menjadi amat sulit untuk meramalkan pembawaan yang dimiliki oleh orang itu kelak.

Misalnya orang bershio Ayam yang kebetulan lahir di bawah jam kekuasaan Kelinci, mungkin saja menjadi orang bershio Ayam yang amat pemalu dan secara diam-diam memendam rencana besar dan ambisi tinggi.

Atau mungkin saja orang itu adalah pembual besar yang licin, diplomatis, dan menyimpan pendapatnya secara ketat meski banyak mulut. Orang semacam itu biasanya berwatak rumit dan temperamennya selalu berubah-ubah.

Dengan melihat tanda kelahiran seseorang kita langsung dapat mengetahui bahwa mereka akan cocok dengan shio Macan, Kuda atau Kelinci. Namun apabila shio penguasanya adalah Tikus, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa shio Anjing akan memiliki daya tarik terhadap mereka, dan dapat berhubungan baik dengan Monyet.

Bila shio penguasanya cenderung untuk mendominasi kepribadiannya, shio Anjing ini mungkin akan menghindari shio Kuda yang biasanya adalah pasangan harmonis bagi Anjing. Karena shio penguasanya Tikus dan samasekali tidak cocok dengan Kuda.

Kebanyakan orang memperlihatkan daya tarik terhadap orang-orang yang lahir di bawah shio yang menguasai shionya sendiri, bahkan meski shio itu adalah shio yang paling tidak cocok dengan shio kelahirannya sendiri.

Jadi seseorang bershio Babi yang lahir dalam jam-jam di bawah kekuasaan atau pengaruh Ular, mungkin saja dapat berhubungan dengan baik sekali dengan orang-orang bershio Ular, meskipun secara normalnya shio Ular sangat tidak cocok dengan shio Babi.

Dalam hubungannya dengan siklus bulan Tiongkok, tradisi Barat yang menamai anak menurut nama kakek atau neneknya ternyata lebih bermakna dan lebih sesuai daripada yang diperkirakan orang.

Karena seandainya sang kakek berselisih usia 60 tahun dengan orang yang senama dengannya, maka penanggalan tahun Tiongkok akan mengalami siklus lengkap, sang kakek dan sang cucu akan terlahir di bawah shio yang sama dan di bawah pengaruh unsur yang sama pula.

Mungkin setelah memahami ini kita dapat mulai menaruh kepercayaan terhadap kata-kata bijak dari orang bershio Ular, mencari simpati dari mereka bershio Kambing yang terkenal lembut, bersenang-senang dengan shio Kuda yang bersemangat muda dan riang.

Atau mengandalkan shio Kelinci yang pandai berdiplomasi atau menggantungkan diri pada kekuatan shio Naga yang Ayam yang kritis, bertukar pikiran dengan shio Anjing, ikut terjun ke medan bersama shio Macan yang optimis atau pun melakukan tawar-menawar dengan shio Tikus yang tidak mengenal lelah.


MACAM-MACAM SHIO

Semenjak 12 shio ini memiliki tempatnya masing-masing pada setiap bulan di penanggalan, maka kita juga dapat mencocokkan sebuah zodiak Barat dengan pasangannya di Timur.

Karenanya sejak bulan Desember didominasi oleh shio Tikus, kita dapat menghubungkannya dengan pribadi Sagitarius yang optimis. Shio Kerbau kelahiran bulan Januari dikaitkan dengan Capricorn, pribadinya lain.

Sementara shio Macan di bulan Februari yang terkenal amat menghargai ketepatan, memiliki pembawaan yang serupa dengan Aquarius. Shio Kelinci dan Pisces bertalian dengan bulan Maret seperti juga shio Naga dan Aries yang kerap dihubungkan dengan bulan April.

Sesudahnya kita dapat melihat bahwa Taurus di bulan Mei sehati dengan Ular, dan Gemini di bulan Juni dapat mewakili shio Kuda. Cancer dan shio Kambing rupanya lebih memiliki banyak persamaan daripada hanya sekedar terlahir dalam bulan Juli.

Leo dan Monyet mengendalikan bulan Agustus, dan Virgo tampaknya tidak lagi memiliki kelas yang lebih cocok selain shio Ayam di bulan September. Libra sudah barang tentu selaras dengan kawannya, shio Anjing, dan akhirnya, Scorpio yang penuh dedikasi bergabung dengan shio Babi dalam bulan November.

Sebagaimana pasangannya di dunia Barat, tanda Bulan juga dikenal dari ciri-cirinya yang tertentu. Di sini kita akan bertemu dengan sifat ceria, praktis dan penuh percaya diri pada orang-orang bershio Ayam, atau Virgo dan Kuda. Orang Gemini yang penuh semangat, menarik dan populer sebagaimana juga mereka yang bershio Monyet-Leo, dan Macan.

Kita dapat sekaligus mengenal kehangatan, kesederhanaan, dan daya tarik pada orang-orang bershio Anjing-Libra, pada wanita bershio Tikus-Sagitarius, atau terbius oleh wanita-wanita Taurus – Ular yang keduniawian dan penuh daya pikat.

Lalu akan mudah bagi kita untuk mengenali sifat yang terlalu feminin, pandangan yang dangkal, dan cenderung untuk sering mengeluh pada diri wanita bershio Kambing-Cancer, atau pada mereka yang bershio Kelinci-Pisces dengan bersenjatakan sapu tangan yang harum, siap dipakai untuk menyeka air mata, akan sanggup mencairkan hati yang paling keras sekalipun.

Berikutnya kita akan dihadapkan pada wanita bershio Naga-Aries yang tidak dapat ditiru oleh sesama jenisnya, dan yang sama sekali tidak membutuhkan bantuan karena dapat mengontrol dirinya sendiri dan sepenuhnya menyadari kekuatan pesonanya.

Dalam urutan yang terakhir, meski bukan berarti tidak penting, wanita bershio Kerbau-Capricornus atau Babi-Scorpio yang pendiam namun trampil dan sopan, justru memiliki daya tarik tersendiri.

Khusus bagi kaum pria mustahil untuk meremehkan lelaki bershio Ayam yang punya kekuasaan tinggi serta pongah ataupun mengabaikan shio Naga yang sukses dan dinamis disertai prestasi dan dedikasi yang tidak ada habisnya.

Orang berani memastikan bahwa lelaki bershio Kerbau memang tahu kewajiban dan senang memegang pimpinan di medannya sendiri sementara lelaki bershio Babi yang jujur dan blak-blakan, pasti tidak ragu-ragu untuk menolong orang lain atau mengorganisir fungsi sosialnya.

Lelaki bershio Anjing yang setia dan kerap khawatir itu kelihatan tengah melambaikan kartu persatuannya dalam usaha mempertahankan dan membela wilayahnya, sementara lelaki bershio Ular yang tulus dan kuat, secara total kerap terbenam dalam usaha mengambil hati orang lain.

Di belakang layar, lelaki bershio Kambing dan Kelinci yang memiliki sifat artistik dan berperasaan halus secara diam-diam tengah asyik mendiktekan mode terakhir di dunia busana atau pun mengarahkan karya seni lainnya.

Kita akan memahami lelaki bershio Macan yang tidak mau dikalahkan, dan emosinya kerap meletup-letup atau meledak-ledak, demikian pula lelaki bershio Kuda yang gagah dan ramah, yang tindakannya seirama dengan jalan hidupnya sendiri.

Dan akhirnya lelaki bershio Tikus yang trampil dan banyak disenangi orang tampak tengah sibuk memeriksa dan menambah rekening banknya, sementara mereka yang bershio Monyet yang terkenal banyak akal, tengah dengan senang hati memecahkan problem yang paling membingungkan sementara menciptakan lagi tipuan-tipuan hasil karyanya sendiri.


KECOCOKAN ANTAR SHIO

Kedua belas tanda bulan dalam siklus Tiongkok, masing-masing memiliki tempatnya dalam kompas. Tanda yang membentuk segitiga seperti yang terlihat pada kutub daya tarik menarik, akan menciptakan persatuan yang terbaik dan terlanggeng.

Segitiga pertama terdiri atas pemeran-pemeran yang positif shio Tikus, Naga dan Monyet. Mereka merupakan shio yang cenderung berperan dan menghasilkan kemajuan, trampil dalam menangani persoalan lewat inisiatif dan peremajaannya.

Sebagai perintis yang mandiri, mereka akan merintis tindakan, membersihkan jalan dari ketidakpastian dan keragu-raguan serta melangkah maju ke depan dengan semangat baja. Sebagai orang yang selalu resah dan naik darah bila dirintangi atau bila sedang menganggur, mereka dipenuhi energi yang dinamis dan ambisi yang tinggi.

Mereka adalah campuran dari berbagai macam ide. Mereka merupakan tiga serangkai yang amat bagus dalam urutan yang bagaimana pun sebab mereka memiliki suasana hati yang sama dalam bekerja dan dapat menghargai perasaan satu sama lain.

Segitiga kedua terbentuk dari shio yang paling berencana dan paling tabah, yaitu shio Kerbau, Ular dan Ayam. Mereka merupakan pejuang-pejuang yang tahu kewajiban dan penuh dedikasi, yang bergelut untuk mencapai posisi tinggi dan dapat memenangkannya oleh sebab tekadnya yang tetap dan tidak berubah.

Ketiganya berpandangan tetap dan gemar bersandar pada pikiran serta rencana yang sistematis. Mereka adalah shio yang paling cerdas di siklus itu. Mereka hanya menggantungkan diri pada kelebihan masing-masing dalam menghadapi fakta dan orang, dan kurang percaya pada kejadian yang berdasarkan cerita orang.

Mereka lebih cenderung untuk menyusun strategi berdasarkan apa yang didiktekan oleh pikirannya ketimbang hatinya. Sebagai insan-insan yang bergerak perlahan tetapi pasti, mereka lebih suka bertindak dengan bebas. Ketiganya akan selalu mencari satu sama lain dan sanggup untuk berasimilasi atau bercampur-baur dengan sukses.

Segitiga ketiga diwujudkan dari shio Macan, Kuda, dan Anjing. Ketiga shio ini berusaha untuk melayani kemanusiaan, pengertian menyeluruh, dan dapat menambah komunikasi. Mereka seperti dipertemukan guna membentuk kontak pribadi dan mampu mengembangkan hubungan yang kuat dengan sesamanya.

Mereka dapat berhubungan baik dengan masyarakat sebab pada dasarnya mereka itu jujur, terbuka dan didorong oleh idealisme. Adakalanya menyimpang dari kebiasaan namun selalu terhormat, mereka lebih mengandalkan tindakan pada dorongan hati dan sengaja mengutamakan kata hatinya.

Seringkali mereka berembuk bertiga dan tidak jarang pula ketiganya menimbulkan inspirasi bagi yang lain untuk bertindak karena terpengaruh oleh semangat mereka yang tinggi dan pribadi-pribadi yang agresif.

Dengan berbekal keterbukaan, energi, dan keteguhan menentang segala macam kesengsaraan serta ketidakadilan, ketiganya dapat berhubungan satu sama lain secara mengagumkan.

Segitiga keempat dan terakhir dibentuk dari ketiga shio yang emosional yakni Kelinci, Kambing, dan Babi. Ketiga shio ini amat mengutamakan perasaan mereka dan apa yang dapat mereka hargai lewat perasaan itu.

Mereka ekspresif, intuitif, dan amat fasih dilihat dari segi keindahan sangat artistik. Mereka unggul dalam seni rupa, lebih diplomatis, lebih punya rasa iba dan umumnya lebih tenang dibandingkan dengan shio lain.

Disamping menggantungkan diri pada orang lain dalam hal rangsangan dan kepemimpinan, mereka boleh dikatakan luwes, karena secara mendadak mereka sanggup melibatkan diri pada getaran lingkungan saat itu. Ketiga shio ini tertarik pada keindahan dan aspek tinggi dari cinta.

Mereka memuja nilai-nilai untuk hidup berdampingan secara damai dengan sesamanya. Tidak diragukan lagi, ketiga shio ini dapat menyumbangkan persahabatan yang indah satu sama lain, karena memiliki filsafat dasar yang sama.


KETIDAKCOCOKAN ANTAR SHIO

Shio yang berhadapan secara langsung, akan terlibat konflik, dan akan menjadi pasangan yang paling tidak cocok. Jadi, kita dapat melihat bahwa shio Tikus akan mengalami pertikaian hebat dengan orang yang lahir dalam tahun Kuda, dan sebaliknya.

Shio Kerbau selalu panas terhadap saingan utamanya, yaitu Kambing dan begitu pula sebaliknya. Musuh besar Macan yang berada tepat di hadapannya adalah Monyet, dan shio Kelinci tidak akan mau menatap mata lawannya shio Ayam, yang sebaliknya juga sama jengkelnya ketika melihat sifat pendiam Kelinci.

Naga dan Anjing akan mengalami kesulitan yang tidak sedikit dalam hubungan mereka, sedangkan Ular dan Babi tidak akan mampu bertoleransi satu sama lain dan akan memilih jalannya masing-masing.

Shio yang tidak saling berhadapan langsung dan tidak ditemukan dalam segitiga ini dapat menyesuaikan diri satu sama lain pada tahap yang berbeda-beda.


RAMALAN SHIO

Tahun 1976, tahun Naga Api positif, yang mengundang sejumlah besar bencana alam di seluruh dunia. Gempa bumi raksasa di Tiongkok, gelombang tornado di Filipina, letusan gunung berapi, dan sebagainya. Namun di samping kekuatan api yang menghancurkan itu, tahun Naga ini juga dipandang sangat menguntungkan karena memiliki dua Lap Chun.

Saat yang amat baik untuk menikah atau memulai suatu usaha. Kita bisa melihat bahwa tahun Naga ini, seperti juga biasanya terbukti menguntungkan bagi orang bershio Tikus, Naga dan Monyet.

Tahun 1977 merupakan tahun Ular Api negatif, karena unsur alam dan unsur tetap shio Ular adalah Api, maka di tahun Api ganda ini membawa banyak pertikaian, sejumlah perang kecil-kecilan dan konflik-konflik internasional seringkali pecah begitu saja, disamping juga membawa kekeringan di beberapa negara di dunia.

Namun tahun Ular juga merupakan lambang kemajuan dan dinamika. Karena malapetaka pada tahun tersebut masih diimbangi oleh hasil-hasil positif yang seimbang dalam bidang industri maupun perdagangan.

Tahun 1978 adalah tahun Kuda Tanah positif. Karena unsur alam Kuda adalah Api dan tergolong dalam tanda Yang (+). Tahun ini juga dikenal sebagai tahun buta, karena Tahun Baru Tiongkok dimulai setelah hari pertama musim semi berakhir sebelum Lap Chun tahun 1979.

Unsur Tanah yang stabil pada tahun tersebut mengekang kecenderungan yang bersifat destruktif. Tahun 1978 bisa dikatakan sebagai tahun yang lunak, karena hanya membuahkan krisis-krisis kecil dan sejumlah pergolakan. Tahun ini juga mengakhiri periode kekeringan yang ditelorkan oleh kedua tahun Api sebelumnya.

Ekonomi dunia memiliki kesempatan bagus untuk menjadi stabil atau pulih kembali pada tahun 1978 ini, karena unsur Tanah memang membantu perkembangan dan kemakmuran. Secara keseluruhan, tahun ini merupakan tahun sulit bagi orang bershio Tikus kecuali jika mereka kebetulan lahir pada tahun Tikus Kayu, sebab Tanah dapat dikontrol oleh Kayu.

Tahun 1979 adalah tahun Kambing Tanah negatif. Unsur tetap dari Kambing adalah Api, namun tergolong dalam Yin (-). Tahun ini juga memiliki dua Lap Chun, satu pada permulaan dan satu lagi pada akhirnya. Tahun yang banyak membawa keberuntungan dan berkah.

Tahun yang tenang dan membawa banyak kemajuan meski pengaruh tahun Kambing condong untuk menelurkan kepekaan dan kurang mampu untuk mengambil keputusan. Meskipun demikian, Kambing masih dipandang sebagai pertanda baik dalam arti mampu menghasilkan perdamaian, dan kesejahteraan tanpa terlalu banyak bekerja keras.

Industri-industri yang berkaitan dengan tanah dan kayu memperoleh kemajuan yang berarti, sementara perniagaan di bidang baja dan logam mengalami kemunduran. Apabila unsur alam dari shio kita atau unsur yang memerintah tahun kelahiran kita adalah Tanah atau Kayu, maka kita juga akan memperoleh keberuntungan.

Tahun 1980 adalah tahun Monyet Logam, tahun positif yang pasti akan menghajar kelesuan yang diakibatkan oleh tahun Kambing pada 1979. Tahun 1980 adalah tahun yang kuat dan gagah, yang akan berjuang mati-matian untuk meninggalkan bekasnya pada lembaran sejarah.

Shio Monyet akan meletakkan kembali perniagaan pada posisinya dengan kekuatan penuh, penemuan-penemuan baru, dan koalisi yang sukses akan mewarnai tahun ini. Karena unsur alam Monyet adalah Logam, tahun Logam ganda ini tidak akan dihiasi konflik tanpa disebabkan oleh ambisi berlebihan.

Logam tahun ini dapat berupa uang logam perak yang gemerlapan, sebab uang memang mudah diperoleh selama tahun Monyet. Tetapi pada sisi yang gelap logam juga dapat berupa pedang, yang berarti konflik dan curiga timbul akibat ketamakan.

Tahun 1981 adalah tahun Ayam Logam. Unsur tetap dari Ayam adalah logam dan tahun tersebut merupakan kombinasi logam ganda ini akan menyebabkan banyak masalah, terutama masalah keuangan yang disebabkan oleh optimisme yang terlalu besar.


KESIMPULAN

Bulan, benda langit yang terdekat dengan Bumi telah memperlihatkan kekuatannya yang nyata kepada kemanusiaan sejak munculnya peradaban. Daya tarik magnetisnya telah menguasai pasang-surut air laut, sebagaimana juga makhluk-mahluk air lainnya.

Kebudayaan Tiongkok telah membiarkan dirinya tumbuh di seputar pengaruh bulan, mempercayainya sebagai benda yang dapat mempengaruhi manusia sedemikian dalam, karena sepertiga tubuh kita terdiri atas air. Begitu pula, tanaman dan binatang yang semuanya berada di bawah pengaruh bulan yang melingkupinya.

Astrologi Tiongkok membiarkan kita menarik kesimpulan kita sendiri. Orang mengatakan astrologi itu ilmu pengetahuan yang akurat, bersandar pada rumusan yang tetap dan perhitungan matematik.

Di Timur astrologi juga dipandang sebagai bentuk seni. Sebuah seni untuk mengenali fakta-fakta yang berhubungan, tidak peduli apapun macam penyamarannya dalam mengungkapkan sesuatu.

Metode membaca Tiongkok kuno tidak pernah bersifat dogmatis atau terminal. Manusia tidak pernah diciptakan untuk mengurung dirinya dalam kelemahan atau menjadi terhambat oleh kekurangannya. Sebaliknya, kita dianjurkan buat menguras habis sumber yang ada dalam diri, lewat daya imajinasi, dan jalan yang beraneka ragam.

Sulit berhubungan dengan Naga? Mintalah Monyet atau Tikus menjadi penterjemah. Tidak bisa memahami Ular yang tingkah lakunya misterius? Mintalah Ayam yang ramah buat menterjemahkannya dengan tepat.

Tidak sabar melihat tingkah Kelinci yang lesu seperti orang pensiunan? Utuslah Kambing yang tulus sebagai duta besar itikad baik. Bingung melihat amarah Macan yang begitu ganas? Bersekutulah dengan Kuda atau Anjing supaya memperoleh hasil yang baik.

Astrologi Tiongkok bukanlah untuk membatasi kita, melainkan untuk mengajarkan kita bagaimana mencari langkah baru sekiranya metode pendekatan kita dewasa ini tidak berhasil, dan bagaimana mengelakkan lingkungan kelahiran, hambatan-hambatan lain dan bagaimana mencapai tujuan kita lewat rute-rute baru.

Karena astrologi ini memang mengajarkan kita untuk membuat analisa sendiri supaya tahu apa yang dapat kita harapkan dari situasi. Maka pada saat yang paling naas, setidaknya kita sanggup untuk menghadapi yang terburuk, dan pada saat yang terbaik kita akan sanggup memecahkan masalah-masalah yang kita temui.

Jika kamu ingin mengetahui kepribadian dari zodiak lain, kamu bisa membacanya di Ramalan Zodiak Hari Ini atau mengikuti Tes Kepribadian di website ini secara GRATIS!

Semoga bermanfaat.

Visit our other site revocter.com

You have Successfully Subscribed!

Share This